Memahami Proses Bisnis

4 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Proses bisnis merupakan serangkaian tugas dan aktivitas yang terstruktur dan saling terkait satu dengan lainnya agar bisa dihasilkan suatu produk atau layanan untuk meraih tujuan tertentu. Proses bisnis tersebut memiliki fungsi untuk membantu dalam mencapai beragam tujuan dari organisasi itu sendiri yang telah ditentukan sebelumnya. Aktivitas tersebut akan diatur sedemikian rupa sehingga bisa mewujudkan tujuan usaha secara nyata. Dalam sebuah perusahaan atau organisasi, proses tersebut akan dibagi ke dalam beberapa sub proses, dengan aktivitas berbeda-beda di tiap bagiannya.

Jenis-Jenis Proses Bisnis

Proses bisnis yang umum dilakukan oleh organisasi ataupun perusahaan terdiri dari 3 jenis, yaitu sebagai berikut:

  1. Proses Utama (Primer)

Proses ini merupakan kegiatan inti dari operasional perusahaan yang berkaitan dengan aliran nilai utama dalam usaha. Ada tiga fase dalam proses ini, diantaranya:

  • Produksi
  • Pemasaran Produk
  • Pelayanan kepada konsumen

Jika suatu oragnisasi atau perusahaan sudah menerapkan ketiga fase tersebur, maka sudah termasuk ke dalam kategori proses primer.

  1. Proses Dukugan (Sekunder)

Proses sekunder merupakan proses pendukung yang ikut memberikan kontribusi pada operasional bisnis dan perusahaan sehari-hari. Bisa diartikan juga bahwa proses sekunder merupakan aktivitas yang sifatnya mendukung dimana tujuannya adalah untuk memastikan bahwa bisnis akan terus berjalan sebagaimana mestinya dengan sebaik mungkin, misalnya divisi HRD selain bekerja untuk mendukung pemilik usaha dalam menghasilkan keuntungan HRD juga bertugas memastikan semua karyawan sudah sesuai dengan kualifikasi dan bagiannya serta bekerja sesuai SOP dan tugasnya masing-masing. Contoh lainnya, petugas cleaning service yang memiliki peran untuk tetap menjaga kebersihan tempat kerja.

  1. Proses Managemen

Proses Managemen meliputi beberapa tahapan yaitu perencanaan, pengawasan dan pemantauan. Proses manajemen ini mengatur tentang kegiatan, tata kelola perusahaan serta manajemen secara strategis sehingga proses bisnis bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Manfaat Proses Bisnis

Proses bisnis memainkan peran penting dalam organisasi dan strukturnya. Proses yang terencana dan tepat akan membantu usaha berkembang. Berikut beberapa manfaat dari proses bisnis:

  • Mencegah terjadinya kesalahan dalam pekerjaan

Proses bisnis yang jelas membuat perusahaan menjadi lebih mudah untuk mengetahui kesalahan yang telah dilakukan di dalam kegiatan bisnisnya tersebut sehingga solusi yang tepat bisa segera ditemukan dan dilakukan. Selain itu, proses bisnis bisa meminimalisir kemungkinan human error karena semua karyawan telah melakukan pekerjaan sesuai dengan keahlian dan kualifikasinya.

  • Manajemen waktu yang lebih baik

Proses bisnis yang tersusun dengan baik dan benar bisa meningkatkan efisiensi waktu dengan mengembangkan strategi dan meminimalkan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas tertentu.

  • Meningkatkan efisiensi

Proses bisnis yang terancang secara baik dan efektif bisa membantu meningkatkan produktivitas dengan mememetakan hal yang harus dilakukan dan meningkatkan efisiensi biaya, waktu, dan tenaga.

  • Fokus pada Kebutuhan Pelanggan

Proses bisnis yang baik adalah proses bisnis yang mengutamakan kebutuhan pelanggan. Memenuhi kebutuhan pelanggan adalah hal yang krusial karena keuntungan sebuah bisnis didapatkan dari hasil penjualan barang ataupun jasa kepada pelanggan.

Proses bisnis merupakan bagian penting dalam sebuah usaha sebelum mencapai tujuannya. Oleh karena itu, diperlukan pelaksanaan proses bisnis dengan tahapan yang tepat agar bisa memperoleh manfaatnya dengan maksimal dan memastikan perusahaan dapat bertahan bahkan terus berkembang.

Article is not found
Article is not found