6 Macam Promosi yang Buat Bisnis Auto Cuan!

Sobat Pajak | 2023-30-05 17:49:23 | 6 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Promosi merupakan salah satu hal penting yang dilakukan para pebisnis dalam meningkatkan penjualan dari bisnis yang dijalankan. Namun sudahkah Sobat mengetahui jenis-jenis promosi apa sajakah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan? Dalam artikel ini akan dibahas lebih lengkap mengenai jenis-jenis promosi dalam meningkatkan penjualan. 

 

Definisi Promosi

Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan guna meningkatkan penjualan dan permintaan dari konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Promosi ini tentunya dilakukan berdasarkan riset terlebih dahulu agar promosi yang dilakukan tepat kepada target pasar. 

 

Tujuan Promosi 

Selain untuk meningkatkan penjualan, promosi juga bertujuan untuk menstabilisasi penjualan, meningkatkan nilai dari suatu produk, mengingatkan konsumen, membedakan antara produk yang ditawarkan dengan produk lainnya, sebagai informasi kepada konsumen dan sebagai alat dalam membujuk konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. 

 

Jenis-Jenis Promosi

Secara umum, terdapat beberapa macam jenis promosi yang dapat dilakukan dalam meningkatkan penjualan. Terdapat 6 jenis promosi yaitu diantaranya adalah digital marketing, traditional marketing, endorsement, direct marketing, publicity, dan personal selling

  1. Traditional Marketing

Jenis promosi yang pertama ini masih tetap eksis di era ini. Jenis promosi ini dilakukan dengan menggunakan media cetak misalnya koran, reklame, brosur, dan sejenisnya. Selain melalui media cetak, traditional marketing ini juga dapat dilakukan melalui media elektronik, yaitu seperti televisi dan radio. Promosi dengan traditional marketing ini mengeluarkan biaya yang relatif tinggi dalam mempromosikan suatu produk.

 

  1. Digital Marketing

Era yang sudah semakin digital mengenalkan kita pada promosi yang dilakukan secara digital juga. Dimana sudah hampir semua orang menggunakan dan memanfaatkan media sosial serta kecanggihan digital dalam kehidupan sehari-hari. Tak dapat dipungkiri bahwa era ini memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat. Salah satu nya adalah dapat melakukan promosi secara digital. 

Promosi yang dapat dilakukan secara digital yaitu melalui platform sosial media seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, Twitter, dan sejenisnya guna memperkenalkan produk yang kita tawarkan agar dikenal oleh masyarakat luas. Karena banyak masyarakat yang menggunakan sosial media di era ini sehingga promosi dilakukan dengan jangkauan pasar yang tetap luas. 

 

  1. Endorsement

Jenis promosi endorsement juga dilakukan dengan memanfaatkan sosial media dalam mempromosikan bisnis nya. Namun, jika melakukan endorsement maka diperlukan seorang influencer dan artis dalam mempromosikannya. Dalam memilih influencer dan artis tentunya dengan pertimbangan seperti apakah artis tersebut sesuai dengan target pasar yang ingin dicapai, dan tingkat popularitas dari artis yang digunakan. 

Dengan demikian, maka endorsement ini tentunya harus mengeluarkan biaya dalam membayar seorang influencer dan artis tersebut. Cara ini sering kali digunakan karena banyak masyarakat yang percaya dengan review dari idolanya.

 

  1. Direct Marketing

Direct marketing merupakan jenis promosi dengan dilakukan secara langsung. Keuntungan yang didapatkan jika melakukan promosi secara langsung ini adalah dengan menggunakan sales representative yaitu seseorang yang dapat secara langsung berbicara kepada calon konsumen, dan tentunya terdapat interaksi secara langsung. Jenis promosi ini memerlukan tenaga manusia tambahan. 

 

  1. Publicity

Selanjutnya yaitu jenis promosi publicity. Jenis promosi ini merupakan kegiatan dalam pendekatan kepada masyarakat agar masyarakat mengenal produk ataupun jasa yang ditawarkan. 

Cara yang dapat dilakukan jika menggunakan strategi promosi ini adalah dengan melakukan publisitas produk, jumpa pers, demo kepada masyarakat, bimbingan, dan sejenisnya. 

 

  1. Personal Selling

Jenis promosi terakhir yang dapat dilakukan adalah personal selling. Kegiatan promosi ini dilakukan dengan bertemu serta memberikan informasi secara langsung kepada calon pembeli. Perbedaan jenis promosi ini dengan direct marketing adalah, personal selling dilakukan langsung oleh pemilik dari barang ataupun jasa seperti oleh pengusahanya sendiri. 

Jenis promosi ini biasanya dilakukan dalam bentuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis yang dijalankan dalam memperoleh keuntungan dari konsumen secara langsung, karena konsumen banyak yang tertarik oleh suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh pemiliknya. 

 

Manfaat Promosi

Promosi yang dilakukan oleh suatu bisnis tentunya memiliki manfaat yang tentunya dapat memberikan timbal balik bagi bisnis itu sendiri. Terdapat beberapa manfaat nya yaitu sebagai berikut:

  • Memperkenalkan Produk

Manfaat pertama yaitu untuk mengenalkan produk kepada masyarakat, khususnya yaitu produk-produk baru. Promosi tentunya cara yang paling tepat dilakukan jika memiliki produk baru yang ingin diperkenalkan kepada masyarakat luas.

 

  • Menciptakan Branding Produk

Brand dari suatu produk yang ditawarkan tentunya memiliki nama, slogan, dan logo yang dapat menjadi ciri suatu produk itu sendiri. Tujuannya adalah konsumen akan lebih cepat ingat akan produk yang kita tawarkan. Branding ini memiliki dampak yang besar dalam promosi yang dilakukan.

 

  • Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Terdapat 2 jenis konsumen, konsumen loyal dan konsumen baru. Dalam hal ini, promosi dapat dilakukan agar konsumen baru ini juga loyal terhadap produk yang Sobat tawarkan. 

 

  • Meningkatkan Persaingan yang Sehat

Promosi dilakukan dapat untuk meningkatkan persaingan yang sehat terhadap jenis produk yang sama. Dengan hal itu, dapat menciptakan suatu ekosistem dalam penjualan suatu produk dalam meningkat dan membuat produsen dapat meningkatkan penjualannya. 

 

  • Media Komunikasi dengan Konsumen

Promosi juga sebagai media komunikasi dengan konsumen. Saat promosi dilakukan tentunya akan ada interaksi dari dua arah, yaitu dari pihak produsen dan konsumen. Dimana, pihak konsumen akan menanyakan informasi terkait produk. dan pihak produsen akan memberikan informasi terhadap informasi yang ingin diketahui. Hal ini akan menciptakan sebuah komunikasi antara produsen dan konsumen. 

Itulah penjelasan lengkap dari mimin buat kamu para Sobat mengenai promosi dalam meningkatkan penjualan yang perlu Sobat ketahui dan pahami. Tentunya informasi bermanfaat lainnya dapat kamu akses melalui sosial media Sobat pajak, jangan sampai ketinggalan segala informasinya ya. 

 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

 

Article is not found
Article is not found