Ketahui Strategi dalam Menerapkan Diskon

Johan Budi | 2022-02-11 10:47:04 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Ketika usaha kecil mencari cara untuk menggerakkan angka penjualan mereka, salah satu pendekatan yang paling umum mereka ambil adalah menawarkan diskon. Diskon dapat diartikan sebagai pengurangan harga langsung terhadap produk tertentu sehingga meningkatkan minat beli masyarakat, yang pada akhirnya mempengaruhi keputusan pembelian.

Agar strategi diskon berjalan lancar, maka dibutuhkan perencanaan dan perhitungan yang baik. Karena apabila salah penanganan maka bisa jadi strategi diskon ini malah berakhir merusak brand atau memotong keuntungan usaha.

Strategi Menerapkan Diskon

Berikut beberapa strategi diskon yang perlu dipahami dan ditempuh sebelum menerapkannya pada bisnis Sobat:

  • Menerapkan Strategi Impulse Buying

Impulse Buying merupakan mengubah daya tarik konsumen yang awalnya tidak berniat untuk membeli menjadi membeli. Menurut statistik, 88% motivasi melakukan impulse buying adalah karena barang tersebut sedang diskon. Sobat bisa menerapkan impulse buying ini dengan meningkatkan visibilitas dari produk yang didiskon. Cara ini bisa ditempuh dengan memajang produk tersebut di bagian depan atau di media sosial, dengan membuat konten khusus barang yang didiskon. Dengan begitu, konsumen bisa saja berubah pikiran karena dirasa barang tersebut sedang didiskon atau memang sedang dibutuhkan oleh pembeli.

  • Penentuan Besar Persentase Diskon

Penentuan besar diskon ini menjadi hal yang krusial karena hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan tanpa adanya perhitungan. Pengusaha harus mempertimbangkan agar produk yang dijual tetap mendapatkan keuntungan. Contohnya, beberapa usaha menerapkan diskon yang besar pada produk-produk lama yang tidak laku agar tidak menumpuk di gudang.

  • Penentuan Syarat dan Ketentuan yang Jelas dan Mudah Dimengerti

Syarat dan ketentuan yang diterapkan harus jelas dan tidak membuat konsumen bingung. Tentunya hal ini agar mempermudah konsumen dan bisa meningkatkan penjualan dari penjual. Oleh karena itu sebaiknya tidak membuat syarat dan ketentuan yang terlalu rumit. Dengan syarat yang terlalu rumit tentu saja konsumen akan sulit untuk memenuhinya. Hal ini akan mengakibatkan konsumen enggan mengikuti program diskon yang Sobat tawarkan.

  • Terapkan Durasi Diskon

Agar pembeli ingin membeli produk Sobat, maka Sobat perlu menerapkan durasi hingga kapan diskon tersebut berlaku. Dengan adanya batasan waktu, tentunya konsumen akan merasa khawatir jika sampai kehilangan kesempatan mendapatkan diskon yang Sobat tawarkan. Durasi penukaran diskon juga perlu dibuat dengan pertimbangan. Jangan sampai terlalu lama, namun jangan terlalu pendek juga. Untuk diskon yang cukup besar, Sobat bisa memilih durasi yang cukup pendek. Sementara untuk diskon yang kecil bisa diberikan dengan durasi yang lebih lama.

  • Melakukan Promosi

Agar diskon yang diterapkan dapat dilihat oleh orang-orang, maka tentunya perlu upaya promosi atau pemberitahuan kepada orang-orang. Penting untuk melakukan promosi setelah menerapkan diskon agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Sobat bisa memanfaatkan media sosial dan media-media lainnya yang kiranya sering dijangkau oleh konsumen. Sobat juga bisa membuat konsumen itu sendiri yang melakukan promosi dengan cara mengajak teman-temannya atau membagikan pengalamannya melalui media sosial. Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang mengetahui media sosial usaha Sobat serta meramaikannya.

  • Diskon pada hari besar

Hari besar atau hari libur nasional menjadi momen yang baik untuk menerapkan diskon khusus. Pada hari besar, arus kunjungan ke website, marketplace maupun media sosial toko online cenderung meningkat karena banyaknya waktu luang yang dihabiskan calon pembeli untuk browsing via handphone. Pelaku bisnis biasanya memanfaatkan momentum ini untuk melakukan beragam promosi yang dapat menarik calon pembeli untuk berbelanja.

Itulah beberapa strategi diskon yang perlu Sobat ketahui. Perlu diingat, bahwa harus ada perhitungan yang matang agar diskon yang diberikan tidak menimbulkan kerugian pada bisnis Sobat.

 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.  

Article is not found
Article is not found