Yuk Intip Perilaku Konsumen serta Cara Memahaminya

Sobat Pajak | 2023-21-03 17:27:40 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Bagi setiap orang yang memiliki usaha pasti ingin melakukan yang terbaik bagi para konsumennya agar konsumen puas akan produk serta pelayanan dari bisnis yang dijalani. Dengan demikian, maka para pebisnis harus mengenal perilaku konsumen serta cara memahaminya. Setiap konsumen tentunya memiliki keunikannya masing-masing dan tidak dapat disamaratakan antara satu konsumen dengan konsumen lainnya. 

Tujuan dari suatu usaha atau bisnis adalah sebuah keuntungan yang mana dengan penjualan yang meningkat setiap harinya. Dengan mengetahui perilaku konsumen, maka pebisnis dapat melakukan penjualan yang disesuaikan dengan perilaku konsumen, sehingga akan membantu dalam peningkatan penjualan karena atas perilaku konsumen tersebut setiap individu maupun kelompok dari tiap-tiap konsumen akan membuat keputusan dalam membeli suatu barang ataupun jasa. Salah satu pendekatan kepada konsumen yang dapat dilakukan adalah mengenali sikap atau perilaku konsumen itu sendiri. Pada artikel ini akan dibahas mengenai perilaku konsumen serta cara memahaminya agar calon konsumen Sobat tidak kabur. Yuk kita simak!

Sebelum masuk pada inti pembahasan, apakah Sobat sudah mengetahui apa itu perilaku konsumen? Perilaku konsumen adalah semua hal yang menjadi dasar konsumen dalam membuat keputusan, apakah dia akan membeli produk tersebut atau tidak.

 

Ketahui dan Kenali Siapa Konsumen Sobat

Pada zaman digital ini, tentunya memberikan kemudahan bagi seluruh orang, baik bagi pebisnis maupun konsumen. Bahkan dari segmen konsumen pun terlihat lebih spesifik. Untuk mengetahui siapa konsumen Sobat, maka Sobat harus memahami perilaku konsumen dengan tepat dan jelas. Melalui psikologis dan demografik konsumen, maka Sobat dapat mengetahui target konsumen. 

Maksudnya adalah, Sobat perlu mengetahui apakah konsumen Sobat berada di kalangan anak-anak, remaja, dewasa atau lansia, pria atau wanita, menikah atau lajang, senang bepergian atau tidak, memiliki rumah sendiri atau tidak, dan sejenisnya. 

Dengan informasi tersebut, maka Sobat dapat mendefinisikan konsumen tersebut. Contohnya yaitu seorang wanita lajang, dengan usia 28 tahun memiliki penghasilan sebesar 15 juta per bulan yang tinggal di sebuah apartemen di kawasan pusat kota Denpasar. 

 

Ketahui dan Kenali Keinginan Konsumen

Setelah mengetahui siapa konsumen Sobat, maka yang selanjutnya perlu Sobat ketahui adalah apa keinginan dari konsumen Sobat untuk mengetahui perilaku konsumen. Karena setiap konsumen memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda dan tidak dapat disamaratakan antara satu konsumen dengan konsumen lainnya.

Dengan memberikan solusi atas masalah-masalah yang dihadapi oleh konsumen, maka mereka akan senang. Baik itu masalah untuk menjalankan healthy life, masalah bisnis, atau masalah lainnya. Solusi dapat diberikan melalui konten tentang hal yang dibutuhkan oleh para konsumen beserta dengan berbagai tips untuk memahami atas apa yang konsumen butuhkan. 

Melakukan pemahaman atas produk yang dapat menyelesaikan masalah konsumen, maka pada saat itu juga Sobat akan terlibat atas informasi dari konten yang diberikan. Oleh karena itu, dengan mencari tahu keinginan konsumen tersebut adalah hal utama nya.

 

Cari Informasi Mengenai Produk Sobat Dari Persepsi Konsumen

Melalui survei kepada konsumen, maka Sobat dapat mengetahui seperti apa persepsi konsumen terhadap produk ataupun jasa yang Sobat tawarkan. Maka secara tidak langsung, Sobat juga dapat menerima masukan atas produk Sobat serta dapat dievaluasi dan diperbaiki agar lebih memuaskan para konsumen. 

Dengan adanya masukan dari para konsumen, maka para pebisnis dapat me-review kesalahan yang ada agar tidak terjadi lagi. Melalui hal tersebut, maka Sobat dapat melakukan survei berupa alasan-alasan bagi para konsumen yang beralih kepada kompetitor lain, kelebihan dari kompetitor lain, alasan konsumen menjadi loyal terhadap suatu produk atau jasa, dan lain sebagainya. 

Di era digital ini, tentunya banyak media yang dapat Sobat gunakan dalam melakukan survei, seperti misalnya Google Form, serta form-form online lainnya yang kini dapat diakses dengan mudah, baik bagi para pebisnis maupun para konsumen.

 

Pahami Jenis Konten Yang Disukai Oleh Konsumen

Dengan memanfaatkan era digital ini, maka kini pemasaran dari produk sering dilakukan oleh content creator atau dari content marketing suatu usaha itu sendiri. Dengan segala ide unik yang menarik minat para konsumen dengan segala kebutuhan yang mereka inginkan akan membantu dalam peningkatan penjualan suatu usaha atau bisnis. 

Membuat konten adalah salah satu hal yang sangat bermanfaat saat ini karena sebelum konsumen membeli produk ataupun menggunakan jasa tersebut, maka konsumen sebelumnya akan menonton konten suatu produk yang Sobat tawarkan. 

Setelah mendapatkan informasi yang relevan dari konten yang telah Sobat buat, maka selanjutnya Sobat dapat menambahkan informasi mengenai produk Sobat yang dapat menjadi solusi suatu permasalahan yang dialami oleh para konsumen tersebut. 

 

Membuat Analisa Proses Pembelian Konsumen Terhadap Produk Sobat

Cara terakhir yang dapat Sobat lakukan dalam memahami perilaku konsumen adalah melalui analisa mengenai proses pembelian dari konsumen atas produk yang Sobat sediakan. Seperti misalnya, melihat bagaimana konsumen tersebut akhirnya memutuskan untuk membeli produk ataupun menggunakan jasa dari usaha Sobat. 

Selain itu juga dapat melihat pengalaman dari konsumen setelah membeli produk ataupun menggunakan jasa dari usaha Sobat, yaitu dengan melakukan peninjauan serta analisa mengenai bagaimana perjalanan dari konsumen hingga mendapatkan produk tersebut dengan melakukannya setahun sekali.  

 

Itulah penjelasan mengenai perilaku konsumen yang harus anda ketahui sebagai seorang pebisnis serta bagaimana cara memahami perilaku konsumen tersebut. Karena dengan memahami perilaku konsumen, maka akan berpengaruh terhadap tingkat penjualan dari usaha Sobat. Jika konsumen puas terhadap produk ataupun jasa yang Sobat tawarkan, maka konsumen tersebut akan lebih loyal, sehingga penjualan akan meningkat dan memberikan keuntungan bagi usaha Sobat. 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found