Membangun Customer Relationship dengan Pelanggan

Johan Budi | 2022-28-06 17:42:19 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Bagi para pengusaha yang sedang menjalankan bisnisnya, menjaga hubungan baik dengan pelanggan sudah menjadi kewajiban pengusaha. Dengan menerapkan beberapa strategi, penjual bisa memperkuat customer relationship dengan pelanggan agar mengikat pelanggan dalam melakukan pembelian berulang.

Customer relationship adalah strategi pemasaran yang digunakan untuk mempertahankan konsumen yang telah melakukan pembelian kepada penjual, agar tidak berpindah ke kompetitor lain. Ada banyak strategi yang dapat diterapkan agar bisa memperkuat customer relationship dengan pelanggan. Walau terkesan mudah, namun membangun komunikasi menjadi hal yang penting dan setiap pelanggan memiliki pendekatan yang berbeda-beda agar hubungan bisa terjalin.

Cara Membangun Customer Relationship

Ada banyak cara yang dapat diterapkan oleh penjual agar bisa membangun customer relationship dengan baik. Namun, perlu diingat lagi tiap pelanggan memiliki pendekatan yang berbeda-beda. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun customer relationship:

  1. Meningkatkan Komunikasi dengan Pelanggan

Dengan menerapkan gaya komunikasi yang baik dan komunikatif, hal ini akan meninggalkan kesan baik dan positif kepada pelanggan. Selain itu, penerapan gaya komunikasi ini tidak hanya berlaku di dunia nyata, namun juga di terapkan melalui sosial media.

  1. Merespon Keluhan dan Kritik dari Pelanggan

Ketika menjalani usaha, tentunya penjual akan menerima keluhan atau kritik atas produk atau layanan yang diberikan kepada konsumen karena kelalaian. Penjual sebaiknya segera merespon keluhan tersebut karena jika terlambat merespons, hal ini akan mempengaruhi reputasi bisnis.

  1. Memberikan Hadiah kepada Pelanggan Setia

Cara lain yang dapat digunakan untuk membangun customer relationship adalah dengan memberi hadiah kepada pelanggan setia. Menjaga loyalitas pelanggan sangatlah penting karena pelanggan setia akan lebih banyak berbelanja daripada pelanggan baru. Hadiah yang diberikan tidaklah harus mahal, dengan memberikan voucher potongan harga atau memberikan hadiah tester. Dengan ini, mereka akan lebih merasa dihargai.

  1. Menanyakan feedback Pelanggan secara Berkala

Dengan sering meminta feedback kepada pelanggan secara berkala, hal ini akan menjaga customer relationship tetap terjaga. Selain menjaga hubungan, penjual juga bisa mendapatkan masukan mengenai kualitas produknya dan bisa menjadikannya dasar pertimbangan untuk melakukan inovasi produk kedepannya.

  1. Tetap Menjalin Komunikasi dengan Pelanggan

Hubungan dengan pelanggan sama layaknya seperti tanaman dimana harus kita terus memupuk dan merawatnya agar bisa bertumbuh semakin kuat. Penjual bisa tetap menjalin komunikasi dengan pelanggan, seperti mengirim kartu ucapan selamat.

Ketika konsumen merasa senang dengan kualitas produk yang didapat dan mendapatkan pelayanan yang baik, kemungkinan konsumen tersebut akan melakukan repeat order (pembelian berulang) akan semakin tinggi dan kemungkinan mereka beralih ke bisnis kompetitor lebih kecil. Oleh karena itu, agar para konsumen semakin akrab maka, memperkuat customer relationship menjadi upaya yang perlu dilakukan.

Article is not found
Article is not found