Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Usaha

Sobat Pajak | 2023-28-06 17:26:09 | 10 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan memilih dan menetapkan lokasi bisnis atau usaha yang mereka jalankan adalah jenis atau tipe perusahaan dan jenis barang atau jasa yang mereka hasilkan, disamping itu ada juga pertimbangan lainnya terkait dengan jarak ke pemasok, jangkauan pasar, infrastruktur seperti ketersediaan dan kondisi jalan raya penghubung maupun fasilitas-fasilitas pendukung kinerja perusahaan lainnya, ketersediaan layanan listrik maupun internet, jangkauan pasar, pertimbangan berupa keberadaan dan lokasi pesaing usaha dan lain sebagainya. Selain hal-hal terkait dengan faktor ekonomi, pemilihan dan jenis lokasi perusahaan sering kali juga ditentukan ataupun dipengaruhi oleh faktor lain yang memang tidak bisa dihindari perusahaan jika memang berniat untuk menjalankan bisnis tertentu sebagaimana tujuan dan visi spesifiknya.

Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi suatu perusahaan dalam menetapkan lokasi usahanya 

  1. Letak pasar.
  2. Letak sumber bahan baku. 
  3. Ketersediaan tenaga kerja.
  4. Ketersediaan tenaga listrik.
  5. Ketersediaan air.
  6. Fasilitas pengangkutan.
  7. Pelayanan kesehatan, keamanan, dan pencegahan kebakaran.
  8. Peraturan pemerintah setempat.
  9. Sikap masyarakat.
  10. Biaya dari tanah dan bangunan.
  11. Luas parkir.
  12. Saluran pembuangan.
  13. Kemungkinan perluasan.
  14. Lebar jalan.

 

Selain faktor-faktor di atas, terdapat juga beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan tempat atau lokasi usaha, yaitu: 

1. Aksesibilitas 

Kemudahan akses untuk menjangkau tempat tersebut, baik oleh kendaraan atau pejalan kaki.

2. Visibilitas 

Lokasi yang terlihat jelas dengan jarak pandang yang normal tentu lebih baik.

3. Lalu lintas (traffic

Menyangkut dua pertimbangan utama, yaitu: banyaknya orang yang lalu lalang dan kondisi lalu lintas 

4. Tempat parkir yang memadai 

Menyediakan tempat parkir yang luas dan mencukupi serta nyaman, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

5. Lingkungan 

Faktor lingkungan sekitar juga penting diperhatikan, meliputi daerah sekitar yang dapat mendukung produk yang ditawarkan.

6. Persaingan 

Lokasi kompetitor juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan. Sebagai contoh, dalam menentukan lokasi, perlu dipertimbangkan apakah di daerah yang sama atau minimal jaraknya tidak terlalu jauh terdapat pengusaha/perusahaan sejenis.

 

Pertimbangan-pertimbangan di atas dapat memiliki penekanan dan konsentrasi yang berbeda-beda antara perusahaan satu dengan perusahaan lain sesuai dengan tipe atau jenis bisnis yang mereka miliki. Faktor tanah dan ketersediaan air juga merupakan salah satu pertimbangan penting dalam menetapkan suatu lokasi pabrik ataupun perusahaan, mengingat faktor ini merupakan faktor mutlak yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Pertimbangan mengenai faktor kebutuhan tanah, selain menyangkut masalah pembiayaan juga terkait dengan topografi yang terdapat di suatu daerah sebagai lokasi perusahaan. Topografi tersebut selanjutnya disertai dengan pertimbangan mengenai struktur tanah, kondisi iklim/cuaca, dan pajak. Faktor berupa pasar akan ditentukan oleh besarnya permintaan yang biasa terjadi di lingkungan tersebut, selain juga dipengaruhi besarnya biaya produksi atas produk-produk perusahaan di suatu daerah tertentu. 

Pemilihan dan penetapan suatu lokasi usaha akan sangat menentukan keberlangsungan hidup dari sebuah perusahaan di tengah-tengah persaingan yang ketat dengan perusahaan-perusahaan lain terutama dengan perusahaan lain yang sejenis. Beberapa perusahaan sering kali menemukan realita bahwa sebaik apapun sistem manajemen yang mereka terapkan namun jika dihadapkan pada banyak tantangan usaha seperti diantaranya adalah ketersediaan energi yang mahal, jalur distribusi, dan transportasi yang membutuhkan biaya tinggi, ketersediaan tenaga kerja dengan tuntutan upah yang cenderung tinggi disertai dengan kemampuan bekerja yang tidak maksimal berpotensi mengancam eksistensi keuangan perusahaan yang kemudian dapat berakibat pada kerugian. Oleh karena itu, pemilihan suatu lokasi yang tepat diharapkan dapat meminimalkan pengaruh-pengaruh negatif dari hal-hal tersebut dan berimplikasi baik pada aktivitas ekonomi sehari-hari maupun pendapatan laba yang dinilai menguntungkan.

 

Nah itu tadi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi strategis sebuah usaha. 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found