TikTok Untuk Bisnis: Semua Hal Ini Sobat Harus Tahu!

Sobat Pajak | 2023-16-05 17:26:51 | 10 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sobat pasti sudah sering sekali melihat banyak siaran langsung penjual di TikTok bukan? Pasti sudah sering juga Sobat tergiur berbelanja di TikTok Shop? Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini TikTok sudah merajalela pasar. TikTok pertama kali mengabarkan adanya akun khusus untuk bisnis pada tahun 2020 dengan nama “TikTok for Business”. Platform tersebut pun viral dan menarik banyak perhatian banyak brand. Jika Sobat belum mencoba platform satu ini, maka Sobat telah melewatkan peluang emas saat ini. Dilansir dari worldpopulationreview, saat ini pengguna TikTok mencapai 200 Juta pengguna aktif di Indonesia. Angka yang luar biasa tinggi tersebut merupakan peluang besar untuk para pelaku usaha. Jika Sobat belum mengerti bagaimana penggunaan nya, maka artikel ini wajib Sobat perhatikan hingga akhir ya! Berikut penjelasan nya.  

 

Apa Itu TikTok For Business? 

Membuat akun TikTok untuk bisnis berbeda dengan akun TikTok biasa. Akun TikTok untuk bisnis ini dirancang khusus untuk memberikan fitur promosi yang optimal bagi pelaku usaha. Melansir koinworks.com, ada beberapa fitur spesial untuk TikTok bisnis ini:  

  • Performance Tracking Secara Real Time  

Fitur ini membantu para pelaku usaha untuk mendapatkan data performa setiap konten yang di unggah secara real time. Hal ini bisa Sobat gunakan untuk menjadi strategi dalam mengambil keputusan secara cepat untuk mengevaluasi performa konten.   

  • Unique Engagement Solutions 

Fitur ini memberikan pengalaman yang unik bagi penjual dan pembeli dengan cara interaksi atau komunikasi yang unik. Tidak hanya membalas komentar atau mengirim pesan secara personal saja, tapi pelaku usaha bisa membalas segala komentar dan pertanyaan dalam bentuk video, sehingga dapat lebih jelas deh dalam menjelaskan. Fitur ini juga bisa Sobat manfaatkan untuk meningkatkan hubungan dekat dengan konsumen.  

  • Riset Tren Konten 

Pelau usaha dapat melakukan riset untuk melihat topik – topik atau jenis konten yang sedang menjadi tren saat ini di kalangan pengguna melalui TikTok for Business. Seperti produk yang sedang dicari banyak orang hingga bentuk konten atau pemasaran yang sedang ramai digunakan. Melalui fitur ini Sobat bisa menerapkan konsep ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) sehigga bisnis Sobat juga bisa menjadi viral.  

 

Cara Membuat Akun TikTok Untuk Bisnis 

Tenang saja, pembuatan akun TikTok bisa dibuat secara gratis kok, cara nya pun mudah dan bisa langsung Sobat praktikan. Ikuti langkah – langkah berikut ya.  

  • Unduh Aplikasi TikTok 

Pastinya Sobat harus memiliki aplikasi TikTok terlebih dahulu, yang bisa Sobat unduh di App Store maupun Google Play Store. Setelah itu, lalukanlah pendaftaran akun dengan mengikuti langkah yang sudah diarahkan oleh TikTok. Sobat perlu memasukan informasi berupa alamat email atau nomor telepon.  

  • Buat Akun Bisnis 

Setelah itu, klik simbol “...” (titik tiga) di sebelah kanan atas halaman “Me”, selanjutnya pilih menu “Manage my account”. Dan, nanti Sobat akan diberi pilihan untuk “Switch to Pro Account” dan “Business Account”. Silahkan Sobat pilih kategori yang sesuai denga bisnis Sobat. 

  • Konten 

Maka akun TikTok bisnis Sobat sudah dapat digunakan deh, langkah terakhir Sobat dapat membuat konten – konten menarik untuk melakukan promosi produk Sobat. Mudah bukan?  

 

Strategi Memaksimalkan Akun TikTok Untuk Bisnis 

  • Kenali Produk Dengan Baik 

Ketahui dan pahami dulu fitur – fitur yang ada agar dapat lebih maksimal menggunakan TikTok. TikTok sendiri merupakan platform yang berbasis video, sehingga Sobat harus mengerti cara untuk membuat dan mengedit video. Sobat bisa mengedit video menggunakan fitur yang diberikan oleh TikTok atau Sobat juga bisa memanfaatkan video editor lain. Agar konten yang Sobat kelola bisa memberikan hasil yang maksimal, pelajari juga algoritma dari TikTok ya.  

  • Memiliki Topik yang Spesifik 

Temukan target khusus yang berbeda diantara pesaing – pesaing dapat menjadi peluang sukses dalam memanfaatkan TikTok untuk Bisnis. Bentuklah video yang berkarakter, unik, dan mudah untuk diingat sehingga audiens akan jauh lebih tertarik dengan konten yang Sobat buat.  

  • Jadwal Upload  

Agar dapat viral atau masuk ke FYP, Sobat bisa coba untuk mengunggah video secara rutin dan konsisten. Sehingga Sobat bisa meningkatkan engagement melalui konten yang dibuat. Memang sulit dan cukup memakan waktu, tapi hal ini wajib dicoba untuk mendapatkan konten yang viral. Sobat bisa menggunakan tools seperti social media calendar untuk membantu dalam hal ini.  

  • Konten yang Otentik 

Konten yang jujur atau tidak terkesan dibuat – buat adalah bentuk konten yang disukai oleh generasi saat ini. Sobat tidak perlu membuat konten yang mewah dan terlalu serius, Sobat bisa mencoba membuat konten yang ringan agar bisa lebih dekat dengan audiens. Yang terpenting, Sobat bisa menghadirkan perspektif lain dari bisnis Sobat. 

 

Memang tidak akan mudah pada awalnya, tapi dengan perencanaan yang baik serta ketekunan, Sobat pasti bisa mendapatkan hasil yang memuaskan deh! Selamat Mencoba!  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook 

 

Article is not found
Article is not found