Manfaat Review Pelanggan terhadap Usaha

4 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Review pelanggan dalam bisnis merupakan salah satu hal yang tidak boleh disepelekan, karena memiliki peranan penting bagi kelangsungan suatu bisnis. Berdasarkan laporan perusahaan We Are Social, 89% orang mencari informasi mengenai toko online dan melihat review online sebagai dasar pertimbangan untuk membeli. Dari jumlah tersebut sebanyak 80% pelanggan berubah pikiran untuk tidak membeli ketika ada review buruk mengenai produk tersebut. Dari sini, tentunya sudah terlihat seberapa besar pentingnya review pelanggan terhadap keberlangsungan usaha online.

Manfaat Review Pelanggan

Review produk tidak hanya membuat pelanggan semakin yakin saat berbelanja. Berikut beberapa manfaat review produk untuk toko online:

  • Memberikan kepercayaan kepada calon konsumen

Testimoni pelanggan akan memberi dampak yang besar dalam meningkatkan kepercataan calon konsumen. Melalui review yang diberikan konsumen lain, calon konsumen bisa mengetahui apakah produk yang dijual benar-benar sesuai dengan foto dan deskripsi produk yang ditampilkan. Review dari pembeli ini akan menjadi dasar keputusan bagi calon konsumen untuk membeli atau tidak.

  • Sebagai tolak ukur kepuasaan konsumen

Review dari pelanggan juga berfungsi sebagai tolak ukur kepuasan konsumen terhadap layanan atau produk yang dijual. Dengan mengetahui tingkat kepuasan konsumen, anda bisa mengetahui apakah produk yang dijual sudah memenuhi ekspetasi atau belum.

  • Sebagai bahan evaluasi

Review dari pelanggan juga berguna sebagai bahan evaluasi untuk penjual agar bisa menciptakan produk yang jauh lebih berkualitas dan pelayanan yang jauh lebih baik. Baik itu review positif ataupun negatif, keduanya berguna sebagai evaluasi bagian mana yang harus dipertahankan dan bagian mana yang perlu ditingkatkan lagi. Tanggapan terhadap review pun perlu diperhatikan. Walaupun review yang datang buruk, anda bisa menanggapinya dengan sopan santun dan menjelaskan alasan masalah tersebut terjadi.

  • Berfungsi sebagai sarana pemasaran

Review dari pelanggan juga bisa berguna sebagai iklan yang sedang mempromosikan produk. Pelanggan yang sangat puas terhadap produk yang dibeli tidak akan segan-segan untuk menuliskan review yang panjang lebar dan disertakan foto juga. Penjual juga tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya yang besar untuk promosi, hanya perlu memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang baik. Dengan mengumpulkan ulasan pelanggan dan ditampilkan pada situs web serta media sosial berguna untuk memberi tahu kepada orang-orang bahwa produk yang dijual memang benar berkualitas.

  • Meningkatkan penilaian (rating) toko

Pada beberapa platform marketplace, mereka mentertakan rating untuk toko yang berkisar dari satu sampai lima bintang. Jika review yang didapatkan dari penjualan selalu baik, maka rating toko yang didapat juga semakin tinggi. Efeknya, tingkat kepercayaan pelanggan pun semakin tinggi terhadap toko online tersebut. Tentunya menaikkan rating ini tidak mudah karena dibutuhkan konsistensi dalam memberikan pelayanan dan memberikan produk yang berkualitas.

Itulah beberapa pengaruh review pelanggan terhadap usaha. Selalu pastikan untuk mempersiapkan strategi usaha agar para pembeli mau untuk memberikan penilaian jujur terhadap toko online berbagai aspek, mulai dari pelayanan sampai produk yang dikirimkan.

Article is not found
Article is not found