Pengaruh Sosial Media Terhadap Usaha

Sobat Pajak | 2022-29-12 17:26:36 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sosial media merupakan salah satu platform bagi masyarakat, baik dalam mengetahui informasi, berbagi informasi, dan membagikan kesehariannya. Bahkan pengguna sosial media tidak hanya di kalangan anak muda saja. Pada era ini,  sosial media juga digandrungi oleh anak yang masih dibawah umur hingga dewasa dan lansia. Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini pun memberikan dampak yang baik kepada masyarakat. Namun, apakah sosial media memiliki pengaruh terhadap suatu usaha?

Dampak Positif Sosial Media terhadap Suatu Usaha

  • Media Promosi

Sosial media dapat digunakan sebagai tempat alternatif bagi para pelaku usaha dalam mempromosikan usahanya. Tidak sedikit masyarakat yang mengunjungi dan mengetahui suatu usaha dari sosial media. Mempromosikan suatu usaha di sosial media dapat dilakukan dengan membuat akun sosial media suatu usaha dan memposting usaha beserta dengan produk-produk ataupun jasa yang Sobat jualkan dengan semenarik mungkin. Selain membuat akun sosial media untuk usaha Sobat, dengan memposting testimoni dari pelanggan juga bermanfaat loh. Dengan demikian, para konsumen akan lebih percaya terhadap usaha Sobat dan tidak ragu dalam membeli produk atau menggunakan jasa yang Sobat sediakan. Testimoni atau review dari pelanggan berpengaruh dalam perkembangan usaha Sobat, jadi tidak bisa dianggap remeh. Oleh karena itu, Sobat harus memperlihatkan dan memberikan versi terbaik usaha Sobat kepada semua konsumen.

  • Memperluas Jangkauan Usaha

Dengan adanya sosial media, jangkauan bagi usaha tidak hanya disekitaran lokasi usaha atau hanya di kalangan orang terdekat saja. Namun, dengan adanya sosial media, usaha Sobat akan lebih dikenal oleh masyarakat luas, baik itu diluar kota, provinsi, bahkan diluar wilayah Indonesia. Oleh karena itu, sosial media dapat memberikan dampak yang baik dalam mengembangkan usaha Sobat.

  • Hemat Dalam Biaya Pemasaran

Mengingat poin pertama, bahwa promosi dapat dilakukan melalui sosial media. Dengan menggunakan sosial media dan memanfaatkannya sebagai media pemasaran, maka Sobat tidak lagi memerlukan biaya yang besar dalam melakukan pemasaran. Sobat tidak perlu lagi melakukan pemasan melalui media cetak atau dengan menyewa suatu tempat dalam melakukan pemasaran. Poin dari melakakukan pemasaran adalah dengan meyakinkan dan adanya bukti nyata mengenai suatu produk ataupun jasa yang diberikan. Dan tentunya produk yang dijual harus dibuat dengan semenarik mungkin.

  • Memperbanyak Sales dan Penjualan Online

Dengan usaha yang diketahui oleh masyarakat luas, maka penjualan yang terjadi pun akan meningkat, sehingga akan menambah pendapatan bagi suatu usaha. Dengan adanya platform penjualan secara online, tentu juga akan meningkatkan pendapatan dan membantu para konsumen yang jauh dan tidak sempat untuk datang menghampiri tempat usaha Sobat, sehingga akan memanfaatkan sistem online ini. Penjualan yang meningkat tentunya adalah hal yang diinginkan oleh semua pelaku usaha.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa menggunakan sosial media harus dengan hati-hati karena pesatnya informasi yang tersebar dapat membuat semua hal cepat diketahui oleh masyarakat luas. Jika sekalinya reputasi suatu usaha dicap negatif, maka akan berdampak buruk bagi suatu usaha, dan akan susah untuk mengembalikan keadaan. Oleh dari itu, gunakan lah sosial media dengan sebaik-baiknya dengan selalu memperhatikan segala aspek.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found