Pengertian Merek, Manfaat dan Strategi Pengembangannya

Sobat Pajak | 2022-22-12 14:01:03 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Merek yang kuat merupakan aset perusahaan tidak berwujud yang sangat berguna bagi usaha dan menjadi alat pemasaran yang strategis. Merek yang kuat akan menciptakan loyalitas pelanggan dan memicu bisnis itu terulang kembali. Terdapat beberapa kriteria untuk mengetahui apakah merek itu sudah kuat atau belum, yakni jika mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti

“Apakah perusahaan merupakan atribut yang menonjol?”

“Apakah perusahaan memiliki nilai?”

“Apakah merek perusahaan memiliki properti merek yang terbukti bermanfaat?”

Ketiga pertanyaan itu sangat penting sebelum merumuskan strategi merek seperti apa yang akan digunakaan perusahaan.

Mengenal Apa itu Merek

Secara universal, merek juga menjadi identitas penting sebuah perusahaan. Identitas merek dapat berupa nama merek, logo, dan sistem grafik yang membentuk karakter merek serta komunikasi pemasarannya. Contoh, merek dalam bentuk nama produk, seperti Imboost, Inhaler, Snowman, Joyko, Honda, Mazda, dan sebagainya. Merek juga dapat berupa simbol, seperti merek yang Sobat jumpai pada merek Nike, Parker, Semen Indonesia, Kereta Api, Angka Pura, dan lain sebagainya, serta ada pula merek dalam bentuk karakter, misalnya merek yang Sobat jumpai pada Indomaret dengan karakter “Domar”, atau pada McDonald dengan karakter “Ronald”.

Manfaat Memiliki Merek

Kemampuan merek menjangkau publik luas dengan memberikan pengalaman yang mengikat akan menciptakan hubungan emosional tinggi, sehingga para pelanggan berkeinginan untuk melakukan pembelian kembali. Ini adalah tingkat dimana merek sudah menjadi wujud aktualisasi diri para konsumen.

Saat ini, persaingan di dunia bisnis semakin ketat, sehingga dalam proses penciptaan merek harus memiliki strategi tersendiri, dengan demikian merek yang dihasilkan akan menjadi pembeda dengan saingan di pasar bisnis. Namun, perlu diketahui bahwa manfaat merek tidak hanya semata-mata untuk menjadi pembeda dengan pebisnis yang lain, kemampuannya lebih dari sekadar itu. Sinkronisasi antara tujuan, visi & misi bisnis harus diimplementasikan dalam kreativitas merek. Dan yang terpenting adalah konsistensi dan terobosan inovasi baru agar selalu dapat direspon positif oleh konsumen.

Manfaat Merek dapat dijabarkan lebih detail sebagai berikut:

  1. Konsumen akan tertarik dengan merek yang lebih terkenal
  2. Meningkatkan loyalitas konsumen
  3. Mudah mengatur pasar karena loyalitas konsumen tinggi terhadap merek tersebut
  4. Memberikan kesempatan perusahaan untuk menetapkan harga sesuai dengan benak konsumen. Biasanya lebih tinggi dari harga pasar produk merek biasa.
  5. Dapat menginisiasi produk baru dengan merek yang sama
  6. Dapat menjadi identitas/pembeda yang jelas, kuat dan tinggi dengan produk lain atau yang sejenis
  7. Memberikan dampak positif pada produk karena merek yang kuat akan memiliki citra, komitmen, kualitas, dan persepsi akutualisasi diri pengguna merek tersebut
  8. Mempermudah dan menghemat kegiatan promosi perusahaan atau produk karena konsumen sudah menyukai dan senang dengan merk yang konsumen percayai.

Strategi Pengembangan Merek agar Bisa Bertahan di Masyakarat

  1. Perluasan Lini Varian Merek

Perusahaan dapat menambah produk yang diproduksi dengan menyesuaiakan pada keinginan konsumen. Misalnya saja, pada produk kebutuhan mandi, seperti sabun, sampo, detergen, pasta gigi dan lain-lain. Perusahaan dapat menciptakan produk-produk baru dengan ukuran yang lebih bervariasi serta manfaat disesuaikan dengan jenis kulit atau masalah-masalah kulit.

  1. Perluasan Merek (Multi Merek)

Mencipatakan merek baru untuk produk yang sama, misalnya saja PT Indofood Sukses Makmur yang menciptakan berbagai merek mie, seperti Sarimi, Supermi, Indomie untuk pasar yang berbeda.

  1. Meluncurkan Merek Baru

Apabila merek yang lama sudah tidak dapat lagi mewakili atau mengakomodasi produk yang diluncurkan, perusahaan biasanya mengambil langkah untuk menciptakan merek yang baru yang lebih baik.

Nah, itu dia informasi seputar Merek, semoga dapat menambahkan pengetahuan dan wawasan kalian ya Sobat.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found