Strategi dalam Melakukan Ekspansi Bisnis

3 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Ekspansi bisnis merupakan aktivitas memperbesar atau memperluas bisnis dengan menciptakan pasar baru, memperluas fasilitas, menambah sumber daya manusia dan lain sebagainya.

Ekspansi juga bisa dilakukan sebagai peningkatan aktivitas ekonomi di dalam bisnis Anda, yang nantinya akan berwujud pada peningkatan kekuatan bisnis, peningkatan keuntungan, akses teknologi serta munculnya pelanggan baru dan lain sebagainya. Dengan berbagai keuntungan ini tentu saja ekspansi menjadi tujuan yang diharapkan oleh hampir setiap pelaku bisnis baik itu di perusahaan besar maupun kecil.

Strategi Melakukan Ekspansi Bisnis

Membuat Perencanaan Bisnis Kedepannya

Sebelu melakukan ekspansi dibutuhkan perencanaan yang matang. Hal ini bertujuan agar tidak kehilangan kontrol atas bisnis yang dijalankan serta mempermudah dalam mengarahkan kemana bisnis baru tersebut akan dibawa nantinya. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan rencana ini, salah satunya kesiapan bisnis. bisnis yang sudah siap melakukan ekspansi adalah bisnis yang memiliki penjualan yang lancar, konsumen yang signifikan serta memiliki pasar yang cukup luas.

Merancang produk dan layanan terbaru

Bisnis Anda mungkin sudah memiliki produk dan layanan andalan yang mempunyai konsumen dengan jumlah yang signifikan. Namun tidak ada salahnya jika menambahkan produk dan layanan baru yang berbeda dari sebelumnya. Cara ini bisa ditempuh dengan membuka bisnis dengan wajah baru, beralih kepada lini yang belum pernah dicoba sebelumnya. Akan tetapi, untuk mewujudkan hal ini tidaklah sederhana. Dibutuhkan analisis dan riset pasar secara menyeluruh untuk mengetahui produk dan layanan seperti apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen.

Menyiapkan modal

Modal usaha menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk melakukan ekspansi karena digunakan untuk menggaji karyawan, menyewa atau membangun gudang baru, membangun toko fisik, membeli bahan mentah, hingga membangun pabrik produksi sendiri. Ada kemungkinan bahwa cash flow bisnis Anda akan terganggu untuk menjalani kegiatan operasional bisnis saat ini sebelum dilakukannya ekspansi.

Mencari Target Pasar Baru

Jika bisnis Anda menciptakan produk serta layanan yang berbeda dengan bisnis sebelumnya, tentu saja diperlukan target konsumen yang berbeda dan sesuai dengan produk tersebut. Strategi ekspansi ini memang ditujukan untuk mencari kemungkinan target konsumen lain yang tepat untuk produk serta layanan yang dijual.

Promosi

Promosi dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau bahkan perusahaan secara keseluruhan. Lakukan promosi sekecil apapun secara aktif dan terus-menerus agar konsumen mengenal Anda sedari awal sehingga konsumen dan akan lebih nyaman bertransaksi.

Kerja Sama antar bisnis

Strategi lainnya yang bisa ditempuh untuk memperluas bisnis adalah dengan melakukan kerja sama dengan berbagai mitra, baik perusahaan komplemen atau bahkan pesaing. Kerja sama ini harus saling menguntungkan. Jangan buang-buang waktu bernegosiasi dengan mitra yang tidak sejalan dengan tujuan bisnis Anda.

Membuka Cabang

Jika sudah melihat perkembangan pada bisnis utama, pertimbangkan membuka cabang baru untuk memperluas jangkauan terhadap konsumen. Cabang yang berada di daerah biasanya digunakan untuk membantu melayani konsumen yang mungkin tidak bisa dilayani oleh cabang utama.

Article is not found
Article is not found