Aplikasi Ini Ternyata Penting Bagi UMKM, Apaan Tuh?

Sobat Pajak | 2023-08-06 16:55:10 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Dilansir dari hootsuite, pengguna Whatsapp di Indonesia mencapai 88.7% dari jumlah populasi, dimana hal ini menunjukkan bahwa bisnis menggunakan Whatsapp sangat bisa diandalkan.

Sebelumnya, apakah Sobat mengetahui perbedaan Whatsapp biasa dengan WhatsApp Business Yup! Kedua hal tersebut berbeda, mungkin Sobat biasanya menggunakan aplikasi Whatsapp saja. Akan tetapi, perlu diketahui terdapat WhatsApp Business yang memang diperuntukan khusus untuk pelaku usaha dan berbisnis.  

 

WhatsApp Biasa vs WhatsApp Business 

Melansir dari situs resmi, WhatsApp Business adalah penyedia layanan untuk berkirim pesan dari WhatsApp yang dikhususkan untuk bisnis. Aplikasi satu ini dirancang untuk usaha mikro, kecil, dan menegah. Tujuannya agar bisnis dan pelanggan bisa terhubung dengan baik 

Lalu apa beda nya dengan WA biasa? Yuk Bahas! 

Pada WA Business, Sobat bisa memasukan informasi tambahan di profil. Misal, deskripsi, website hingga alamat. Hal tersebut merupakan informasi penting yang perlu diketahui oleh pelanggan. Nggak hanya WA Business saja, masih ada WA Business API yang ditunjukkan untuk perusahaan – perusahaan besar. Biasanya digunakan untuk mengirimkan pesan demi integrasi saluran komunikasi. WA Business sendiri digunakan untuk UMKM sebagai saluran customer service, dimana seringkali digunakan untuk menerima pesanan, memberikan nomor pemesanan, dan hubungan langsung pelanggan ke toko lainnya. 

Sementara untuk WA Business API biasanya digunakan oleh startup perjalanan yang digunakan untuk mengirim notifikasi mengenai perubahan jadwal penerbangan hingga one-time password 

 

Fitur Andalan WhatsApp Business 

Nah, untuk Sobat – Sobat sekalian yang tertarik menggunakan WA untuk bisnis, berikut fitur – fitur nya: 

  • Profil Bisnis 

Dalam WA Business, Sobat bisa memasukan bermacam informasi seperti nama toko, alamat hingga jam operasional. Nggak hanya itu, Sobat juga bisa menampilkan foto produk yang lengkap dengan harganya.  

  • Quick Replies 

Sobat bisa membalas pesan tanpa mengetik terlalu banyak lho, dengan fitur ini yaitu Quick Replies. Sebagai contoh, pelanggan ingin membeli produk B di toko Sobat, akan tetapi produk tersebut tidak ada stok atau habis. Mungkin Sobat harus mengabarkan hal tersebut kepada konsumen. Akan tetapi, bagaimana jika ada 30 lebih konsumen yang menanyakan barang yang sama dikurun waktu yang berdekatan? Sobat pasti akan kesulitan untuk membalas semua nya satu per satu. Maka itu, dengan WA Business, Sobat bisa membuat template pesan untuk jawaban yang berulang. Maka, pekerjaan Sobat pun akan jauh lebih efisien dibandingkan harus menghabiskan waktu untuk membalas pesan satu – satu. Waktu lebih nya pun bisa Sobat manfaatkan untuk mengerjakan hal lainnya. 

  • Labels 

Jika Sobat ingin mengelompokkan pelanggan berdasarkan kategori, maka Sobat bisa menggunakan fitur Labes ini dari WhatsApp Business dengan mudah. Sobat bisa menandakan customer berdasarkan kelompok tertentu, seperti customer yang belum melakukan pembayaran atau sudah melakukan pembayaran.  Hal ini tentunya akan lebih memudahkan Sobat – Sobat dong ya!  

  • Pesan Otomatis 

Selain fitur quick replies, WA Business juga memiliki fitur pesan otomatis yang bisa memudahkan Sobat dalam membalas pesan konsumen Sobat. Seperti, salam pembuka, daftar, dan harga produk hingga Frequently Asked Question (FAQ). Fitur ini sangat bisa membantu pekerjaan Sobat semakin efisien sehingga Sobat tidak perlu lagi membuang waktu untuk menjawab pesan yang mirip satu per satu.  

Jika pada quick replies Sobat masih harus mengetik pesan singkat, pada fitur ini Sobat benar – benar tidak perlu mengetik apa pun karena Whatsapp yang akan membalas pesan itu untuk Sobat. 

  • Broadcast 

Sobat juga bisa melakukan pengumuman lho! Jika Sobat ingin mengumumkan promo terhadap produk – produk Sobat, Sobat bisa menggunakan fitur broadcast dalam whatsapp Business ini. Fitur ini bisa mengirimkan pesan yang sama kepada pelanggan Sobat. Akan tetapi, tetap ada batas untuk jumlah penerimanya. Sobat hanya bisa mengirimkan broadcast kepada 256 kontak saja.  

 

Bagaimana? Tertarik menggunakan WhatsApp Business untuk bisnis Sobat? Yuk dicoba! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found