Maksimalkan Penjualan Sobat dengan Iklan Online

Sobat Pajak | 2023-14-03 16:46:48 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Iklan merupakan upaya perusahaan untuk mempromosikan, mengingatkan, serta membujuk konsumen agar memiliki minat untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaan. Proses pengiklanan dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti koran, televisi, radio, majalah, surat langsung, luar ruang dan internet.

 

Iklan seperti apa yang dapat merangsang keinginan membeli konsumen?

Berikut adalah beberapa kriteria iklan yang mampu menguatkan atau merangsang keinginan membeli konsumen, seperti:

1. Attention (Iklan harus memiliki daya tarik tersendiri)

Iklan yang berhasil adalah sebuah iklan yang dapat memenangkan perhatian, memecahkan perhatian dengan penempatan pada posisi yang tepat.

2. Interest (Iklan mengandung perhatian dan minat)

Rasa tertarik dapat dihasilkan dengan mengatur pewarnaan, gambar, atau salinan iklan yang menarik, serta dalam hal penampilan dan penyusunan kalimat.

3. Desire (Iklan harus memunculkan keinginan untuk memiliki)

Konsumen harus didorong untuk menginginkan produk /jasa yang diiklankan.

4. Conviction (Iklan harus menimbulkan keyakinan terhadap produk) 

Konsumen memerlukan data-data dan fakta-fakta yang meyakinkan, bukti-bukti dari penampilan, kesaksian dan fakta lainnya yang berkaitan dengan produk atau jasa  yang diiklankan.

5. Action (Mengarah tindakan untuk membeli)

Iklan biasanya membutuhkan pendekatan dan perangkat tertentu untuk membuat pembaca melakukan pembelian.

 

Jenis-Jenis Iklan Online

Iklan online dapat dibagi menjadi 4, yaitu sebagai berikut:

1. Iklan Text

Jenis iklan ini adalah iklan yang ditampilkan berupa teks saja, contohnya iklan tautan (link). Jenis iklan ini lebih difokuskan pada penulisan alamat link iklan dan keterangan singkat dari iklan tersebut. 

2. Iklan Kontekstual 

Program iklan jenis ini bertopang terhadap teknologi yang dapat mencari pelanggan berdasarkan kata kunci (keyword) yang mereka ketikan di kotak pencarian. Iklan kontekstual (Contextual Advertising) mempunyai sistem membaca teks yang diinput dari kata kunci (keyword) seseorang yang masuk ke situs web lalu akan menyajikan pesan-pesan iklan yang relevan dengan yang dibaca oleh pengunjung.

3. Iklan Display

Merupakan iklan yang ditampilkan dengan kombinasi antara teks, gambar, dan animasi, tetapi tidak interaktif dan setiap tampilan iklan memiliki ukuran yang telah diatur. Terdapat beberapa jenis tampilan iklan, yaitu sebagai berikut:

  1. Pop-up dan pop-under, iklan pop-up akan muncul di depan jendela aktif. Untuk sebagian orang, iklan ini dianggap sangat mengganggu, maka dari itu, pada browser terdapat pilihan untuk memblok iklan banner jenis ini.
  2. Floating advert, iklan ini terdapat pada lapisan atas konten, akan tetapi tidak pada jendela terpisah. Umumnya, pengguna dapat menutup iklan ini. 

 

Cara Memasarkan Iklan secara Online

Pemasaran digital adalah semua upaya yang dilakukan dalam bidang pemasaran menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet dan beragam strategi serta media digital, yang tujuannya agar dapat berkomunikasi dengan calon konsumen. Beragam akses digital pemasaran (marketing) yang dapat Sobat coba, yaitu Website, Media Sosial, Interactive Audio Video (YouTube, Video), Display Ads, dalan lain sebagainya.

Iklan online dapat memanfaatkan bermacam-macam platform seperti:

1. Media sosial (Social Media), dengan memanfaatkan media sosial sebagai media memasang iklan. Mengingat banyaknya pengguna media sosial di seluruh dunia merupakan suatu keuntungan yang dapat dimanfaatkan. Sobat bisa melakukan pengembangan pasar secara tepat dan cepat melalui media sosial. Berikut ini adalah contoh media sosial yang sangat disarankan untuk melakukan pengiklanan:

  • Facebook
  • Instagram
  • TikTok
  • Youtube

2. Mesin pencarian (search engine),  merupakan iklan yang disediakan oleh mesin pencarian yang digunakan sebagai media pemasaran. Contohnya Google yang menggunakan Google Ads.

3. Forum dan website, merupakan iklan yang menggunakan forum dan website sebagai media pemasaran. Sobat dapat memilih ingin menggunakan forum atau website yang sesuai dengan produk ataupun jasa yang Sobat tawarkan.

 

Dari sekian banyaknya platform yang dapat digunakan untuk iklan online, kira-kira Sobat sudah pakai yang mana nih?

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

 

Article is not found
Article is not found