Pasarkan Produk di Marketplace Dengan Teknik Ini!

Sobat Pajak | 2023-26-05 17:09:00 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Tahukah Sobat? Pada 2022 lalu, Indonesia telah dinyatakan sebagai negara dengan angka belanja digital terbesar di dunia setelah Brazil dan India. Data tersebut diambil dari laporan riset “The state of e-commerce app marketing 2022”.  

Hal tersebut juga didukung dari kenaikan jumlah pemasangan aplikasi ponsel android yang naik hingga 70% dari Januari 2020 hingga Juli 2022. Dipengaruhi dengan pandemi, dimana masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu nya dirumah mendorong peningkatan pengguna marketplace. 

Saat ini, marketplace pun telah menjadi platform yang sangat efektif untuk memperluas jangkauan bisnis dan memiliki kekuatan untuk meraih calon pelanggan potensial di seluruh dunia.  

 

Tips Memasarkan Produk di Marketplace 

Tentunya sebagai pelaku usaha, tidak akan menyia-nyiakan peluang satu ini dong! Maka itu pada artikel ini, akan dibahas mengenai tips – tips yang bisa membantu Sobat dalam mengoptimalkan bisnis online Sobat pada marketplace. Disimak sampai akhir ya!  

  • Gunakan Marketplace yang Sesuai 

Sebagai permulaan, Sobat harus memilih platform yang tepat dan sesuai dengan produk yang akan Sobat tawarkan dan jual kepada calon konsumen. Identifikasilah marketplace yang relevan dengan produk Sobat. Sobat bisa lakukan analisis mendalam mengenai kebijakan, target audiens hingga biaya yang diperlukan dari masing – masing marketplace 

Pastikanlah marketplace yang Sobat pilih memiliki reputasi yang baik karena akan mempengaruhi bisnis Sobat kedepannya. Sobat juga bisa memilih marketplace yang memiliki basis pelanggan yang luas agar jangkauan audiens yang bisa Sobat jangkau pun akan jauh lebih luas. Pastikan juga fitur yang disediakan bisa mendukung bisnis online Sobat.  

  • Profil dan Penampilan Produk Harus Optimal 

Profil bisnis berperan besar terhadap bisnis Sobat. Nyatanya, profil bisnis seringkali dijadikan sebagai representasi merek Sobat, baik di sosial media maupun marketplace. Maka itu, penting untuk membuat profil yang menarik dan profesional.  

Berikan informasi yang relevan mengenai bisnis Sobat, dimana memuat visi misi hingga nilai – nilai bisnis Sobat. Perhatikanlah deskripsi produk agar lebih jelas dan persuasif dengan menunjukkan manfaat dan keunikan produk Sobat.  

Gunakanlah gambar produk yang berkualitas dan menarik karena dapat mempengaruhi perhatian calon pembeli. Selalu pastikan deskripsi dan judul produk Sobat mengandung kata kunci yang relevan dan bisa meningkatkan visibilitas produk Sobat dalam hasil pencarian.  

  • Harga yang Kompetitif 

Dalam marketplace, seringkali terjadi perang harga antara penjual sehingga riset harga menjadi kegiatan yang wajib dilakukan para pelaku usaha. Pastikan Sobat menawarkan harga yang kompetitif dan menarik bagi calon pembeli, akan tetapi perlu diperhatikan bahwa Sobat tetap mendapatkan keuntungan yang sesuai.  

Sobat bisa mencoba menerapkan strategi penawaran spesial seperti diskon, bundle, cashback untuk meningkatkan daya tarik produk dan mendorong konversi Sobat.  

  • Promosi yang Efektif 

Jangan sia – siakan fitur iklan berbayar yang sudah disediakan oleh marketplace. Fitur tersebut merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam meningkatkan eksposur produk Sobat kepada calon pelanggan. Pastikan target pasar yang dituju sudah sesuai dengan produk – produk Sobat agar mendapatkan hasil iklan yang optimal. Tidak hanya itu, manfaatkan juga fitur penawaran spesial atau rekomendasi produk agar dapat meningkatkan visibilitas produk Sobat di halaman utama atau hasil pencarian marketplace 

Selain promosi yang berbayar, Sobat juga perlu membangun reputasi brand Sobat melalui konten yang menarik serta interaktif. Sobat juga harus bisa berinteraksi dengan calon pembeli yang bisa dilakukan dengan melalui komentar, ulasan produk hingga tanggapan yang profesional.  

  • Pelayanan yang Prima 

Pelayanan pelanggan yang berkualitas akan membantu Sobat dalam membangun kepercayaan pelanggan dan mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan yang positif. Pastikan Sobat memberikan respon cepat dan profesional terhadap keluhan maupun pertanyaan yang diajukan pelanggan.  

Berikan informasi yang jelas dan lengkap terhadap produk. Sobat harus bisa fokus terhadap kepuasan pelanggan dengan memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan bisa memenuhi harapan para pelanggan. 

Pelayanan yang prima akan membantu Sobat dalam mendapatkan reputasi baik serta meningkatkan loyalitas pelanggan, dimana nantinya akan mendorong para pelanggan untuk memberikan ulasan yang baik.  

  • Evaluasi Kinerja Produk 

Jangan skip bagian ini, karena dengan mengevaluasi Sobat bisa mendapatkan pengetahuan lebih yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis Sobat. Seperti memahami tren, preferensi hingga kebutuhan pelanggan. Sobat bisa menggunakan fitur analitik yang disediakan oleh marketplace untuk melacak kinerja produk Sobat. Informasi yang didapat nanti dapat Sobat gunakan sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan hasil penjualan di marketplace 

 

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, Sobat bisa meningkatkan penjualan hingga exposure sehingga dapat mendukung keberhasilan bisnis Sobat di marketplace 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found