Cara Memanfaatkan Modal Usaha Secara Efisien

3 months ago | Sobat Pajak
article-sobat-pajak

Indonesia - Memulai sebuah bisnis tentu perlu mempunyai modal agar bisa berjalan dan mendapatkan keuntungan.

Modal usaha yang besar tidak selamanya dapat menjamin kesuksesan sebuah bisnis. Sebaliknya, memanfaatkan modal secara efisien adalah penggerak kesuksesan bisnis yang paling utama. Hal ini bertujuan untuk menjaga arus kas tetap stabil, dan bisa mengembangkan bisnis.

Dengan kata lain, jika modal usaha tidak bisa dikelola dengan baik dan efisien, maka tanpa terasa modal usaha tersebut akan habis begitu saja. Pada akhirnya, bisnis Anda menjadi rugi dan sulit dikembangkan.

Oleh sebab itu, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan modal bisnis secara efisien:

  1. Buat Pembukuan Transaksi

Anda sebagai pelaku usaha, wajib membuat pembukuan transaksi, baik untuk transaksi masuk maupun keluar. Anda bisa mulai pembukuan transaksi dengan mencatat transaksi mulai dari yang kecil hingga besar.

Dari catatan transaksi yang keluar dan masuk tersebut, Anda bisa dengan mudah mengatur dan mengelola modal usaha. Selain itu, membuat pembukuan transaksi juga bisa menghindari dari kerugian dan masalah keuangan lain.

  1. Menghindari Hutang

Usahakan tidak menggunakan modal usaha untuk utang karena akan menambah beban di masa depan. Adapun utang yang harus dihindari yaitu membeli barang keperluan usaha yang belum tentu akan digunakan. Dengan menghindari utang, arus kas dan modal usaha akan tetap bisa teralokasi dengan baik.

  1. Mengalokasikan Dana Serta Pisahkan Rekening Bisnis dan Pribadi

Dana usaha perlu dialokasikan ke berbagai pos agar perencanaan dana pun tertata dan bisnis berjalan lancar. Pos-pos dana tersebut meliputi pos dana untuk sara prasarana usaha, dana administrasi perizinan usaha, dana darurat, dan dana operasional.

Selain itu, pastikan Anda memisahkan rekening bisnis dengan rekening pribadi. Tentu saja, tujuannya adalah untuk memisahkan keuangan perusahaan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya, tanpa sengaja menggunakan uang perusahaan untuk membeli keperluan pribadi.

Pemisahan rekening seperti ini juga akan membantu untuk menganalisa kesehatan finansial bisnis Anda.

  1. Fokus dan Prioritaskan Bisnis Utama

Apabila Anda mempunyai beberapa bisnis, maka pergunakanlah modal pada satu bisnis yang saat ini sedang menjadi prioritas. Agar lebih efisien, jangan gunakan modal untuk menjalankan beberapa bisnis yang berbeda.

Tujuannya agar Anda fokus mengalokasikan dana, sehingga bisnis dapat berkembang secara optimal.

  1. Rutin Memeriksa Pembukuan

Jangan lupa untuk memeriksan pembukuan transaksi secara rutin. Hal ini perlu dilakukan untuk memeriksa apakah arus kas berjalan lancar atau tidak.

Arus kas yang lancar akan menggambarkan alokasi modal usaha Anda berjalan baik. Selain itu, memeriksa pembukuan bisa menjadi dasar untuk melakukan keputusan keuangan yang melibatkan modal.

  1. Hindari Pemborosan

Pemborosan menjadi sesuatu yang harus dihindari dalam menjalankan sebuah bisnis. Misalnya, apabila bisnis yang Anda jalankan berhubungan dengan produksi, maka pastikan untuk membeli bahan baku dengan jumlah yang sesuai.

Jangan sampai melakukan pemborosan dengan alasan ingin menghindari adanya tambahan biaya. Sebab, jika membeli bahan baku berlebihan maka hal ini hanya akan menambah biaya pemeliharaan saja dan modal usaha Anda tidak efisien.

Article is not found
Article is not found