Peranan Konten Di Sosial Media Terhadap Peningkatan Brand Awareness Pada UMKM

2 months ago | Sobat Pajak
article-sobat-pajak

Indonesia - Dewasa ini perkembangan dalam dunia digitalisasi kian pesat dan hal tersebut sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari setiap manusia. Melansir dari riset data yang dilakukan pada Januari 2021 oleh We Are Social, media sosial menjadi salah satu plarform yang memiliki petumbuhan pengguna yang sangat signifikan, dimana sebanyak 170 juta orang dari 279,9 orang di Indonesia telah menjadi pengguna media sosial. Jika dipersentasekan, sebanyak 61,8% dari 100% atau bisa dikatakan sudah lebih dari setengahnya jadi total keseluruhan.

Seiring jalannya waktu, media sosial tidak hanya digunakan sebagai media dalam berkomunikasi hingga berteman dalam jaringan sosial saja, namun saat ini media sosial juga dimanfaatkan oleh para pengusaha dalam meningkatkan peluang dalam bisnis. Bahkan sudah ada beberapa platform yang menyediakan fitur untuk berjualan, misalnya Facebook hingga yang sedang dalam tren saat ini, Tiktok. Dalam hal ini, penggunaan social media juga dapat membantu pelaku usaha dalam mengingkatkan brand awareness.

Seperti yang kita ketahui bahwa brand awareness dalam usaha/bisnis sangatlah penting. Brand awareness ini merupakan sebuah kemampuan dalam mengenali hingga mengingat merek dagang dalam suatu usaha/bisnis. Kemampuan tersebut tentunya harus dimiliki oleh para pelaku usaha agar usaha yang dijalankan dapat dikenal dan diingat oleh masyarakat, mengingat masih banyak beberapa pelaku usaha yang terpaksa gulung tikar lantaran brand-nya tidak dikenal ataupun diingat oleh masyarakat.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi para pelaku usaha meningkatkan brand awareness dalam usahanya dengan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu strategi dalam hal tersebut. Pemanfaatan media sosial pun merupakan cara yang lebih efektif, dikarenakan tidak membutuhkan biaya yang besar. Adapun, beberapa strategi yang perlu dicermati dalam memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan brand awareness, antara lain:

  • Pilih platform media sosial yang tepat untuk digunakan sesuai dengan target pasar serta relevan dengan bisnis yang dilakukan
  • Membuat konten yang menarik dan tentunya mengikuti setiap tren yang terjadi
  • Mengoptimalkan media sosial, seperti informasi-informasi yang diberikan, logo, hingga profil yang menarik.
  • Memberikan berbagai promo menarik ataupun mengadakan undian seperti yang sedang tren saat ini,
  • Berkolaborasi dengan brand-brand yang relevan ataupun public figure seperti influencer hingga aktris.
Article is not found
Article is not found