Perhatikan Ini Kalau Nggak Mau Bisnis Online Sobat Gulung Tikar! 

Sobat Pajak | 2023-05-04 17:42:21 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Industri bisnis online saat ini sudah menjadi tren bisnis yang booming di pasaran. Sudah bukan kejutan lagi jika seluruh industri berpindah fokus pada industri online ini. Akan tetapi, persaingannya pun sangat ‘menakutkan’, banyak bisnis yang rela untuk banting harga hanya untuk memenangkan pasar. Tidak mudah memang untuk pendatang baru untuk bisa memenangkan pasar dengan cepat, diperlukannya kesabaran, kegigihan, dan kelincahan untuk melihat peluang pasar.  

Dikutip dari bisnis.com, sebesar 90% bisnis online hanya dapat bertahan kurang lebih empat bulan saja karena adanya permasalahan khusus dalam mengelola bisnis online tersebut, seperti konten pada sosial media yang berkualitas hingga customer support. 

Inilah beberapa alasan mengapa bisnis online tidak bertahan lama dan solusi yang bisa Sobat terapkan. 

  • Persaingan yang ketat

Pesaing akan terus bermunculan setiap harinya, sehingga semakin sulit bagi setiap bisnis untuk memenangkan hati pelanggan secara terus menerus ditengah banyaknya bisnis baru yang mungkin saja menawarkan produk atau jasa yang baru dan lebih menarik.  

Solusinya adalah dengan strategi persaingan. Strategi ‘bertempur’ ini perlu dimiliki oleh pelaku bisnis untuk memenangkan produk atau jasanya. Prediksilah kebutuhan pelanggan di masa depan. Sobat bisa menyediakan produk tambahan, contohnya Sobat menjual kue ulang tahun, maka bisa Sobat tambahkan produk tambahan seperti perlengkapan ulang tahun seperti lilin, balon, hiasan, dan berbagai macam nya.  

Selain itu, Sobat juga bisa memberikan diskon atau promo yang sudah disesuaikan dengan bisnis Sobat, contohnya seperti harga kue ulang tahun dengan satu set hiasan ulang tahun dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pembelian terpisah. Hal ini membantu mengecilkan peluang calon pelanggan mencari alternatif di tempat lain.  

  • Lemahnya Riset pada target konsumen 

Riset, riset, dan riset. Mungkin Sobat sudah sering sekali membaca atau mendengar bahwa melakukan riset sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Bahkan bagi pebisnis besar, mereka akan membuat tim khusus yang ditugaskan untuk melakukan riset. Dengan melakukan ‘penyelidikan’ terhadap klien Sobat, akan membantu Sobat mengerti kebutuhan calon pelanggan hingga dapat membantu menyelesaikan permasalahan mereka. Riset ini menjadi kunci penting dalam melakukan pemasaran.  

Dengan mengetahui apa yang mereka butuhkan, perkiraan hasil pendapatan mereka, daerah tempat tinggal, Sobat bisa membuat sesuatu yang sesuai dengan target tersebut dan hanya bisa didapatkan dengan melakukan riset.  

  • Customer Support yang Minim 

Dalam berbisnis online, menjangkau calon pelanggan tentunya juga dilakukan secara online, baik di sosial media, email, telepon, atau pada platform jual beli yang menyediakan fitur obrolan dengan calon pembeli. Dalam satu waktu, mungkin saja Sobat akan dihubungi oleh beberapa calon konsumen sehingga seringkali kesulitan untuk menghadapi semua pelanggan sekaligus. Akan tetapi, kecepatan dalam membalas pesan juga penting untuk sebuah bisnis, karena calon pelanggan dapat beralih ke penjual lainnya dalam waktu yang cepat.  

Solusinya, Sobat bisa mempersiapkan bot atau sumber daya manusia yang berkualitas untuk menangani permasalahan ini. Jika memiliki modal lebih, Sobat juga bisa mempekerjakan cutomer support specialist yang berkualitas untuk meningkatkan kepercayaan dan otoritas binsis Sobat.  

  • Kinerja Webiste Buruk 

Jika bisnis Sobat menggunakan website dalam pengoperasiannya, maka pastikan website tersebut berfungsi dengan baik. Seperti permasalahan, website yang sulit dibuka sehingga lama untuk di akses dan memakan banyak waktu, atau tautan yang tidak berfungsi dan permasalahan lainnya dapat membuat bisnis Sobat kehilangan pelanggan. Begitu juga jika Sobat menjual produk – produk Sobat pada marketplace. Pilihlah marketplace yang bisa mendukung kemudahan calon pelanggan dalam mencari dan membeli produk atau jasa Sobat.  

Sobat bisa mencoba untuk berinvestasi dalam membuat platform Sobat sendiri sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan para calon pelanggan.  

 

Masih banyak permasalahan yang dialami oleh para pelaku usaha, khususnya dalam berbisnis online. Tapi semua itu ada solusinya kok! Tetap semangat untuk menjalankan Bisnis nya ya Sobat! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found