Membangun Kontak Dengan Pelanggan

Sobat Pajak | 2023-13-04 17:48:52 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Dalam setiap usaha, baik itu kecil maupun besar keberadaan kontak usaha adalah hal yang sangat penting dan tak bisa diabaikan. Menurut beberapa pakar ahli dalam bidang usaha, kontak usaha memiliki porsi 60% dalam mendukung kesuksesan sebuah usaha, karena hal itulah setiap pelaku usaha tidak bisa menyepelekan peran kontak dengan pelanggan. Setiap pelaku usaha tidak dapat menghindari keharusan memiliki kontak usaha yang luas dan  baik. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membangun kontak dengan pelanggan:

1. Mengingat Nama

Mengingat nama kontak adalah hal utama dan penting saat menjalin hubungan dalam kontak usaha setelah berkenalan. Selalu mengingat nama kontak relasi akan memberikan kesan mereka dihargai, diperhatikan, dan kesungguhan Sobat dalam membangun kontak usaha.

2. Memberi Perhatian Ketika berbicara 

Memberikan perhatian penuh serta menunjukkan pandangan yang wajar dan tidak berlebihan terkait dengan topik pembicaraan. Perhatian penuh kepada lawan bicara akan memberi kesan penuh kepentingan, minat, keseriusan, serta dapat membuat hubungan menjadi mudah dan lancar.

3. Hindari Menyela Pembicaraan 

Menyela pembicaraan sangat tidak dianjurkan, walaupun topik pembicaraan tersebut tidak relevan atau tidak benar. Ada baiknya jika Sobat memberi komentar setelah lawan bicara selesai dapat diiringi dengan menunjukkan bahasa tubuh menghormati, memperhatikan dan menghindari kesalahpahaman atas pembicaraan yang belum selesai diutarakan.

4. Memberi Kesan Ramah

Memberi kesan yang ramah dan tersenyum saat bertemu dan berpisah  merupakan hal sederhana namun sangat efektif untuk membangun hubungan kontak usaha dengan calon pelanggan.

 

Membangun Kontak

1. Memiliki Kejelasan Usaha

Memiliki pengertian jelas perihal apa dan kenapa usaha dikerjakan, untuk siapa, dan apa yang membedakan usaha yang dijalani dengan anggota kontak lainnya akan mempermudah jalinan hubungan dalam kontak usaha, khususnya dalam memperoleh rujukan atau referensi. Kejelasan usaha akan membantu kelancaran dalam menjelaskan kepada orang lain perihal apa yang sedang dicari dari kontak dan bagaimana orang lain dapat memberi bantuan. Kontak sering kali sulit memberi tanggapan apabila tidak ada kejelasan atas usaha yang sedang dijalankan.

2. Menetapkan Sasaran Usaha

Visi yang jelas atas usaha akan menuntun keberhasilan dalam proses pencapaian usaha. Segala yang diinginkan biasanya akan berhasil diperoleh. Penetapan sasaran usaha jangka pendek, menengah, dan jangka panjang akan menghemat waktu berinteraksi dengan kontak, khususnya yang berkaitan erat dengan sasaran yang telah ditentukan.

3. Melakukan Komunikasi Reguler 

Memelihara hubungan dilakukan dengan menjalin komunikasi secara reguler dan konsisten dengan individu atau institusi yang tercatat dalam kontak usaha. Melakukan komunikasi secara tatap muka dengan individu atau institusi yang tergabung dalam berbagai kontak usaha sering akan memberikan hasil yang lebih baik daripada hanya menjalin komunikasi melalui e-mail secara tertutup.

4. Memperluas Kontak

Membangun kontak usaha dapat dilakukan dengan menghadiri berbagai pertemuan, kesempatan atau kegiatan yang diadakan oleh kontak yang berbeda. Pertemuan dengan banyak orang dan kontak dapat menarik menambah anggota kontak baru seperti konsumen, pemasok, kolega, narasumber, penyedia dana, atau teman.

5. Memberi Perhatian Tulus

Memberi waktu, nasihat, khususnya referensi atau rujukan secara ikhlas dapat menimbulkan reaksi atau tanggapan positif dan membuka peluang usaha dari anggota kontak usaha.

6. Menghubungi Narasumber

Banyak narasumber yang tersedia dapat mendukung berbagai hal dalam usaha yang ingin atau sedang Sobat lakukan. Sebuah tim pendukung narasumber yang kukuh bisa terdiri dari berbagai kalangan seperti: keluarga, teman, dan kolega. Membaca buku yang inspiratif dan penuh informasi mengenai kontak dan menggabungkan diri dengan berbagai kelompok kontak merupakan cara tepat untuk mengetahui narasumber yang perlu dihubungi pada saat yang tepat.

7. Meminta Kontak Baru

Jumlah kontak baru akan bertambah dengan meminta kontak baru dari kontak usaha yang sudah terbentuk, seperti pemberi kerja sebelumnya, rekan kerja, teman - teman dan keluarga, teman sekolah dan kuliah, pemasok, konsumen, serta organisasi lainnya.

 

Jadi, penting sekali membangun kontak yang baik dengan pelanggan karena dapat memberi dampak baik lho untuk pertumbuhan usaha Sobat! Yuk ikuti beberapa tips diatas!

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook

Article is not found
Article is not found