Ternyata Kemasan Produk Jadi Faktor Pendorong Kesuksesan Bisnis!

Sobat Pajak | 2023-05-05 16:57:58 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Coba bayangkan Sobat berada di supermarket dan hendak membeli sebuah barang tapi merasa bingung harus memilih dari merek yang mana. Sobat tentu nya akan memilih produk dengan kemasan yang lebih terlihat menarik dan berkualitas bukan?  

Daya tarik sebuah produk akan terpancar pertama kali melalui kemasan produk tersebut. Packaging atau kemasan produk dapat menjadi pemicu utama yang akan dihadapi oleh para calon konsumen. Maka itu, kemasan produk harus bisa memberikan pengaruh terhadap calon konsumen sehingga dapat menimbulkan respon positif calon konsumen, yaitu dengan membeli produk.  Jadi, selain berguna sebagai tempat untuk menyimpan produk, packaging dapat membantu dalam menguatkan identitas merek. Sehingga secara tidak langsung, kemasan produk bisa menjadi daya jual produk sebelum calon konsumen mencoba produk tersebut. Hal ini bisa dijadikan sebagai strategi juga lho untuk bersaing dalam pasar persaingan yang sengit.  

Itulah mengapa banyak pelaku usaha yang sangat memperhatikan kemasan produk nya. Khususnya untuk produk – produk yang sangat banyak ditemukan di pasaran sehingga membutuhkan pembeda dengan produk lainnya.   

 

Kunci Utama Dalam Membuat Kemasan Produk 

Dikutip dari jurnal.id, kemasan produk yang baik harus terlihat sederhana tapi tetap fungsional dan dapat menimbulkan respon emosional positif yang dapat secara natural dapat mengajak calon konsumen untuk melakukan pembelian.  

Menurut penelitian, dari semua kegiatan pengindraan manusia, sebesar 80% (delapan puluh persen) merupakan indera penglihatan atau kasat mata (visual). Maka itu, kemasan produk harus bisa menarik perhatian calon konsumen secara visual, emosional dan rasional. Kemasan yang bagus dapat memberikan nilai tambah terhadap produk yang dikemasnya. 

Dalam membuat sebuah kemasan produk, terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan, seperti: 

  • Keamanan

Kemasan sebuah produk harus dapat melindungi produk dari segala hal yang dapat menyebabkan timbulnya kerusakan pada produk tersebut. 

  • Komunikasi 

Kemasan produk harus bisa mencerminkan produk itu sendiri. Selain itu, kemasan produk juga harus bisa menerangkan citra dari suatu merek. Kemasan harus bisa memberikan kejelasan dan kemudahan untuk para calon konsumen, seperti mudah dilihat, dipahami serta diingat. 

  • Estetika 

Seperti pembahasan diatas sebelum nya, kemasan yang memiliki estetika yang menarik dapat mencapai mutu daya tarik visual secara maksimal.  

  • Lingkungan 

Saat ini masyarakat sudah lebih memikirkan kelangsungan kelestarian lingkungan, sehingga kemasan yang menggunakan bahan ramah lingkungan akan menjadi nilai tambah untuk suatu produk. Seperti, dapat didaur ulang hingga digunakan kembali.  

 

Tips Membuat Kemasan Produk  

Berikut tips untuk membuat kemasan produk yang menarik sehingga dapat memenangkan persaingan.  

  • Desain yang Sederhana

Buatlah desain kemasan yang simpel tapi tetap dapat menarik perhatian. Sobat juga bisa membuat desain kemasan yang memudahkan para konsumen, seperti mudah untuk dibawa dan juga mudah untuk dikonsumsi para konsumen. Jangan membuat desain yang terlalu rumit karena dapat membingungkan para konsumen nantinya. Jadi pastikan walaupun desain nya simpel dan sederhana tapi juga harus tetap menarik.  

  • Warna yang Menarik

Untuk membuat kemasan yang menarik secara visual, maka pemilihan warna sangatlah krusial. Sobat bisa gunakan warna yang sesuai dengan konsep merek atau konsep produk. Jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap kompetitor lalu pilihlah warna – warna yang berbeda. Sedikit tips, warna yang cerah bisa menjadi pilihan yang tepat karena memberikan kesan yang mencolok sehingga mudah ditemukan atau dibedakan dengan kompetitor.  

  • Bahan Kemasan yang Berbeda

Untuk para UMKM, mungkin akan kesulitan membuat kemasan yang bagus karena faktor modal yang tidak besar. Tapi tenang saja, dengan modal minim Sobat tetap bisa membuat kemasan yang memberikan kesan unik dan berbeda kok! Sobat bisa mencoba untuk menggunakan bahan kemasan dari kertas – kertas daur ulang atau bahan daur ulang lainnya. Tapi, tetap pastikan bahwa bahan tersebut aman ya untuk digunakan.  

Kemasan daur ulang biasa nya memiliki harga yang lebih terjangkau sehingga ramah dikantong. Selain itu, kemasan ramah lingkungan juga memiliki kesan unik tersendiri. Jika budget Sobat terbatas, Sobat juga bisa lho membuat kemasan sendiri dan mencetaknya di toko cetak terdekat.  

  •  Informasi Lengkap

Jika informasi mengenai produk tercantum lengkap pada kemasan, maka hal tersebut bisa menjadi hal positif bagi Sobat. Cantumkan informasi yang lengkap tetapi singkat. Sobat juga bisa gunakan font huruf yang unik sehingga konsumen lebih tertarik untuk membanca informasi tersebut.  Selain itu, cantumkan juga data legalitas dari lembaga – lembaga pemerintahan yang berwenang, agar produk Sobat lebih terjamin.  

 

Packaging atau kemasan produk sangat berpengaruh dalam kesuksesan bisnis. Jadi, jangan bimbang untuk berinvestasi pada kemasan produk ya! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found