|
presentationMitra Resmi

Strategi Pemasaran Product Bundling

Johan Budi, 14 days ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Product bundling merupakan salah satu strategi pemasaran dengan cara menggabungkan dua produk berbeda dalam satu paket kemasan penjualan. Kemasan tersebut kemudian dipasarkan dengan satu harga. Jadi, pelanggan hanya perlu membayar satu produk saja.

Strategi ini membuat harga akan menjadi lebih terjangkau atau lebih murah dari total harga tiap kemasan satuannya. Strategi bundling ini biasanya juga diterapkan pada produk yang kurang laku atau produk baru yang masih belum dikenal dipasaran.

Jenis-Jenis Product Bundling

  • Mixed product bundling

Mixed bundling merupakan jenis yang paling umum dari product bundling. Biasanya, bundling jenis ini dilakukan dengan menggabungkan beberapa produk yang berdasarkan penggunaannya bisa digunakan konsumen secara bersamaan. Walau produk tersebut dapat dibeli secara terpisah, namun produk yang digabung akan didiskon atau diberikan potongan harga khusus jika konsumen membeli secara bersamaan.

  • Pure product bundling

Pure bundling adalah jenis product bundling yang memastikan bahwa beberapa product bundling hanya bisa dibeli secara bersamaan. Jadi, pembeli tidak boleh melakukan pembelian produk yang ditawarkan secara terpisah. Namun masalahnya, pure bundling membatasi pilihan bagi pelanggan untuk membeli barang secara individual, yang bisa menyebabkan adanya penurunan penjualan seiring berjalannya waktu

  • Same product bundling

Same product bundling dinilai menjadi cara yang paling baik untuk memberikan penawaran potongan harga atau diskon kepada pelanggan yang memesan produk yang sama dalam jumlah banuak. Kebanyakan brand direct-to-consumer (DTC) yang menjual jenis produkperawatan pribadi dinilai berhasil menerapkan strategi bundling jenis ini.

  • Kelebihan Persediaan

Strategi product bundling menjadi cara yang paling tepat untuk membersihkan inventaris yang lama dan juga tidak diperlukan agar bisa memberi ruang untuk produk baru. Memaketkan produk yang lama atau kurang laku dengan produk yang cepat terjual bisa memberikan ruang bagi persediaan baru.

Manfaat Product Bundling

  • Meningkatkan Penjualan

Penerapan strategi product bundling ini dinilai dapat meningkatkan jumlah rata-rata pada pemesanan dan juga penjualan. Dengan demikian berarti keuntungan penjualan dari setiap produk yang ditawarkan tersebut juga semakin meningkat.

  • Mengurangi Biaya Pemesanan dan Distribusi

Product bundling memberikan kemungkinan untuk dapat melakukan penjualan yang lebih banyak dan mengurangi biaya pemasaran dan distribusi. Selain itu, product bundling juga dapat membantu mendistribusikan dengan menggunakan lebih sedikit tempat. Sehingga bisa menghemat biaya pengirimannya pula. Kemudian dalam hal mengiklankan produk, penjual hanya perlu menampilkan satu kesatuan paket produk yang secara otomatis telah dipasarkan dalam satu paket. Tentunya hal ini menghemat biaya pemasaran dibandingkan mengiklankan secara satu persatu produk.

  • Mengurangi Pemborosan Inventaris

Product bundling menjadi salah satu cara agar bisa membersihkan stok mati sebelum menjadi masalah. Menggabungkan produk yang lama terjual dengan produk yang laku lebih cepat akan membantu mengurangi pemborosan inventaris, membebaskan ruang penyimpanan dan juga mengurangi biaya penyimpanan pada inventaris.

Metode product bundling ini tentunya sudah banyak diterapkan oleh beragam jenis bisnis, seperti bisnis produk kecantikan, bahan makanan, sembako, produk kesehatan, produk pendidikan, bahkan fashion. Metode ini tidak hanya diterapkan pada UMKM atau bisnis online saja, tapi juga bisnis dan perusahaan skala besar. Tentu saja sebenarnya semua pihak bisa menggunakan strategi ini namun tentunya dengan perencanaan yang matang.

Article is not found




footer-sobat-pajak