Pentingnya Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan Bagi Pengusaha UMKM

Sobat Pajak | 2022-02-11 10:47:50 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Membangun hubungan dengan mitra dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan sangat penting dalam berbisnis. Mitra dapat memfasilitasi pengembangan bisnis dan peningkatan pendapatan.

Oleh karena itu, bahkan usaha kecil dan menengah (UMKM) pun perlu memahami strategi untuk menjaga hubungan dengan mitra dan pelanggan. Jadi strategi apa yang bisa diterapkan oleh usaha kecil? Simak ulasannya di bawah ini.

Memilih Mitra Setelah Memulai Bisnis

Beberapa orang mungkin merasa tidak cukup percaya diri untuk memulai bisnis mereka sendiri, sehingga mereka membutuhkan mitra. Mitra bisnis termasuk mitra, vendor, dan pemasok. Memilih partner bisnis yang tepat sangat penting dalam berbisnis. Oleh karena itu, pengusaha harus berhati-hati dalam memilih mitra, bahkan jika mereka adalah anggota keluarga atau teman.

Pertama, pertimbangkan rekam jejak calon mitra. Jika calon mitra terlibat dalam kasus yang dapat merugikan perusahaan, seperti penggelapan atau korupsi, sebaiknya dihindari. Carilah mitra berkualitas yang memiliki visi dan misi yang sama dengan Anda dan melengkapi bisnis Anda.

Koki Selebriti Mama Rita, menjelaskan bahwa mencari mitra bisnis yang tepat itu sulit dan mudah. Mama Rita juga pemilik perusahaan katering Tudun Saji dan Hijab Underwear.

Mama Rita mengaku hanya difasilitasi pada pertemuan pertama untuk membantu membangun kepercayaan diri dalam memulai usaha. Selain itu, proses mencari mitra bisnis kurang lebih sama. Menurutnya, tidak semua orang cocok menjadi mitra bisnis, sehingga butuh waktu untuk mengenal dan mempercayai calon mitra.

Salah satu pertimbangan Mama Rita dalam memilih mitra adalah memiliki kepribadian yang dapat menyeimbangkan sikap tegas dengan yang cukup tangguh. Selain itu, mitra harus profesional dan selaras dengan tujuan bisnis.

Membangun Hubungan dengan Mitra dan Pelanggan

Setelah Anda menemukan mitra bisnis yang tepat, jangan lupa untuk membangun hubungan yang baik untuk menjaga kelangsungan bisnis Anda. Mentor Expert Business Road Map Redia Frisna Rista mengatakan, menjaga hubungan dengan pebisnis lain bisa dimulai dengan cara sederhana menepati janji.

Misalnya, jika Anda memiliki pasangan yang mengizinkan Anda membayar sesuatu, pastikan Anda melakukannya tepat waktu. Contoh lain, jika Anda menyewa ruang komersial, cobalah untuk menjaga kepercayaan pemilik bangunan dengan menghormati dan menjalankan ketentuan kontrak.

Selain itu, menjaga hubungan dengan pelanggan juga merupakan poin penting yang tidak bisa diabaikan. Bahkan UKM perlu memahami manajemen hubungan pelanggan (CRM) atau manajemen hubungan pelanggan.

Untuk menjaga loyalitas pelanggan, Anda harus menjaga karakteristik produk atau jasa yang Anda tawarkan. Pahami kebutuhan pelanggan Anda dari semua sudut, sehingga Anda dapat menjaga hubungan dengan mereka.

Jika bisnis Anda bergerak di bidang jasa, pastikan Anda memilih front liner yang terlihat rapi, bersih dan ramah. Sederhanakan layanan pelanggan yang cepat dan membantu agar pelanggan tidak beralih tempat.

Article is not found
Article is not found