Memangnya Customer Experience Itu Penting?

Sobat Pajak | 2023-06-06 16:47:29 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Pernahkan Sobat mendapatkan pengalaman berbelanja yang kurang memuaskan sehingga merasa kecewa dan tidak ingin membeli produk di toko tersebut lagi. Sobat pasti juga pernah bukan mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan, sehingga Sobat merasa puas ketika berbelanja. Hal tersebut masuk kedalam strategi bisnis, yang disebut customer experience.

 

Apa Itu Customer Experience

Customer experience adalah pengalaman yang dilalui oleh pelanggan saat berinteraksi dengan bisnis Sobat. Bisa dikatakan, bahwa semua cara berbisnis bisa menciptakan customer experience, dimulai dari proses pembelian, durasi pengiriman, respon cepat kepada pelanggan, sambutan ramah pada pelanggan ketika mengunjungi toko online atau offline, pengemasan barang hingga iklan yang Sobat buat. Berbagai tahapan tersebut harus bisa Sobat lakukan dengan baik agar memberikan kesan yang baik juga terhadap pelanggan. Jika Sobat berhasil dalam hal – hal tersebut, maka Sobat sudah berhasil memberikan customer experience yang optimal bagi para pelanggan.

 

Hmmm kalau begitu sama saja dong dengan customer service?

Tentu berbeda ya! Customer experience memiliki cakupan yang berbeda dengan customer service. Dimana customer service lebih berfokus pada pengalaman pelanggan disaat dibutuhkan dan menerima bantuan dari Sobat. Seperti menjawab pertanyaan melalui live chat, komplain akan produk hingga permintaan refund dan sebagainya.

 

Pentingnya Customer Experience Untuk Bisnis

Mungkin Sobat sudah sering mendengar bahwa pembeli adalah raja. Dalam melayani para pelanggan, Sobat harus bisa memberikan pelayanan terbaik karena pelanggan adalah pusat perhatian dari setiap proses bisnis Sobat. Peran konsumen dalam bisnis Sobat sangat besar, karena faktanya para pelanggan yang merasa puas bisa memberikan pemasukan lebih banyak. Terlebih lagi, para pelanggan cenderung akan membaca ulasan produk dari pelanggan lain untuk mengetahui customer experience yang didapatkan.

Jadi tidak bisa dipungkiri, kebahagiaan pelanggan sangat penting untuk kelancaran bisnis Sobat lho!

 

Strategi Meningkatkan Customer experience

Nah, untuk dapat memberikan pengalaman terbaik terhadap pelanggan, Sobat bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Bangun Obsesi Terhadap Pelanggan

Menomorsatukan pelanggan sudah menjadi hal wajib bagi para pelaku usaha. Dengan berfokus terhadap pelanggan, maka akan mendatangkan keuntungan bagi Sobat. Faktanya, bisnis yang mengutamakan pelanggan terbukti berhasil menghasilkan profit yang lebih baik kok.

Maka itu, jadikanlah kepuasan pelanggan menjadi faktor utama dalam setiap pengambilan keputusan Sobat ya! Dan, jika Sobat memiliki karyawan, maka pastikan bahwa karyawan tersebut bisa memberikan pelayanan yang terbaik, karena customer experience yang baik diawali dari bisnis internal Sobat sendiri.

 

  1. Pahami Target Audiens

Sudah menjadi hal pasti bahwa setiap pelaku usaha berkewajiban untuk mengenal para pelanggannya. Begitu juga dengan customer experience, untuk bisa membangun pengalaman pelanggan yang baik tentu nya Sobat harus sudah mengenali para pelanggan Sobat. Seperti, mengetahui berapa rata – rata usia para pelanggan Sobat, platform media sosial apa saja yang dipakai, apa saja hobi nya dan berbagainya.

Jika Sobat masih belum mengenal audiens Sobat, maka Sobat bisa menggunakan buyer persona sebagai alat pengukur. Buyer persona bisa membantu  Sobat untuk menggambarkan profil para pelanggan. Dimana teknik ini bisa membantu Sobat untuk mengenal audiens dengan lebih baik dan tentunya diperlukan riset pasar yang mendalam.

 

  1. Menjalin Hubungan Emosional yang Kuat

Hubungan baik serta kuat dengan pelanggan bisa membantu meningkatkan penjualan lho. Dapat disimpulkan, hubungan emosional yang kuat menjadi  strategi jitu untuk menciptakan customer experience yang optimal. Faktanya, emosi memiliki peran yang besar dalam proses jual beli daripada yang mungkin Sobat pikirkan. Dengan memberikan hal – hal yang dapat membekas di hati pelanggan, Sobat bisa membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Jadi, perlakukanlah pelanggan dengan baik, Sobat bisa mendengarkan curhatan mereka serta menunjukkan empati selayaknya dengan teman.

 

  1. Unique Selling Point (USP)

Keunikan dalam berbisnis tentunya sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan dengan kompetitor. USP bisa menjadi pendorong untuk para pelanggan dalam melakukan pembelian terhadap bisnis Sobat dibandingkan kompetitor.

Untuk membangun customer experience, Sobat bisa menciptakan USP yang berfokus terhadap kepuasan pelanggan. Jadi tidak melulu mengenai fitur produk. Sebagai contoh, Sobat menjual produk untuk kebutuhan bayi. Sobat bisa juga memberikan diskon atau produk bundling setiap hari minggunya.

 

Sekarang, Sobat sudah lebih mengerti bukan mengenai customer experience? Dapat disimpulkan, konsumen merupakan pusat perhatian bagi setiap proses bisnis Sobat. Maka itu, penting sekali bagi Sobat untuk memberikan pengalaman yang menyeluruh bagi setiap konsumen.

 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found