Ini Dia Cara Menjaga Loyalitas Pelanggan Terhadap Usahamu

Sobat Pajak | 2022-14-11 14:36:57 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sudah menjadi kewajiban pelaku usaha dalam menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Hubungan yang baik antara penjual dan pembeli merupakan aset terpenting dalam keberlangsungan kegiatan usaha, khususnya bagi pelaku usaha UMKM.

Seperti yang kita ketahui bahwa media promosi yang utama adalah ulasan yang diberikan oleh pelanggan. Hubungan baik yang terjalin antara penjual dan pembeli tentunya akan membuat pelanggan merasa puas dan dapat menumbuhkan rasa kepercayaan satu dengan lainnya. Perasaan seperti itu akan menjadi kepuasan bagi setiap pembeli, yang nantinya tanpa sadar mereka akan melakukan repeat order.

Sementara itu, apabila pembeli tidak merasa puas dengan produk yang dibeli, maka besar kemungkinan kerugian akan datang menghampiri usaha anda, terlebih bagi pelaku usaha UMKM. Menjaga loyalitas pelanggan bukanlah hanya kebutuhan semata, namun itu sudah menjadi keharusan bagi pelaku usaha.

Pelanggan yang loyal merupakan pelanggan yang paling potensial untuk terus membeli atau menggunakan apa yang pelaku usaha jual, sehingga hal ini dapat diartikan sebagai sumber pendapatan pasti yang wajib dijaga dan di pertahankan. Loyalitas pelanggan pun dapat bisa menjadi strategi marketing bagi pelaku usaha UMKM untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dari ulasan ataupun rekomendasi yang mereka lakukan.

Sangat menguntungkan bukan? Oleh karena itu, kali ini Sobat Pajak akan memberikan beberapa cara untuk menjaga loyalitas pelanggan terhadap usahamu.

  • Menjaga Kualitas Pelayanan

Hal ini merupakan salah satu bagian terpenting bagi pelaku usaha dalam merintis usahanya dan membangun kepercayaan pelanggan. Dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik, tentunya akan memberikan kesan yang baik juga bagi seorang konsumen yang nantinya akan menumbuhkan rasa kepercayaan dan kepuasan terhadap produk anda.

  • Memberikan Penawaran Khusus Pada Pelanggan Potensial

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa pelanggan potensial dapat menjadi sumber pendapatan pasti yang wajib dijaga dan dipertahankan oleh pelaku usaha. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk memberikan mereka diskon khusus hingga bonus penawaran lainnya.

  • Melakukan Riset Berkala Terkait Kebutuhan Konsumen

Sebagai pelaku usaha dalam menyediakan sebuah produk atau jasa, sudah menjadi kewajiban Anda mempelajari dan mengetahui kebutuhan konsumen atau target pasar Anda. Pelanggan tidak akan berhenti bertransaksi apabila usaha Anda menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sebagai contoh, untuk produk fashion, pelaku usaha harus mengerti dan mengikuti tren yang ada.

  • Cepat Tanggap dan Ramah

Sebagus apapun produk atau jasa yang anda jual tidak akan ada harganya apabila pelayanan yang anda berikan tidak cepat tanggap dan tidak ramah. Prioritas utama setiap pelaku usaha adalah pembelinya. Dengan memberikan pelayanan yang baik tentunya konsumen akan merasa didengar dan diperhatikan. Hal ini bisa menjadi nilai plus bagi pelaku usaha dalam mengutamakan kepedulian dan empatinya terhadap keadaan serta kebutuhan pelanggannya.

  • Melakukan Follow Up Setelah Penjualan

Setelah berhasil menjual produk atau jasa kepada pelanggan, jangan berhenti untuk menghubungi mereka. Kepekaan itu akan memberikan nilai plus bagi usaha nda. Dengan begitu feedback yang dipeoleh dapat dirasakan oleh kedua belah pihak. Dimana penjual merasa terbantu dalam proses pengembangan produk dan konsumen akan merasa diperhatikan dan didengar atas saran ataupun kritik yang disampaikan. Dengan cara aAnda bisa tetap menjaga loyalitas dan kepuasan pelanggan.

Article is not found
Article is not found