Pentingnya Kemasan Produk untuk Usaha

Johan Budi | 2022-27-06 17:23:57 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Packaging atau kemasan menjadi salah satu unsur penting dalam berusaha. Packaging adalah kemasan atau material yang berfungsi untuk melindungi produk dari benda asing supaya tidak mengotori dan tidak merusak barang di dalamnya.

Namun, masih ada beberapa pengusaha yang menyepelekan fungsi dari kemasan ini. Padahal kemasan produk sangat berpengaruh dalam jalannya bisnis, apalagi kemasan ini dapat berguna untuk menarik perhatian konsumen.

Alasan Kenapa Pengusaha harus Memperhatikan Kemasan Produk

  1. Melindungi Produk

Fungsi utama dari kemasan produk adalah untuk melindungi produk dalam kemasan agar tidak rusak. Kemasan produk berguna sebagai pelindung produk agar produk tidak tergores, rusak, atau basah di tengah pengiriman menuju tempat konsumen. Jika produk memiliki kemasan yang tidak kuat atau mudah rusak, maka besar kemungkinan akan rusak di tengah pengiriman produk.

  1. Menjadi Identitas Produk

Kemasan produk sebaiknya dibuat semenarik mungkin dan berbeda dengan kompetitor usaha lainnya. Kemasan produk menjadi identitas bisnis karena semakin menarik dan unik kemasan yang dimiliki, maka akan mudah bagi konsumen untuk mengingat produk tersebut, bahkan menjadi nilai pembeda dengan produk lain.

  1. Membentuk Kepercayaan Pelanggan

Kemasan produk dibuat untuk melindungi produk. Semakin baik kualitas kemasan yang dibuat, maka semakin percaya konsumen dengan produk tersebut. Dalam bisnis online, konsumen akan puas jika produk yang dipesan sampai dalam keadaan baik. Oleh karena itu, kemasan produk sangat berperan penting melindungi produk di tengah pengiriman. Jika konsumen puas, maka kepercayaan konsumen akan terbangun sendiri.

  1. Alat Mempromosikan Produk

Kemasan produk memuat segala informasi mengenai produk tersebut. Pengusaha bisa memasukkan berbagai informasi mengenai produk di kemasan tersebut, seperti nama produk, logo, alamat, website, dan lain-lain. Informasi-informasi yang termuat di kemasan tersebut bisa dilirik oleh orang-orang disekitar juga. Namun, perlu diingat informasi produk tidak boleh memenuhi desain kemasan karena bisa menjadi tidak menarik.

  1. Meningkatkan Daya Tarik Konsumen

Kemasan yang memiliki bentuk unik dan menarik akan lebih mudah dilirik oleh konsumen. Orang-orang akan lebih ingin mencari tahu produk yang kemasannya menarik dan mempunyai desain yang bagus.

Itulah alasan kenapa pengusaha harus memperhatikan kemasan produk mereka. Jika pengusaha kesiulitan membuat desain produk, mereka bisa menggunakan jasa dari desainer produk yang berpengalaman. Selain itu, dengan membuat kemasan produk yang mengikuti tren pasar, maka akan semakin banyak konsumen yang tertarik. Dengan begitu, penjualan dapat meningkat.

Article is not found
Article is not found