Tips Membangun Relasi Bisnis

Sobat Pajak | 2023-10-05 17:08:37 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Relasi bisnis merupakan hubungan yang Sobat buat dengan konsumen, kompetitor, mitra bisnis, atau lainnya yang berhubungan dengan bisnis Sobat dan dapat membantu bisnis Sobat untuk tetap berkembang. Tentunya relasi ini harus dilakukan dengan positif dan bermanfaat serta dapat dijaga agar relasi dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. 

Dalam membangun relasi bisnis yang baik tentunya dibutuhkan proses yang panjang, karena banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk membangun relasi yang baik tersebut. Dengan relasi yang baik, maka bisnis akan berjalan dengan lebih mudah. Untuk membangun relasi bisnis, maka ketahuilah seperti apa bisnis yang kamu jalankan dan bagaimana rencana bisnis tersebut kedepannya, sehingga Sobat mengetahui relasi bisnis yang tepat bagi bisnis yang Sobat jalankan. 

 

Berikut ini tips membangun relasi 

  • Temukan Goals

Hal pertama yang harus diketahui sebelum memulai relasi yang baik dengan orang lain adalah dengan menentukan goals bisnis Sobat. Setelah mengetahui goals dari bisnis Sobat, maka Sobat dapat menentukan relasi yang memiliki goals atau ketertarikan yang serupa.

Dengan memiliki kesamaan atau goals yang serupa, maka akan memudahkan Sobat untuk menjalin komunikasi untuk memulai relasi bisnis yang Sobat jalankan.

 

  • Membangun Rasa Kepercayaan

Rasa kepercayaan merupakan salah satu hal yang sulit ditanamkan. Dengan adanya rasa saling percaya maka relasi akan terbentuk dengan kuat dan positif.

Ketika rasa kepercayaan tersebut sudah terbangun, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan tetap menjaga rasa kepercayaan tersebut agar tidak menyebabkan putusnya relasi yang telah dijalin tersebut. 

 

  • Lebih Aktif

Sikap yang aktif juga diperlukan dalam membangun sebuah relasi, seperti misalnya mencari referensi topik-topik yang relevan untuk dibicarakan dan berhubungan baik dengan relasi bisnis yang Sobat jalankan. 

Dengan sifat yang lebih aktif maka akan lebih banyak hal yang dapat didiskusikan sehingga dapat membangun relasi yang baik untuk bisnis Sobat.

 

  • Lebih Baik Memberi Daripada Meminta

Relasi merupakan keadaan dimana tidak bisa dijalankan dengan satu arah. Jika dirasa memerlukan bantuan orang lain maka Sobat dapat berinisiatif untuk memberi bantuan terlebih dahulu. Dengan sikap saling tolong menolong tersebut akan memberikan dampak yang baik bagi kedua belah pihak.

 

  • Menjadi Diri Sendiri dan Jujur

Menjadi diri sendiri tentunya sangat diperlukan dalam hal ini dengan tidak adanya kepura-puraan. Menjadi diri sendiri dengan tetap mengembangkan kemampuan dalam diri baik itu komunikasi, membangun skill yang dimiliki, dan sejenisnya. Selain itu, dengan menjadi diri sendiri, maka kepercayaan rekan kerja akan lebih besar kepada Sobat.

Selain menjadi diri sendiri, kejujuran juga merupakan kunci utama nya. Sering kali kesalahpahaman datang dari sebuah kebohongan. Maka sangat diperlukan sikap kejujuran dalam membangun relasi yang baik ini.

 

  • Konsisten Dalam Berkomunikasi

Komunikasi seharusnya sering dilakukan untuk membangun relasi yang baik. Dengan komunikasi yang konsisten, maka hubungan yang telah dibangun akan semakin panjang dan tentunya bermanfaat bagi kedua belah pihak.

 

  • Bertukar Informasi Relevan

Membagikan informasi yang relevan secara rutin juga dapat dilakukan sesuai dengan informasi yang dapat dikonsumsi oleh rekan relasi Sobat. Dengan hal tersebut maka akan menunjukkan Sobat merupakan orang yang peduli dengan orang sekitar Sobat. 

 

Itulah 7 tips yang dapat Sobat lakukan untuk membangun relasi bisnis yang baik. Memiliki relasi bisnis yang baik tentunya akan memberikan manfaat dan dampak yang baik pula untuk bisnis yang sedang Sobat jalankan. Maka dengan itu diharapkan untuk selalu membangun relasi bisnis yang baik dan positif. Semoga bermanfaat bagi Sobat - sobat semua ya! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found