Punya Usaha Kuliner? Ini Dia 5 Strategi Pemasaran Untuk Kembangkan Usahamu!

Sobat Pajak | 2022-07-12 17:47:55 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Pembahasan mengenai bisnis kuliner memang tidak akan pernah ada habisnya. Hal ini disebabkan, karena makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok (primer) bagi setiap makhluk hidup. Namun, bagaimana cara pelaku usaha kuliner dalam memperlihatkan nilai plus pada usahanya di mata para konsumen guna meningkatkan profit hingga mengembangkan usahanya?

Saat ini, tngkat persaingan antar pelaku usaha di bidang kuliner sudah cukup tinggi. Agar dapat bertahan dan berkembang, pelaku usaha tentunya perlu strategi pemasaran yang komprehensif dan memberikan dampak yang tinggi sesuai dengan pola perilaku konsumen. Berikut adalah 5 strategi yang dapat Sobat Pajak siapkan untuk mengembangkan pemasaran dalam usaha kuliner Sobat:

  • Daftarkan Platform Pencarian Restoran

Hal ini menjadi salah satu strategi pemasaran paling umum dan harus dilakukan oleh setiap pelaku usaha kuliner. Dengan mendaftarkan usaha pada platform online yang membahas terkait usaha kuliner, tentu akan membantu memasarkan usaha kuliner yang Sobat jalankan agar dapat dikenal oleh lebih banyak masyarakat, sehingga menjadi peluang besar dalam menjangkau konsumen sebanyak-banyaknya.

  • Manfaatkan SEO

Di era sekarang, pemanfaatan SEO tentunya menjadi strategi pemasaran yang baik bagi pelaku usaha kuliner. Seperti yang kita ketahui, SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin telusur. Dengan menggunakan SEO, Sobat dapat mengaitkan kata kunci pada usaha kuliner yang Sobat jalankan. Sebagai contoh, dengan keyword ‘Restaurants near me’ atau ‘Restoran di sekitar saya’, apabila usaha Sobat sudah dikaitkan dengan search engine tersebut, maka pada saat penelusuran di Google usaha Sobat akan muncul pada halaman pencarian dan dapat membantu memasarkan usaha Sobat.

  • Kemas Review dengan Baik

Saat ini, meskipun sebuah brand usaha memiliki banyak penilain baik, namun tidak menutup kemungkinan terdapat konsumen yang memberikan review atau ulasan buruk pada brand tersebut. Namun sebagai pelaku usaha, khususnya dalam bidang kuliner sangat diperlukan pemilik yang mampu mengemas ulasan tersebut jadi terlihat baik dengan merespon secara cepat, tanggap, dan ramah. Sebagai contoh, ucapkan terima kasih terlebih dahulu, lalu meminta maaf, dan terakhir berikanlah sebuah keyakinan bahwa Sobat akan memperbaiki layanan secepatnya atau memberikan voucher ataupun potongan harga pada konsumen yang merasa dirugikan. Dengan sikap tersebut, konsumen akan merasa lebih didengar dan dihargai serta meningkatkan kepercayaan bahwa usaha kuliner yang dijalankan benar-benar memiliki pelayanan terbaik.

  • Gunakan Media Sosial

Digitalisasi di bidang usaha, bukanlah hal yang baru lagi. Sebagai pelaku usaha kuliner sangat perlu untuk melek digital, lantaran begitu banyak peluang yang dapat dimanfaatkan khususnya dalam media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial, Sobat dapat semakin menjangkau konsumen dengan berbagai konten atau promo menarik yang ditawarkan dalam media tersebut. Seperti yang Sobat ketahui, bahwa semua orang cenderung lebih tertarik dengan tampilan visual yang menarik. Oleh karena itu, sangat penting bagi pelaku usaha untuk dapat memanfaatkan sosial media sebagai media untuk memasarkan usahanya dengan tampilan visual yang bagus dan menarik, sehingga usaha kuliner yang Sobat jalankan dapat lebih dikenal oleh masyarakat dan memberikan daya tarik kepada masyarakat.

  • Kolaborasi dengan Layanan Pesan Antar

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak perusahaan jasa layanan pesan antar. Dengan banyaknya kemudahan hingga promo yang diberikan, sekarang banyak orang yang beralih menggunakan jasa layanan pesan antar untuk membeli semua produk. Sobat dapat berkolaborasi atau bergabung menjadi mitra layanan pesan antar, seperti grab, gojek, traveloka, shopee, dan lain sebagainya, agar dapat menjangkau berbagai sektor. Apalagi, pihak layanan pesan antar kerap kali menawarkan pemasangan iklan hingga pemberian cashback pada konsumen. Tentunya hal ini menjadi nilai tambah bagi pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis

Nah, itu dia 5 strategi pemasaran yang Sobat Pajak dapat sarankan bagi pelaku bisnis kuliner. Sobat bisa menerapkannya pada usaha Sobat dan tingkatkan pendapatan usaha.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instagram dan Facebook

Article is not found
Article is not found