Tips Berjualan melalui Marketplace

3 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Seiring berkembangnya zaman, masyarakat semakin dimudahkan ketika ingin membeli barang yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. Salah satu inovasi yang muncul adalah marketplace. Marketplace ini menjadi jembatan antara penjual dan pembeli ketika ingin melakukan transaksi tanpa harus bertatap muka secara lansung. Hal ini tentunya tidak hanya menguntungkan pihak pembeli saja, namun juga pihak penjual. Dengan adanya marketplace ini, penjual bisa meraup penjualan yang jauh lebih banyak karena dengan marketplace mereka bisa mencakup target pasar yang berasal dari daerah lain juga.

Saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk berbelanja di marketplace karena banyaknya promo. Selain itu, pilihan produknya juga cenderung lebih beragam. Ditambah lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk buat toko online dan berjualan di marketplace. Hal ini membuat banyak pebisnis, mulai dari bisnis kecil hingga brand-brand besar, semuanya masuk ke platform marketplace.

Tips Berjualan di Marketplace

Namun, dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan, jumlah toko di marketplace juga sangat banyak, sehingga persaingan di marketplace bisa terbilang sangat ketat. Untuk memenangkan persaingan, toko Anda harus lebih menonjol daripada pesaingmu. Calon pelanggan tentu akan tertarik dengan penampilan produk yang menarik. Oleh karena itu, berikut tips – tips untuk berjualan di marketplace:

  • Memilih marketplace yang terkenal

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memulai menjual melalui marketplace adalah memilih marketplace yang sudah ternama dan terpercaya kredibilitasnya. Nama besar yang dimiliki marketplace membuat pelanggan lebih percaya kepada penjual yang ada di dalamnya.

Selain itu, Anda juga bisa membuka toko tidak hanya di satu marketplace saja. Saat ini, sudah banyak sekali pilihan marketplace yang tersedia. Jangan berfokus hanya kepada satu marketplace. Usahakan toko online Anda ada di setiap marketplace sehingga orang mudah menemukannya.

  • Memaksimalkan media sosial atau website

Walau berjualan di marketplace, media sosial dan website tetap juga memiliki peran penting. Website dan media social berguna sebagai pengukung ketika anda berjualan di marketplace. Kedua platform ini akan membuat toko Anda lebih dikenal oleh masyarakat luas. Website dan media sosial sangat efektif untuk melakukan branding. Melalui media sosial atau website, Anda akan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dari konten-konten yang Anda bagikan di sana.

  • Menjual produk yang berkualitas

Agar produk bisa laku di pasaran, tentunya harus menjual produk yang bisa memenuhi kebutuhan target pasar yang dituju. Produk yang dijual harus selalu memperhatikan kualitas yang ada agar bisa memuaskan hati para pelanggan dan mereka mau untuk berbelanja kembali di toko Anda. Jangan menjual produk palsu dan memiliki kualitas yang abal-abal karena hal ini tentunya akan membuat mereka kesal dan merasa tertipu karena produk yang dibeli tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

  • Menggunakan foto yang menarik

Dalam marketplace, hal pertama yang pelanggan lihat ketika mencari barang yang diinginkan adalah foto produk. Foto produk yang menarik tentunya membuat pelanggan penasaran dan mencari tahu produk tersebut, walaupun pada akhirnya tidak membeli, paling tidak bisa meningkatkan traffic dari produk tersebut.

  • Memberikan deskripsi produk yang jelas dan detail

Dalam membeli produk, seorang pelanggan pastiya memiliki banyak pertimbangan. Karena itulah, mereka juga seringkali mengecek bagian deskripsi produk sebelum memutuskan. Selain melihat foto produk dan testimoni, deskripsi produk yang lengkap dan detail sangat penting untuk Anda perhatikan.Usahakan untuk mencantumkan informasi penting mengenai produk yang dijual dengan jelas, mulai dari spesifikasi, warna, ukuran, sampai cara menggunakannya bila perlu. Hal ini agar lebih menyakinkan pelanggan dan tidak membuat pelanggan merasa dirugikan.

  • Memberikan pelayanan yang baik

Pengusaha tidak hanya memperhatikan kualitas barang dari yang mereka jual, namun juga pelayanan yang diberikan. Konsumen yang merasa senang dengan pelayanan dan barang yang didapat tidak akan membuat mereka ragu untuk melakukan pembelian berulang lagi. Usahakan selalu aktif dalam membalas pertanyaan para pelanggan dan juga usahakan untuk langsung melakukan pengiriman ketika mendapat pesanan dari pelanggan. Hal ini agar tidak membuat para pelanggan menunggu.

  • Harga yang terjangkau

Salah satu alasan orang-orang berbelanja melalui marketplace adalah harga produk yang cenderung terjangkau. Di marketplace, orang bisa dengan mudah membandingkan harga produk di satu toko dengan di toko lainnya. Alangkah baiknya melakukan penetaapan harga dengan melakukan riset harga di pasaran terlebih dahulu. Dengan begitu, harga produk Anda bisa bersaing dengan toko-toko lainnya.

  • Manfaatkan fitur-fitur marketplace yang ada

Marketplace juga menyediakan banyak fitur untuk berpromosi agar penjualan bisa meningkat. Salah satu fitur yang ditawarkan, seperti fitu Star Seller, Premium Seller, atau Power Merchant. Biasanya toko yang memiliki status ini akan lebih diutamakan oleh marketplace dan jauh lebih dipercaya masyarakat.

Berjualan di marketplace bisa dilakukan oleh siapa saja. Peluang ini tidak dibatasi oleh usia, gender, ataupun tingkat pendidikan. Sehingga, kesempatan bisnis ini tidak bisa disia – siakan begitu saja. Yang terpenting adalah memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang baik kepada pelanggan agar pelanggan merasa puas dengan produk tersebut.

Article is not found
Article is not found