Strategi untuk Membangun Website Pemasaran yang Efektif

Sobat Pajak | 2023-16-03 17:35:29 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Situs web atau yang biasa dikenal dengan website berisikan informasi tentang bisnis yang dijalankan oleh perusahaan yang bisa berupa teks, media, dan aplikasi. Website merupakan toko digital atau rumah bisnis sehingga website harus dibuat semenarik mungkin dan mampu memberikan informasi yang jelas kepada calon pelanggan anda. Website harus ramah terhadap pengunjung, atau paling tidak perusahaan bisa membayangkan kalau konsumen datang pada ritel modern atau website tertentu.

 

Manfaat Memiliki Website Bisnis

1. Website Bisnis Dapat Meningkatkan Kredibilitas

Pelanggan online cenderung akan lebih percaya kepada bisnis yang memiliki website tersendiri. Yang dimaksud dengan website adalah toko online bagi pelaku bisnis. 

2. Website dapat memantau perkembangan bisnis perusahaan secara real time

Website dapat memberikan informasi dari transaksi pengunjung dan dapat menganalisis pola perilaku pengunjung website. Analisis data pada website dapat menampilkan jumlah pengunjung aktif, jumlah pengunjung yang hanya mengunjungi sesekali, menu pada website yang sering dikunjungi oleh pengunjung, serta mengetahui rata-rata waktu kunjungan dari pengunjung website. Informasi tersebut dapat dianalisa lebih lanjut untuk mengukur perkembangan bisnis Sobat.

 

Jenis-jenis Website

Terdapat beberapa jenis website yang sering digunakan, yaitu sebagai berikut:

1. Search Engine (Mesin Pencarian)

Jenis website ini adalah website yang bisa memberikan informasi dan bisa ditemukan di internet dengan mengetikan kata kunci atau keywords. Kebanyakan pengguna internet sudah sangat familiar dengan situs search engine untuk mencari informasi yang mereka perlukan.

2. Web Portal

Merupakan situs yang mengumpulkan dan menyediakan berbagai informasi dari berbagai macam sumber yang ditampilkan kepada pengguna. 

 

Langkah-langkah Dalam Membuat Website

Terdapat banyak sekali platform yang menyediakan jasa pembuatan website secara gratis. Misalnya, seperti platform Google, tanpa harus memiliki pengetahuan coding atau programming. Karena pada platform tersebut sudah menggunakan template yang tersedia. Sobat hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang dianjurkan oleh platform tersebut, maka jadilah website sederhana untuk bisnis Sobat. Namun, ada yang perlu diperhatikan, yaitu kelengkapan fitur dan menu pada website. Jika Sobat menginginkan website yang lengkap dengan tampilan dan fitur yang menarik, maka Sobat harus membuat website yang benar dan mungkin dapat  menggunakan hosting berbayar, jadi tidak hanya sekedar memakai platform gratisan.

 

Strategi Untuk Membangun Website yang Efektif

Website merupakan karakter dari suatu perusahaan secara online. Website sebaiknya dikembangkan dengan semaksimal mungkin karena dapat memberikan kemudahan bagi konsumen. Berikut ini adalah beberapa strategi dalam membangun website bisnis agar efektif menjangkau pasar, diantaranya:

1. Deskripsi produk harus mampu menjelaskan produk secara detail

Tampilan produk sebaiknya mampu mendeskripsikan ukuran secara jelas, bagaimana bentuknya, pilihan warna yang tersedia, dan lain sebagainya. Perusahaan bisa memanfaatkan model foto berbentuk 3d atau foto 360 derajat.

2. Website memudahkan konsumen melakukan cara transaksi secara online

Dengan website, konsumen akan  diberikan kemudahan dalam melakukan transaksi, mulai dari tata cara pembelian, cara pembayaran, dan cara pengiriman produk.

3. Website menyertakan kontak khusus apabila konsumen membutuhkan informasi lebih lanjut

Umumnya kontak khusus ini dapat berbentuk "call to action", "click here", “live chat” atau "hubungi kami".

4. Website yang memberikan edukasi bagi konsumen

Edukasi ini dapat berupa artikel atau video yang berhubungan dengan bisnis Sobat. Tujuannya adalah untuk membangun kepercayaan konsumen. Dan, perusahaan akan menjadi lebih kredibel dan ahli di dalam bisnis yang dijalankan.

5. Website perlu ada bagian testimoni pelanggan

Testimoni dapat memberikan dan menambah keyakinan bagi konsumen yang akan melakukan transaksi dengan perusahaan. Testimoni dapat berbentuk narasi ataupun video pernyataan secara langsung.

6. Memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mendapatkan informasi bisnis Sobat

Kemudahan-kemudahan ini bisa berupa menu pada website. Bagian menu akan berisi link-link utama yang mengarah pada halaman untuk memudahkan konsumen mendapatkan informasi yang diperlukan. Konsumen akan lebih tertarik untuk mengunjungi website perusahaan yang profesional, yaitu website yang mampu memberikan informasi yang diperlukan oleh konsumen.

 

Itu dia beberapa strategi yang dapat dicoba Sobat untuk membangun website pemasaran yang efektif. Dari strategi yang sudah kami sebutkan, Sobat sudah pernah coba yang mana nih?

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found