Penting! Setiap Bisnis Harus Punya Dana Darurat

Sobat Pajak | 2023-15-05 17:04:58 | 10 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Suatu bisnis tentunya harus mempersiapkan segala hal, baik untuk kegiatan yang direncanakan maupun kegiatan yang diluar dari rencana. Salah satu yang dapat disiapkan adalah dana darurat. Seperti yang kita ketahui bahwa kehidupan dalam bisnis seringkali terdapat hal yang tidak terduga. Memiliki simpanan uang yang dapat digunakan pada saat-saat tertentu dapat dikatakan sebagai dana darurat. 

 

Pengertian Dana Darurat Bisnis

Dana darurat bisnis merupakan simpanan cadangan uang yang akan digunakan pada saat kondisi yang tidak terduga di luar dari operasional bisnis atau rencana bisnis. Dana darurat harus disiapkan secara khusus yang harus disimpan dan tidak dapat digunakan kecuali hal yang mendesak atau terdapat hal yang tidak terduga. Dana darurat tentunya memiliki likuiditas yang sehingga dapat segera dicairkan jika terdapat kondisi yang tidak terduga. 

 

Tips Mengumpulkan Dana Darurat Bisnis

  • Menentukan Jumlah Dana Darurat

Besaran nominal dana darurat yang diperlukan tergantung dari skala bisnis tersebut. Jika suatu bisnis tersebut merupakan bisnis yang besar, maka jumlah dana darurat yang harus disiapkan juga besar. Sedangkan, jika bisnis tersebut kecil, maka jumlah dana darurat yang perlu disiapkan juga kecil mengikuti skala dari bisnis tersebut. 

Memiliki jumlah dana darurat dengan jumlah yang besar tentunya sangat diperlukan, namun tetap harus diingat bahwa dana darurat ini tidak akan mempengaruhi kas serta anggaran yang telah dibuat. 

 

  • Memisahkan Rekening Transaksi dengan Rekening Dana Darurat

Dengan memisahkan antara rekening transaksi dengan rekening dana darurat, maka akan mempermudah pemegang kas untuk melakukan pencatatan dan tidak adanya kekeliruan dalam memperhitungkan mana transaksi dan mana pengeluaran karena adanya hal atau kondisi yang tidak terduga. 

Setiap bank tentunya memiliki berbagai jenis program tabungan atau simpanan sesuai dengan kebutuhan nasabahnya yang tentunya akan mempermudah Sobat jika ingin memisahkan antara rekening transaksi dengan rekening dana darurat.

 

  • Gunakan Dana Darurat Sesuai Prioritas

Dalam hal ini, suatu bisnis harus secara konsisten menggunakan dana tersebut hanya untuk kondisi tidak terduga saja. Jika tidak adanya konsisten dalam hal ini, maka dana darurat seringkali digunakan untuk kegiatan transaksi. Jika demikian, maka keuangan suatu bisnis tidak akan terkontrol dan dapat menyebabkan kekeliruan. 

Jika tidak ada kondisi mendesak sesuai dengan prioritas yang telah ditentukan, maka lebih baik untuk tidak mengambil dana darurat untuk kegiatan apapun diluar dari prioritas yang telah ditentukan. 

 

  • Disiplin Dalam Menyisihkan Dana

Kunci dari keberhasilan adanya dana darurat ini tentunya adalah sebuah kedisiplinan. Jika suatu bisnis secara disiplin dapat menyisihkan dana nya untuk dana darurat maka dana darurat akan bermanfaat dengan baik untuk bisnis itu sendiri. Serta dapat meminimalisir adanya masalah keuangan pada bisnis tersebut.

 

  • Lakukan Efisiensi Bisnis

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah efisiensi bisnis. Suatu efisiensi bisnis dapat dilakukan dengan mengelola pengeluaran-pengeluaran dalam bisnis tersebut. Jika memang tidak mendesak, maka lebih baik mengurangi pengeluaran tersebut. 

 

Manfaat Dana Darurat Bisnis

Suatu hal yang dilakukan pasti memiliki manfaatnya. Salah satunya yaitu dana darurat bisnis yang memiliki manfaat yang harus Sobat tahu. Berikut penjelasannya.

  • Pertahanan Bisnis Untuk Kondisi Tak Terduga

Dana darurat adalah pertahanan kuat yang dapat bisnis miliki jika terdapat kondisi yang tidak terduga. Seperti yang Sobat ketahui, dana darurat merupakan cadangan simpanan untuk kondisi yang tak terduga. Suatu bisnis tentunya harus mulai memikirkan adanya dana darurat ini untuk kelangsungan bisnis tersebut dimasa kini dan dimasa yang akan datang. 

 

  • Meminimalisir Utang

Jika suatu bisnis memiliki dana darurat, maka dapat meminimalisir adanya utang tersebut. Akan lebih baik jika bisnis tersebut memiliki utang yang sedikit agar kedepannya tidak terdapat hal yang merugikan banyak pihak.

 

  • Mencegah Adanya Kasus Hukum di Masa yang Akan Datang

Suatu persiapan bisnis tak terlepas dari hukum-hukum yang berlaku di Indonesia. Salah satu hal yang dapat dipersiapkan untuk kondisi ini adalah dana darurat. Maka perlunya dana darurat dalam bisnis ini.

 

  • Dapat Diandalkan Dalam Perbaikan Supplies Perusahaan

Kondisi tak terduga salah satunya adalah kerusakan peralatan yang terdapat pada suatu bisnis tersebut. Sedangkan peralatan tersebut merupakan salah satu alat yang dapat membantu operasional bisnis tersebut. Maka satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah memperbaikinya atau membeli dengan yang baru. Apabila suatu bisnis memiliki dana darurat, maka dana tersebut juga dapat digunakan untuk perbaikan peralatan ini. 

 

  • Persiapan Peluang Bisnis yang Tiba-Tiba

Suatu peluang jika tidak segera diambil dan direalisasikan, maka akan merugikan bisnis itu sendiri. Untuk dapat segera mengambil peluang tersebut, maka dana darurat juga dapat dikatakan sebagai solusinya. Dengan hal ini, maka Sobat tidak akan merasa keberatan dengan merealisasikan peluang ini tanpa mencampurkan dengan dana yang harus digunakan untuk transaksi lainnya.

 

Dari hal diatas yang telah dibahas, dapat disimpulkan bahwa dana darurat merupakan salah satu poin penting yang harus dipersiapkan suatu bisnis untuk menunjang keberlangsungan bisnis tersebut. Sobat dapat menyiapkan dana darurat dengan menyisihkan sebagian pendapatan yang Sobat terima dari bisnis yang telah Sobat jalankan. 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook

Article is not found
Article is not found