Ini Dia Pentingnya Influencer dalam Bisnis

Sobat Pajak | 2023-15-08 17:05:03 | 9 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sobat pasti pernah membeli produk karena telah di review oleh seseorang di media sosial yang memiliki banyak pengikut. Seseorang tersebut biasa dikenal sebagai seorang influencer

Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh kuat atas audiens dan pengikutnya di media sosial atau platform lainnya. Mereka memiliki kemampuan untuk mempengaruhi opini, perilaku, dan keputusan pembelian orang lain karena popularitas, otoritas, atau keahlian mereka dalam suatu bidang tertentu.

Beberapa contoh influencer Indonesia yang mungkin Sobat ketahui dan ikuti adalah Titan Tyra, Tasya farasya, Raffi Nagita, Jerome Polin, Deddy Corbuzier, Ria Ricis, dan masih banyak lagi. Kategori tiap influencer tersebut pun berbeda-beda, dari kategori kecantikan, keluarga, pendidikan, olahraga, games dan masih banyak lagi. 

Biasanya para influencer tersebut akan bekerjasama dengan brand dalam bentuk endorsement, dimana influencer akan membahas suatu produk atau layanan pada sosial media nya. 

 

Manfaat Influencer Untuk Promosi Produk

Hal ini tentunya bisa menjadi peluang bagi para pelaku usaha. Dimana para influencer tersebut tentu dapat mendorong pertumbuhan bisnis dan bisa menjadi sarana untuk promosi. Maka itu, terdapat banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh bisnis jika bekerjasama dengan para influencer, diantaranya: 

  • Reach yang Luas

Influencer memiliki audiens yang besar dan beragam di media sosial, sehingga produk dapat dengan cepat menjangkau target pasar yang luas.

  • Kepercayaan dan Kredibilitas

Pendapat dan rekomendasi dari influencer dapat memberikan rasa kepercayaan dan kredibilitas pada produk yang dipromosikan.

  • Konten Berkualitas

Influencer memiliki keterampilan dalam membuat konten yang menarik, kreatif, dan relevan, yang dapat membantu produk menonjol di tengah sengitnya persaingan

  • Interaksi dan Keterlibatan

Influencer dapat berinteraksi langsung dengan pengikut mereka, menciptakan hubungan yang lebih dalam antara merek dan konsumen.

 

Influencer bisa memberikan pengaruh yang baik terhadap keberlanjutan sebuah bisnis karena dengan interaksi berulang dengan influencer dapat membangun komunitas yang kuat di sekitar merek, meningkatkan loyalitas pelanggan, tidak hanya itu Influencer dapat membantu merek untuk menjelajahi ide-ide kreatif baru dan inovatif dalam promosi produk.

 

Kelebihan dan Kekurangan Influencer Dalam Bisnis:

Nah, selain dari manfaat di atas, influencer juga memiliki nilai plus dan minus yang perlu sobat ketahui yaitu sebagai berikut:

Kelebihan

  • Kepercayaan: Influencer memiliki kemampuan untuk membangun rasa kepercayaan yang kuat di antara pengikut mereka.
  • Dampak Emosional: Influencer dapat menghubungkan secara emosional dengan pengikut mereka, membuat pesan dan produk lebih berarti.
  • Segmentasi: Influencer memiliki audiens yang tersegmentasi, memungkinkan merek untuk lebih tepat dalam menargetkan pasar.
  • Kreativitas: Influencer sering kali dapat menyajikan produk dengan cara yang kreatif dan menarik.

 

Kelemahan

  • Kontrol Pesan: Tidak selalu mudah untuk mengontrol bagaimana influencer menggambarkan produk atau merek.
  • Autentisitas: Jika tidak dilakukan dengan benar, kolaborasi dengan influencer bisa terlihat tidak autentik atau terlalu dipaksakan.
  • Perubahan Persepsi: Jika influencer terlibat dalam kontroversi atau perubahan pandangan, hal ini dapat berdampak negatif pada citra merek.
  • Biaya: Beberapa influencer memiliki biaya yang tinggi untuk kolaborasi, terutama yang memiliki pengikut yang sangat besar.

Maka itu, penting untuk memilih influencer dengan hati-hati, sesuai dengan nilai dan visi merek, serta memonitor hasil dari kampanye influencer untuk memastikan efektivitas dan kesesuaian dengan tujuan pemasaran dan branding.

 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found