4 Cara Mudah Membangun Reputasi Bisnis  

Sobat Pajak | 2023-06-07 16:41:58 | 10 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Reputasi akan sebuah bisnis tentunya sangatlah penting bagi perkembangan bisnis terebut. Reputasi merupakan komponen penting dalam menjalankan bisnis karena secara tidak langsung hal ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat penjualan produk yang dipasarkan serta tingkat kepercayaan pelanggan akan bisnis tersebut.  

Reputasi bisnis juga menjadi salah satu alasan pelanggan memilih dan membeli suatu produk. Misalnya ketikat Sobat berbelanja online. Sobat tentunya akan melihat ulasan atau review terlebih dahulu dan akan memilih produk yang memiliki ulasan yang baik. Hal ini menunjukkan seberapa pentingnya peran reputasi dalam perjalanan sebuah usaha. Lalu, apa sih yang dimaksud reputasi bisnis? Apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan reputasi bisnis Sobat kedepannya? Yuk, simak artikel ini sampai akhir ya!  

 

Reputasi Bisnis 

Reputasi sendiri berarti setiap perilaku ataupun perbuatan yang dilakukan untuk mendapatkan impresi atau citra baik dari sekitar. Dalam berbisnis, sebuah brand yang ingin mendapatkan reputasi baik harus bisa memberikan dampak yang positif juga bagi konsumennya. Misal, Sobat menjalankan sebuah bisnis di bidang kuliner. Dimana Sobat memiliki restoran yang menjual makanan nusantara dengan harga yang terjangkau. Lalu, untuk mendapatkan reputasi baik dari para pelanggan, maka Sobat harus bisa memberikan makanan, pelayanan hingga tempat yang berkualitas dengan range harga yang Sobat tawarkan.  

Semakin banyak pelanggan yang merasa cocok dengan produk yang Sobat tawarkan, maka semakin baik pula reputasi brand Sobat. Dengan begitu, secara alami para pelanggan yang merasa puas pun akan perlahan akan turut merekomendasikan produk sobat kepada orang lain di sekitarnya. Dengan begitu penjualan yang Sobat dapatkan pun akan jauh lebih tinggi. Jadi bisa disimpulkan bahwa reputasi akan suatu usaha memiliki pengaruh yang cukup besar. Karena tidak sedikit juga usaha – usaha yang gulung tikar karena kurang berupaya dalam mempertahankan nama baik usahanya. Agar hal serupa tidak dialami oleh Sobat sekalian, berikut beberapa tips yang bisa Sobat coba.  

 

Cara Mudah Meningkatkan Reputasi Usaha 

1. Berikan imbalan terhadap pelanggan aktif 

Ulasan akan produk Sobat sangat berarti bagi pertumbuhan bisnis Sobat sehingga memberikan apresiasi seperti reward kepada pelanggan yang telah memberikan ulasan akan sangat memberikan dampak positif. Karena faktanya, mendapatkan ulasan baik ternyata cukup sulit didapatkan, menurut Review Trackers, 21 persen pelanggan hanya akan menulis ulasan ketika melalui pengalaman buruk dibandingkan pengalaman yang baik. Maka itu, untuk memperbanyak ulasan, Sobat bisa mencoba untuk menawarkan insentif untuk para pelanggan yang meninggalkan ulasan di produk Sobat.  

2. Layanan yang Optimal 

Salah satu cara paling ampuh yang bisa Sobat lakukan untuk meningkatkan reputasi sebuah bisnis adalah dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan. Dengan rasa puas akan pelayanan yang diberikan terhadap pelanggan, tentunya citra akan bisnis Sobat juga meningkat. Apabila Sobat menjalankan sebuah bisnis online, maka tanggapan yang cepat akan menjadi hal yang krusial. Dengan begitu, para pelanggan tersebut tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan jawaban. Sobat bisa mencoba berbagai cara yang bisa menunjukkan kepada pelanggan bahwa mereka sangat berarti untuk bisnis Sobat, sehingga secara tidak langsung para pelanggan akan merasa lebih istimewa dan akan selalu mengingat akan produk serta bisnis Sobat.  

3. Terbuka akan ulasan buruk

 Tidak bisa dipungkiri, pasti Sobat juga akan menerima berbagai ulasan yang kurang memuaskan. Hal tersebut wajar untuk para pelaku usaha. Sederhananya, Sobat tidak bisa menyenangkan semua orang. Akan tetapi ulasan-ulasan buruk tersebut bisa Sobat jadikan pembelajaran. Jadi, ketika mendapatkan ulasan yang kurang memuaskan tetaplah memberikan respon. Hal ini dapat memperlihatkan bahwa Sobat peduli dengan kritik ataupun saran dari para pelanggan terebut. Selain itu, Sobat juga akan memiliki hubungan yang jauh lebih dekat dengan pelanggan yang dapat memancing munculnya pelanggan setia 

4. Mengedukasi Konsumen 

Sobat juga bisa meningkatkan reputasi bisnis dengan memberikan edukasi target bisnis Sobat. Bisa melalui postingan di sosial media, seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan masih banyak lagi platform lainnya yang bisa membantu. Sebagai contoh, Sobat menjual pakaian secara online, maka untuk meningkatkan nama baik brand, Sobat bisa membagikan informasi mengenai cara merawat pakaian agar kualitas terus terjaga atau memberikan pengetahuan mengenai cara menyesuaikan warna pakaian. Hal-hal seperti itu rupanya dapat membentuk kredibilitas bisnis. Nama baik brand Sobat juga perlahan akan mulai dikenal oleh orang-orang. Apalagi jika konten yang di posting tersebut berhasil viral dan banyak dibagikan. 

 

Tentunya tidak hanya cara-cara tersebut yang bisa membantu Sobat meningkatkan reputasi bisnis. Masih banyak tips yang bisa Sobat coba kok, tapi tips diatas tentunya bisa banget menjadi langkah awal bagi Sobat-sobat yang ingin memulai meningkatkan reputasi bisnis. Jadi, selamat mencoba ya! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

 

Article is not found
Article is not found