Rekening Pribadi dan Rekening Bisnis harus Dipisah, Mengapa?

Sobat Pajak | 2023-02-03 17:26:03 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Saat pelaku usaha memulai bisnis, salah satu langkah utama yang harus dilakukan adalah membuka rekening bisnis di bank. Kemudian, penting untuk memisahkan penyetoran dan pengeluaran bisnis Sobat dengan rekening pribadi Sobat sendiri. Membuat rekening yang terpisah untuk keperluan bisnis dengan kepentingan pribadi akan cukup membantu seorang pebisnis dalam mengatur pengelolaan keuangan usahanya.

Mungkin memisahkan uang pribadi dan uang usaha cukup sulit dilakukan bagi sebagian para pebisnis. Meskipun usaha milik Sobat termasuk dalam skala kecil ataupun besar, bukanlah jadi alasan untuk tidak membuat rekening secara terpisah antara rekening pribadi dengan bisnis.

 

Alasan Perlunya Memisahkan Rekening Pribadi dengan Rekening Bisnis

Mengapa memisahkan uang pribadi sangat penting? Sebab, memisahkan uang pribadi dan uang usaha akan membuat Sobat dapat melihat pengeluaran serta pemasukan usaha dengan jelas. Masih ada banyak keuntungan yang bisa diraih pebisnis menggunakan rekening yang memang ditujukan untuk kepentingan bisnis.

 

  • Untuk Memisahkan Aset

Ketika memulai sebuah usaha, tentunya ada sejumlah hal yang perlu dipenuhi untuk mendukung kelangsungan bisnis tersebut. Mulai dari modal, pengadaan barang-barang tertentu hingga berlanjut pada kebutuhan usaha lainnya. Jumlah aset ini tentunya semakin bertambah apabila bisnis bertumbuh pesat seperti yang diharapkan. Itu sebabnya mengapa pemisahan rekening diperlukan untuk memudahkan Sobat mengetahui total aset di kemudian hari.

Pemisahan aset juga bisa berguna untuk pengusaha dalam melihat seberapa besar keuntungan yang diraih dari peningkatan saldo keuangan. Dengan begitu, kemungkinan untuk salah menarik aset bisnis untuk kepentingan pribadi bisa diminimalkan.

 

  • Memudahkan Pembayaran Pajak

Bagi para pengusaha, tentu membayar pajak sudah menjadi tanggung jawab yang perlu diemban. Jika rekening bisnis dengan rekening pribadi tidak dipisah, tentu proses perhitungan akan menjadi sulit. Namun, dengan pemisahan rekening, urusan perhitungan maupun pembayaran pajak menjadi lebih mudah. Hal ini akan membantu Sobat terhindar dari pembayaran pajak yang berlebih atau kurang sehingga tidak menjadi persoalan di kemudian hari.

 

  • Dana Aman untuk Perkembangan Bisnis

Jika keuangan pribadi dengan bisnis Sobat digabung, ada kemungkinan Sobat akan mengakui keuntungan dari bisnis sebagai uang pribadi. Hal ini akan membuat Sobat merasa memiliki banyak uang untuk dibelanjakan, padahal nyatanya uang itu bukanlah uang pribadi. Sebaiknya lakukan pemisahan keuangan sejak awal untuk mencegah pemakaian yang tidak seharusnya.

 

  • Mempermudah Proses Pengajuan Pinjaman

Dalam berusaha, yang namanya kekurangan modal tentu bisa dialami oleh para pebisnis, apalagi saat ingin melakukan ekspansi usaha. Pembukuan yang jelas, setidaknya akan memudahkan proses peminjaman karena sehat atau tidaknya kegiatan usaha dapat tercermin dari laporan keuangannya. Tentu laporan keuangan akan lebih mudah dibuat bila keuangan bisnis tidak tercampur dengan keuangan pribadi. Jadi, pihak perbankan, investor, maupun penyedia modal mengetahui berapa banyak uang yang dapat dipinjamkan untuk kelancaran bisnis. 

 

  • Mempermudah Proses Pengambilan Keputusan

Ada kalanya pengambilan keputusan penting dilakukan, baik itu saat melakukan pembelian barang, melakukan ekspansi, dan lain sebagainya. Dengan memisahkan rekening bisnis, tentunya Sobat dapat mengetahui besar saldo bisnis sejauh ini untuk memudahkan penggunaan uang di masa yang akan datang.

Sedangkan untuk rekening pribadi, tentunya lebih mudah dalam melakukan perhitungan besarnya pengeluaran selama satu bulan, berapa banyak yang dapat ditabung maupun diinvestasikan. Alhasil, kondisi keuangan aman terkendali.

 

  • Evaluasi Bisnis Lebih Mudah

Dengan memisahkan keuangan bisnis dan pribadi, tentu Sobat akan lebih mudah dalam melakukan evaluasi keuangan bisnis. Akan ada titik dimana bisnis Sobat mengalami penurunan, dengan adanya riwayat keuangan yang jelas, Sobat bisa mengetahui apa yang menyebabkan laba usaha Sobat menjadi menurun. 

Nah, itu dia pentingnya memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis. Tentu, Sobat akan mendapatkan banyak keuntungan yang dapat diraih bila Sobat sebagai pengusaha mau memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis. Selain berguna untuk kebutuhan pengelolaan keuangan dan nama baik dari bisnis itu sendiri, pengelolaan keuangan dari usaha juga bisa lebih terjaga.

 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found