Strategi Promosi di Platform Media Sosial

Sobat Pajak | 2023-12-01 18:01:17 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Jika ingin bisnis Sobat dikenal oleh banyak orang, melakukan promosi di sosial media adalah salah satu caranya. Sosial media atau sosmed bisa menjadi salah satu media promosi yang efektif untuk menarik pembeli. Dengan melakukan promosi di media sosial, Sobat bisa menjaring pelanggan yang lebih luas sehingga peluang produk terjual juga semakin besar.

Di jaman yang serba digital seperti sekarang ini, media sosial telah menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan banyak orang. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai media untuk eksistensi diri saja, sosial media juga bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, salah satunya adalah media promosi dalam strategi digital marketing.

Melakukan promosi melalui media sosial terbukti ampuh dengan penghasilan yang lebih meningkat dan berkembang dari waktu ke waktu. Semua orang mempunyai media sosial dan ini menjadikan produk mudah dikenal, minimal dalam lingkaran pertemanan yang ada. Bagi perusahaan dan pebisnis yang lebih besar, maka kekuatan media sosial pun bisa digunakan untuk melakukan promosi produk ataupun jasa, sehingga banyak orang yang mampu mengenali  dan juga tertarik untuk membeli produk dan jasa tersebut. Berkat adanya media sosial, promosi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Cara Melakukan Promosi di Media Sosial yang Efektif

Menentukan Platform Sosial Media Utama

Saat ini ada banyak sekali jenis media sosial yang bisa digunakan untuk melakukan promosi. Akan tetapi, jika ingin promosi produk Sobat menjadi efektif dan sesuai target, pastikan pilih jenis media sosial yang tepat.

Contohnya, jika targetnya yang ingin Sobat capai adalah anak muda, maka sosial media Instagram akan lebih efektif digunakan. Namun, jika target Sobat lebih ingin ke semua kalangan, Facebook bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan memilih jenis media sosial yang tepat, akan lebih mudah untuk menjaring konsumen.

Menyesuaikan Bisnis dengan Tema Sosial Media

Bila Sobat melihat akun sosial media milik brand-brand ternama, Sobat bisa melihat beberapa kepribadian dan persona yang berbeda. Ada yang menyampaikan dengan santai, ada yang menggunakan candaan, dan ada juga yang serius.

Cara-cara tersebut tidak ada yang salah, namun harus diperhatikan bahwa dalam menentukan tema, harus sesuai dengan bisnis yang dijalani. Jika targetnya adalah anak muda, Sobat bisa memilih penyampaian dengan gaya santai, tapi jika target utamanya adalah orang dewasa, maka serius menjadi pilihan yang lebih tepat.

Menentukan Isi Konten

Tanpa adanya konten yang menarik, sama saja promosi yang Sobat lakukan tidak akan membuahkan hasil. Isi konten yang ingin Sobat berikan bisa dalam bentuk foto ataupun dalam bentuk tulisan.

Contohnya, jika Sobat memilih Instagram sebagai media untuk promosi, maka Sobat harus menggunakan foto yang menarik dan memikat di mata. Sebagai permulaan, Sobat bisa memanfaatkan kamera smartphone yang Sobat punya dan ambil beberapa foto produk dengan sudut (angle) yang berbeda dan menarik.

Selain itu, pilihlah waktu-waktu yang tepat untuk melakukan promosi.

Walaupun promosi itu disukai oleh konsumen, tetapi Sobat jangan sampai melakukan promosi setiap hari. Selain membuat Sobat mendapat keuntungan yang sedikit, promosi setiap hari juga bisa membuat konsumen bosan dan meninggalkan produk yang Sobat jual.

Buat Kalender Konten yang Konsisten

Salah satu kunci sukses dalam promosi produk di sosmed adalah konsisten dalam memberikan konten kepada pelanggan setia. Hal ini akan membuat orang lebih mudah mengingat produk yang Sobat jual, sehingga akan lebih mudah dalam menarik pelanggan.

Jika hanya dilakukan sesekali saja dalam seminggu, konsumen akan melupakan produk yang Sobat miliki. Maka dari itu, harus ada jadwal rutin, mulai dari jadwal harian, mingguan, dan bulanan.

Responsif

Kunci utama jika ingin mendapatkan pelanggan adalah menanggapi chat dari pelanggan dengan responsif dan ramah.

Dengan begitu, Sobat bisa mendapatkan pelanggan yang lebih loyal terhadap produk yang Sobat miliki, tidak menutup kemungkinan pelanggan tersebut bisa merekomendasikan produk yang Sobat miliki ke teman-temannya.

Nah, itu dia beberapa tips cara memanfaatkan sosial media sebagai media promosi yang efektif, semoga dapat menambahkan referensi  kalian ya Sobat.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found