5 Cara Jitu Mempertahankan Pelanggan Sobat!

Sobat Pajak | 2023-12-06 16:54:03 | 10 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Pernahkan Sobat bertanya – tanya bagaimana cara yang tepat untuk mempertahankan pelanggan – pelanggan yang sudah pernah melakukan pembelian sebelum nya? Atau seringkali Sobat bingung bagaimana caranya untuk menarik kembali pelanggan lama untuk melakukan pembelian? Hal tersebut disebut sebagai retensi pelanggan.  

Retensi pelanggan adalah proses suatu bisnis dalam mempertahankan dan menarik pelanggan yang sudah pernah melakukan pembelian sebelumnya, agar terus membeli produk atau menggunakan jasa yang Sobat tawarkan.  

Lalu, apa pentingnya retensi pelanggan? Dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, Sobat bisa menghemat waktu, sumber daya serta energi untuk mencari pelanggan baru. Selain itu, membangun hubungan yang kuat juga akan memberikan dampak baik terhadap pendapatan serta reputasi bisnis secara keseluruhan.  

 

Tingkatkan Retensi Pelanggan Dengan Cara Ini!  

 

  • Analisis Pelanggan 

Pertama – tama tentunya Sobat harus mengenal dan memahami pelanggan terlebih dahulu. Sobat perlu mengenalisis data pelanggan agar dapat wawasan mengenai perilaku, preferensi, serta kebutuhan pelanggan. Sobat nantinya bisa membangun strategi yang efektif untuk mempertahankan pelanggan tersebut. Sobat bisa menggunakan alat analitik atau survei untuk menyatukan informasi lebih tentang pelanggan, seperti apa yang disukai, apa yang dibutuhkan, serta apa yang para pelanggan harapkan akan bisnis Sobat.  

 

  • Customer Experience  

Seperti yang sudah pernah dibahas sebelum nya, pengalaman pelanggan menjadi kunci utama dalam mempertahankan pelanggan. Sobat harus pastikan situs website memiliki tampilan menarik serta performa yang baik tentunya. Pakailah segala teknologi yang ada, agar Sobat bisa mendapatkan rekomendasi produk yang sesuai berdasarkan preferensi dan riwayat pembelian pelanggan. Dengan begitu pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa, dan akan merasa puas dengan toko Sobat sehingga akan membuka peluang untuk kembali berbelanja di toko Sobat. 

 

  • Berikan Layanan Prima

Sobat harus memastikan bahwa setiap pelanggan bisa dengan mudah menghubungi Sobat dan mendapatkan respon yang cepat dan profesional. Selalu sediakan saluran komunikasi yang mudah dijangkau seperti nomor telepon aktif atau menggunakan aplikasi untuk berkomunikasi seperti WhatsApp dan berbagainya. Selalu berikan tanggapan dengan cepat serta solusi yang memuaskan.  

 

  • Komunikasi yang Optimal 

Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, untuk bisa memberikan respon baik, maka diperlukan juga komunikasi yang optimal. Sobat bisa memanfaatkan email marketing untuk mengirimkan konten yang relevan dan personal kepada pelanggan. Sobat juga bisa melakukan follow-up terhadap pelanggan – pelanggan lama yang sudah pernah melakukan pembelian dengan Sobat.  

Tapi komunikasi nya pun tidak bisa sembarang. Sobat harus menggunakan teknik segmentasi untuk membantu mengirimkan pesan kepada setiap kelompok pelanggan dengan segmen yang sama. Sobat harus bisa mempersonalisasikan komunikasi terhadap setiap pelanggan nya agar terbangun hubungan yang kuat serta dapat memberikan pelanggan rasa lebih dihargai.  

 

  • Hubungan Kuat Dengan Pelanggan 

Bangun hubungan kuat yang berkelanjutan dengan para pelanggan. Strategi ini terbukti efektif untuk menjaga retensi pelanggan. Sobat bisa memberikan penawaran – penawaran khusus kepada setiap pelanggan yang setia. Sobat bisa membuat program loyalitas khusus untuk pelanggan – pelanggan setia yang nantikan akan memberikan benefit terhadap konsumen. Seperti diskon eksklusif atau pengumpulan poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan produk menarik. 

 

Dengan Langkah – Langkah berikut, Sobat bisa menciptakan lingkungan yang menguntungkan untuk pelanggan serta memberikan benefit untuk bisnis Sobat! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found