Apa itu Unique Selling Point?

4 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - USP atau Unique Selling Point merupakan istilah dalam dunia pemasaran yang mengacu pada nilai jual yang berbeda dan lebih unggul dibanding pesaing. Unique Selling Point menjadi konsep yang menunjukkan keunggulan suatu produk atau jasa pada pelanggan jika dibandingkan dengan kompetitor dengan bidang sejenis. USP ini berbentuk banyak hal. Mulai dari kualitas barang, harga barang, bentuk suatu produk, fitur yang diberikan, bahan khusus yang digunakan, dan sebagainya.

Alasan USP Penting untuk Produk

USP ini memiliki manfaat yang berguna bagi para pengusaha, berikut alasan mengapa USP penting dalam usaha:

  • Meningkatkan Penjualan

USP juga mampu meningkatkan penjualan bisnis sebab, nilai jual yang unik bisa meningkatkan kesadaran terhadap produk dan menarik pelanggan-pelanggan baru untuk setidaknya mencoba produk unik tersebut satu kali.

  • Sebagai Branding

Branding merupakan pencitraan agar suatu produk dapat menarik dan melekat di benak konsumen. USP ini juga bisa menjadi branding produk agar memberi kesan tersendiri kepada pelanggan yang membelinya.

  • Mendapatkan loyalitas pelanggan

Keunika produk dapat menarik loyalitas konsumen karena akan sulit bagi pelanggan bisa menemukan kualitas dan layanan yang serupa dengan bisnis lain. Dengan mendapatkan loyalitas pelanggan ini akan berpotensi menjadi pendapatan tetap tiap bulan.

Cara Menentukan Unique Selling Point

Terdapat 3 cara agar bisa menentukan USP ini, berikut adalah cara-caranya:

  • Mencari Tahu Kebutuhan Pelanggan

Untuk cara ini, pengusaha dapat meminta konsumen untuk mengisi survey. Survey tersebut berisi mengenai harapan terkait pelayanan, kualitas produk, harga dan sebagainya. Jika sudah, kumpulkan jawaban tersebut sebagai bahan evaluasi. Kemudian sesuaikan dengan kondisi bisnis. Apa yang kurang perlu disempurnakan, bisa jadi kekurangan tersebut nantinya akan jadi USP setelah disempurnakan sehingga, bisnis bisa tampil beda di pasaran.

  • Memberikan Kepuasan kepada Pelanggan

Dalam berbisnis, psikologi juga berperan penting. Pengusaha juga harus mampu mencari tahu kepuasan batin apa yang bisa diberikan kepada pelanggan. Penting untuk membuat konsumen merasa istimewa dengan membeli atau mengkonsumsi produk yang dijual. Nilai kepuasan ini bisa menjadi USP untuk kedepannya.

  • Membandingkan dengan Kompetitor

Tujuan dari membandingkann dengan kompetitor ini adalah untuk mencari tahu apa yang kurang dari mereka, sehingga bisa di jadikan pelajaran sebagai USP. Sederhananya, mencari kelemahan yang dimiliki kompetitor dan menggunakan kelemahan tersebut untuk keuntungan bisnis. Memanfaatkan peluang seperti itu termasuk sah-sah saja. Oleh karena itu, pengusaha perlu menyempurnakan produk agar bisa memimpin pasar.

Dalam jangka panjang, USP ini bisa menjadi nilai pembeda antara bisnis yang sukses dengan bisnis yang gulung tikar. Setiap bisnis dengan keunikan tersendiri bisa dengan cepat memimpin pasar. Pebisnis harus tanggap dalam melihat fenomena kebutuhan konsumen yang dapat berubah setiap waktu, sehingga dapat menentukan USP dengan segera.

Article is not found
Article is not found