Dapat Omzet Miliaran Hanya Dengan Jual Skincare? Bisa Kok!

Sobat Pajak | 2023-23-08 17:25:26 | 8 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Masyarakat Indonesia saat ini sudah mulai terbuka dan memiliki kesadaran untuk merawat kulit. Hal ini dilihat dari banyaknya peminat skincare untuk brand-brand luar. Akan tetapi, kesempatan dan peluang tersebut digunakan dengan baik oleh para pengusaha lokal, seperti Felicya Angelista yang menggunakan peluang tersebut dengan baik dan berhasil membangun bisnis skincare dari nol. Walaupun banyak sekali produk-produk perawatan kulit lokal yang bermunculan, akan tetapi brand dari Felicya ini menjadi salah satu merek yang menjadi top of mind untuk banyak orang. Brand skincare yang dimiliki artis sinetron ini tak lain adalah Scarlett Whitening. Pasti sudah banyak Sobat-sobat yang mengenal brand ini, dimana nama nya semakin terkenal karena berhasil menggaet beberapa artis papan atas luar negeri, seperti KPOP Group Twice, EXO hingga aktor terkenal Song Joong Ki.  

 

Awal Mula Merintis Bisnis  

Felicia mengawali karirnya sebagai perintis bisnis perawatan kulit dengan hanya menjual masker wajah, dimana sebelumnya diberi nama Feli Skin. Pada bisnis tersebut, Felicya menjual produknya dengan harga Rp290 ribu untuk paket 20 hari dan Rp 390 ribu untuk paket 30 hari. Walaupun nama Felicya sudah dikenal sebagai artis sebelumnya, tapi banyak juga peminat yang membeli produknya karena melihat kulit Felicya yang juga tampak bersih dan cerah. Didukung dengan tingginya peminat pada produk skincare tersebut, Felicya pun membaca hal tersebut sebagai peluang untuk membuka bisnis yang lebih besar dengan membuat Scarlett Whitening.  

Diketahui, hingga saat ini Scarlett Whitening berhasil meraup keuntungan yang luar biasa hingga puluhan miliar rupiah. Tentu hal ini tidak hanya diraih Felicya dari ketenaran nya saja, akan tetapi terdapat strategi-strategi yang digunakan untuk mengembangkan bisnisnya. Uniknya, Scarlett justru meraih kesuksesan nya ketika Indonesia sedang berjuang melawan pandemik dimana pada saat itu kondisinya banyak bisnis yang berguguran. Bahkan diketahui bahwa omzet penjualan Scarlett pada awal peluncuran berhasil mencapai lebih dari Rp7 miliar hanya dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu sejak pertama kali Scarlett didirikan yaitu pada tahun 2017.  

 

Rahasia dibalik Suksesnya Scarlett Whitening 

Sederet strategi bisnis yang dilakukan oleh Scarlett Whitening dalam menjual produk-produk nya hingga berhasil meraup miliaran rupiah, diantaranya:  

  • Kolaborasi Kerja Sama 

Salah satu strategi yang sangat terlihat dari Scarlett Whitening adalah dengan bekerjasama dengan influencer di media sosial. Kekuatan pada sosial media memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Scarlett pun mulai dikenal karena berhasil bekerjasama dengan para influencer, tak hanya satu, tapi banyak influencer, baik dari nano, mikro, makro hingga mega yang mempunyai banyak pengikut. Pemasaran ini sungguh efektif bagi Scarlett karena terlihat dapat berhasil membuat Scarlett dikenal oleh berbagai kalangan dan menjangkau target pasar yang luas.  

Scarlett juga bekerjasama dengan berbagai artis Tanah Air untuk mempromosikan produk-produknya. Mulai dari model, aktris hingga penyanyi. Artis yang digaet pun terdiri dari berbagai kalangan usia sehingga bisnis nya dinilai telah berhasil menjangkau berbagai kalangan. Dengan strategi ini, Scarlett berhasil mendapatkan pelanggan baru secara cepat.  

