Tips Foto Produk agar Menarik di Mata Konsumen

4 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Seperti yang kita tahu, belanja kini semakin mudah karena bisa dilakukan secara online. Ketika mencari sebuah produk secara online, pembeli tidak hanya akan membandingkan harga saja, namun juga membandingkan foto produk dan melihat review. Karena tidak bisa melihat produk secara langsung, maka foto produk punya peran penting yang bisa mempengaruhi minat beli konsumen. Foto produk mempunyai peran penting dalam memberikan kesan pertama kepada calon konsumen, menjadi cerminan kualitas brand produk tersebut, dan juga menjadi keputusan pembelian.

Tips Foto Produk

Berikut tips-tips cara agar foto produk memberikan kesan yang berkualitas dan bisa menarik perhatian konsumen:

  • Mengatur background

Pemilihan warna background yang tepat, dapat membuat pembeli jadi fokus ke produk dan memudahkan proses editing. Seperti menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dan mengubah warna background. Sebaiknya menggunakan background foto polos dan berwarna netral seperti putih, seperti menggunakan kertas HVS atau karton putih yang diselotip pada meja atau dinding,

  • Mengatur posisi produk

Penataan produk memang terlihat mudah, namun nyatanya tidak semudah itu. Produk yang akan difoto harus memiliki pencahayaan, posisi, dan sudut pengambilan gambar yang tepat agar foto yang dihasilkan bisa terlihat fokus dan detail.

  • Mengatur pencahayaan

Pencahayaan dalam fotografi menjadi faktor penting dalam menghasilkan foto produk yang bagus dan menarik. Terdapat 2 sumber cahaya yang bisa dimanfaatkan, yaitu cahaya alami (cahaya matahari) dan cahaya buatan.

  • Menentukan tema foto

Tema foto produk menjadi hal yang krusial dalam mengambil foto yang baik. Menentukan tema foto berfungsi memberikan nilai unik kepada produk. Sebagai contoh, produk yang digunakan sebagai objek foto adalah sepatu olahraga. Tema yang digunakan bisa menggunakan konsep orang yang sedang berlari memakai sepatu tersebut, kemudian memberikan kesan apakah foto tersebut ingin terlihat elegan, sporty, atau lainnya.

  • Mencari sudut pandang foto yang tepat

Dalam mengambil foto, usahakan mengambil foto dari berbagai sudut, jarak, dan posisi yang berbeda-beda. Mengambil foto dalam jumlah banyak dan sudut foto yang berbeda-beda dapat memberikan banyak pilihan agar bisa memilih foto yang paling bagus.

  • Menggunakan aplikasi edit foto

Setelah selesai megambil foto, masuklah tahap proses editing foto. Editing foto ini bertujuan agar memperkuat kesan foto agar jauh lebih menarik di mata konsumen. Usahakan tidak memberikan efek yang berlebihan agar foto yang dihasilkan tidak seperti manipulasi dari produk sebenarnya karena dapat membuat konsumen berekspektasi terlalu tinggi.

  • Memberikan watermark

Watermark ini berfungsi sebagai penanda sumber foto atau milik siapa foto tersebut. Watermark sebaiknya diletakkan pada semua foto produk yang terpajang di etalase toko online. Selain itu, penempatan watermark juga perlu diperhatikan karena jika menambahkan watermark pada bagian pojok foto bisa memudahkan orang yang mengambilnya untuk menghapus watermark tersebut. Sebaiknya watermark diletakkan ditengah produk dan mengatur transparansi watermark tersebut agar tidak menutupi bagian utama produk.

Itulah beberapa tips-tips dalam pengambilan foto produk agar bisa menarik di mata konsumen. Memotret foto produk bukanlah hal yang semudah kita bayangkan. Perlu banyak latihan dan kegigihan agar bisa menghasilkan foto produk yang menarik.

Article is not found
Article is not found