Memilih Lokasi yang Tepat untuk Berjualan

4 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Lokasi usaha yang tepat bisa mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha. Alangkah baiknya sebelum membuka usaha, pengusaha harus jeli dalam memilih tempat. Ketepatan pemilihan lokasi akan menentukan kesuksesan sebuah usaha juga karena jika salah menentukan tempat usaha, kemungkinan terbesar yang akan dihadapi adalah kebangkrutan atau kegagalan berbisnis.

Strategi dalam Memilih Lokasi Usaha               

Strategi memilih lokasi usaha yang strategis pun tidak semata-mata hanya melihat lokasi yang ramai saja. Ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan juga, beberapa diantaranya:

  • Memilih tempat usaha yang mudah terlihat

Faktor pertama yang perlu diperhatikan saat memilih tempat usaha adalah visibilitas. Bertempat pada area yang mudah terlihat, tentunya akan memperoleh banyak perhatian dan juga memudahkan untuk masa perkenalan dan promosi bisnis yang baru saja didirikan. Pilih tempat yang mudah terlihat agar orang-orang bisa mudah untuk mengetahuinya. Hindari memilih lokasi-lokasi terpencil, seperti di dalam gang atau di balik gedung tinggi.

  • Akses yang mudah dijangkau

Akses yang mudah dijangkau ini bertujuan memberi kenyamanan pelanggan ketika akan menuju lokasi usaha. Walau berada di lokasi yang ramai dan banyak menarik, jika lokasi bisnis tidak memiliki lahan parkir yang memadai, sepert tempat terlalu sempit dengan jalan, pelanggan pun akan enggan untuk datang sebab merasa kurang nyaman.

  • Mempertimbangkan lingkungan dan target pasar

Lingkungan sekitar tempat bisnis berdiri juga menjadi salah satu faktor yang akan mempengaruhi penjualan serta minat konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Sebagai contoh, sebuah usaha kuliner jajanan khas memilih tempat usaha pada lokasi wisata. Tentunya ini menjadi tempat yang cukup strategis karena kemungkinan besar wisatawan akan tertarik untuk menjadikan jajanan tersebut sebagai oleh-oleh sepulang dari berwisata atau sebagai cemilan sehabis berwisata.

  • Mempertimbangkan biaya bangunan dan sewa tempat

Modal yang dialokasikan untuk tempat usaha juga perlu menjadi perhatian. Pengusaha bisa mendirikan bangunan untuk dijadikan tempat usaha milik sendiri, bahkan bisa saja disewakan bila tidak digunakan lagi, namun itu akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun, apabila harus menyewa, sudah jelas bila tempat yang strategis akan dipatok dengan harga sewa yang cukup tinggi oleh pemiliknya. Oleh karena itu, pengusaha perlu tepat dalam membuat perhitungan dan cermat sebelum membuat keputusan.

  • Tingkat keamanan dan kebersihan lingkungan usaha

Keamanan dan kebersihan sudah pasti menjadi poin yang tidak kalah penting. Jika tempat usaha ramai dengan kejahatan kriminal, pelanggan akan merasa khawatir untuk mengunjungi usaha tersebut. Lokasi yang kotor juga akan membuat pelanggan enggan untuk datang. Oleh karena itu, hindari lokasi usaha di lingkungan yang kotor dan kumuh. Jika bisa, pastikan juga ada petugas keamanan yang berjaga setiap hari di sekitar lokasi usaha.

Article is not found
Article is not found