  • Brand Ambassador 

Jika dilihat, Scarlett menggunakan dana yang tidak sedikit untuk melakukan promosi dan pemasaran. Karena selain terlihat menggaet artis atau influencer tanah air, Scarlett juga bekerja sama dengan artis luar negeri. Yang paling viral, Felicya pernah bekerjasama dengan beberapa artis luar negeri tepatnya Korea Selatan sebagai brand ambassador nya. Mungkin sudah banyak Sobat-sobat yang tahu bahwa Scarlett pernah bekerjasama dengan salah satu aktor Korea Selatan yang terkenal yaitu Song Joong Ki, hingga berbagai K-Pop Group terkenal seperti Twice hingga EXO. Pada kerja sama ini pun, Scarlett menggunakan strategi bundling pada produknya sehingga penjualan meningkat pesat. Dari strategi ini, Scarlett berhasil mendatangkan banyak pelanggan baru dan sekaligus memberikan citra merek yang positif.  

  • Inovasi 

Bagi setiap bisnis, Inovasi merupakan hal terpenting untuk menjaga bisnis tetap berjalan dengan baik. Felicya Angelista tak ragu untuk melakukan berbagai inovasi. Dengan memberikan produk-produk baru yang berbeda dari kompetitor untuk konsumen-konsumen nya. Diketahui sejak awal, Scarlett hanya menjual produk perawatan untuk kulit wajah. Akan tetapi, seiring perjalanan  bisnisnya, Scarlett juga menghadirkan produk untuk merawat kulit tubuh hingga rambut. Hal ini membuat Scarlett disebut sebagai one stop solution untuk para pelanggan yang mencari produk perawatan tubuh secara menyeluruh. Misal untuk perawatan wajah, Scarlett Whitening memiliki produk face wash, moisturizer, serum, toner, dan masker. Dan untuk perawatan tubuh, Scarlett menawarkan produk berupa body lotion, shower scrub, hingga body scrub. Sedangkan, untuk merawat kesehatan rambut, Scarlett menyediakan produk shampo dan conditioner. Dengan meluncurkan berbagai produk perawatan kulit yang lengkap, Scarlett bisa menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan pasar. 

  • Promosi 

Merek kecantikan milik artis muda Indonesia tersebut sukses memperluas pasar dengan bantuan media sosial. Mulai dari Instagram, TikTok, LINE, dan WhatsApp. Dengan terjun ke berbagai platform media sosial untuk promosi, Scarlett bisa menjangkau target pasar secara lebih mudah. Konten pemasaran yang dibagikan pun sangat menarik dan mampu meningkatkan keyakinan audiens untuk melakukan pembelian. Beberapa contoh konten penawaran yang dilakukan Scarlett, yakni dalam bentuk foto dan video produk estetik. Dengan warna-warna dan properti cantik. Tidak hanya konten promosi yang ditunjukkan dengan foto-foto produk, Scarlett juga mengunggah jenis konten lain. Contohnya postingan giveaway berhadiah menarik, games, hingga konten edukasi berupa tanya jawab seputar kecantikan dengan ahlinya. Jadi selain bertujuan untuk meningkatkan penjualan, konten-konten yang diunggah juga bisa menciptakan keterlibatan dan kedekatan antara brand dengan audiens. 

 

Nah itu lah beberapa strategi yang dilakukan oleh Scarlett untuk mengembangkan bisnis nya dan meningkatkan penjualan. Tentunya masih banyak sekali strategi-strategi yang diterapkan dan dilakukan oleh Scarlett untuk bisa mencapai kesuksesan nya saat ini tapi semoga dengan beberapa tips atau strategi diatas, Sobat bisa mendapatkan pengetahuan lebih banyak lagi dan bisa dijadikan masukan untuk mengembangkan bisnis Sobat.  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found