Tantangan dan Hambatan dalam Membuka Usaha

Sobat Pajak | 2023-21-04 10:39:46 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Ketika ingin memulai usaha terdapat dua kemungkinan yang dapat terjadi, entah itu usaha akan sukses atau sebaliknya usaha akan gagal. Kegagalan usaha adalah risiko yang paling dihindari oleh para calon pebisnis. Salah satu faktor penyebab kegagalan usaha adalah adanya tantangan dan hambatan yang mengganggu perkembangan usaha, sehingga menghambat keberhasilan atau kesuksesan usaha Sobat. Mari kita simak beberapa tantangan dan hambatan yang dapat Sobat pahami untuk langkah awal menghindari risiko tersebut. Beberapa tantangan dan hambatan dalam memulai usaha adalah sebagai berikut.

1. Globalisasi

Globalisasi adalah suatu proses yang mendunia dan dalam waktu yang singkat. Misalnya dalam hal globalisasi ekonomi dan globalisasi budaya. Hal ini berdampak secara menyeluruh pada masyarakat dunia. Bagi dunia bisnis, kondisi ini dapat memberikan pengaruh, dapat berupa potensi peluang atau potensi ancaman yang berbahaya.

Peluang usaha dapat berasal dari potensi pasar atau konsumen global, tetapi hal ini juga sekaligus memberikan tantangan bagi usaha. Diperlukan keahlian dalam berkompetisi dengan para pesaing global, kemampuan memahami dengan baik kondisi global, melakukan analisis yang memadai dalam mengartikan konten dan konteks informasi, serta memberikan umpan balik dengan cepat dan akurat.

2. Informasi Tidak Berguna 

Banyak dinamika peristiwa dari beragam aspek kehidupan terjadi di berbagai lokasi melalui teknologi informasi dan komunikasi. Hasilnya yaitu kumpulan informasi, entah yang berguna maupun tidak yang akan tersebar dalam waktu singkat seperti kilat. Diperlukan keahlian meliputi kemampuan menyikapi dan menyaring informasi dengan mengambil hal yang berguna dan membuang yang tidak berguna, kemudian mengolah informasi tersebut menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi usaha.

3. Inovasi

Inovasi sangat diperlukan untuk keberlanjutan dan keberlangsungan usaha bisnis. Namun, dari sejumlah riset diketahui bahwa sangat sedikit jumlah pebisnis yang melakukan inovasi sehingga bisnisnya tidak mencapai perkembangan yang signifikan. Keahlian dalam berinovasi yang perlu dimiliki meliputi keahlian dalam  menghilangkan ketakutan serta senantiasa berpikir dan bertindak kreatif inovatif, kemampuan dalam mengendalikan kreativitas dan inovasi, agar tidak merugikan perusahaan.

4. Keahlian Menangani Masalah

Ketidakmampuan dalam memecahkan masalah dapat membawa perusahaan menuju kehancuran usaha. Diperlukan kemampuan dalam hal mendefinisi dan menganalisis permasalahan sehingga dapat menemukan solusi yang cepat dan tepat terlepas dari apapun jenis masalahnya.

5. Keberagaman

Sumber daya manusia bisa saja terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan, pengetahuan, keahlian, karakter, bahkan suku bangsa. Keberagaman ini dapat menyulitkan perusahaan dalam mencapai kesepakatan dan merumuskan suatu keputusan. Potensi konflik dan keterlambatan proses dapat merugikan bisnis atau usaha. Keahlian yang perlu ditingkatkan untuk mengatasi kelemahan dari keberagaman sumber daya manusia adalah kemampuan untuk mengidentifikasi dan memberdayakan keberagaman dengan berbagai potensi untuk meraih kesuksesan usaha.

6. Ketidakpastian

Perubahan-perubahan kerap terjadi secara cepat, drastis, dan tidak terduga dalam berbagai kondisi yang dapat menyebabkan ketidakpastian pada bisnis. Saat situasi seperti ini perusahaan akan kesulitan dalam menyusun rencana jangka panjang yang ideal.

Keahlian yang harus dimiliki adalah menyiapkan rencana jangka panjang yang adaptif  dan fleksibel terhadap perubahan dan  merencanakan rencana kontingensi jangka pendek dan jangka panjang.

7. Kompleksitas

Kompleksitas dapat didefinisikan sebagai banyaknya faktor yang memengaruhi suatu hal dan permasalahan. Permasalahan sebuah usaha yang semakin kompleks menyebabkan semakin sulit mengembangkan solusi teknologi industri yang bisa memudahkan pelaku usaha dalam mengelola kegiatan mereka.

Keahlian yang diperlukan adalah sebuah usaha untuk menerapkan pendekatan berorientasi pada sistem dalam menganalisis, menyederhanakan, serta merancang proses usahanya, agar dapat meminimalisir kompleksitas usaha tersebut.

 

Dari sekian banyak tantangan dan hambatan dari segala aspek, pengusaha harus mengetahui faktor penyebab kegagalan usaha yang dapat mengganggu perkembangan usaha, dan juga kreatif dalam memecahkan masalah  yang terjadi. Pada setiap usaha pasti ada saja tantangan dan hambatan, apakah Sobat pernah mengalaminya?

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook

Article is not found
Article is not found