Pemasaran Melalui Media Sosial Facebook

Sobat Pajak | 2023-17-04 18:17:10 | 10 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Di zaman digital ini, ada begitu banyak jejaring sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran bisnis yang Sobat jalankan, salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah Facebook. Siapa sih yang tidak kenal Facebook? Aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat saling berinteraksi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Facebook berisikan layanan fitur canggih dan terus diupdate. Facebook juga memberikan layanan untuk dapat bertukar pesan dengan pengguna lainnya. 

Facebook adalah salah satu jejaring sosial yang sangat digemari oleh hampir seluruh kalangan masyarakat. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki Facebook menjadi salah satu alasan mengapa menjadi populer. Selain menjadi wadah bersosialisasi di dunia maya, Facebook dapat menjadi daya tarik dan peluang bagi pelaku bisnis untuk memasarkan produknya. Facebook juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk promosi bisnisnya. Promosi produk melalui Facebook memungkinkan penggunanya dapat mengakses bisnis perusahaan setiap saat.

 

Fitur Facebook Untuk Mengembangkan Bisnis

Facebook menawarkan bagi pelaku bisnis untuk memanfaatkan fitur dalam mengembangkan bisnis. Fitur Facebook dikembangkan untuk merevolusi kemampuan iklan, sehingga akan semakin memudahkan Sobat dalam melaksanakan bisnis. Berikut ini penjelasan fitur Facebook yang dapat membantu Sobat dalam mengembangkan bisnis. Mari kita jelajahi berbagai fitur gratis yang bisa Sobat gunakan sebagai media pemasaran.

  1. Posting: Dalam menu ini, Sobat bisa memposting gambar, video, polling, dan tonggak prestasi untuk berinteraksi dengan para konsumen. 
  2. Cerita: Cerita Halaman Facebook memungkinkan pelaku bisnis dapat berbagi gambar dan video pendek. Gunakan Cerita untuk mengajak pelanggan melihat proses di balik layar.
  3. Kotak Masuk: Menu yang menyimpan seluruh komunikasi pelaku bisnis di satu tempat sehingga tidak akan kehilangan kontak dengan pelanggan.
  4. Messenger: Sobat dapat menggunakan Messenger untuk menjangkau orang dalam skala besar, lalu teruslah berinteraksi dengan mereka secara individu. 
  5. Komentar: Kotak Masuk mencakup ulasan/pendapat dari Halaman Facebook dan akun Instagram Sobat (jika terhubung). Jika memilih komentar, Sobat bisa melihat postingan atau gambar mana yang dirujuk.


Kelebihan Pemasaran Melalui Facebook 

Berikut adalah beberapa kelebihan Facebook yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pemasaran online perusahaan antara lain: 

  1. Informasi tentang trend produk, selera konsumen terbaru secara real time dari berbagai daerah, baik dalam maupun luar negeri. 
  2. Menjalin relasi bisnis dengan pelaku bisnis secara intens dengan membentuk forum atau group bisnis.
  3. Menerima kritik saran maupun review dari pelanggan secara real time.
  4. Mendapatkan rekomendasi atau review produk perusahaan dan pesaing.

Selain kelebihan yang disebutkan di atas, Facebook juga dapat memberikan banyak manfaat dalam aktivitas pemasaran perusahaan, seperti:

  1. Media untuk mendapatkan informasi terbaru
  2. Media untuk berinteraksi dengan pelanggan 
  3. Media mempromosikan dan mengiklankan produk perusahaan
  4. Saran untuk menarik konsumen potensial.

 

Cara Pemasaran Menggunakan Facebook

Berikut ini adalah cara pemasaran kekinian yang bisa dilakukan dengan media sosial Facebook, antara lain:

  • Mulailah dengan tujuan yang jelas

Bila ingin memulai sesuatu haruslah memiliki gambaran atau tujuan yang jelas. Begitu juga dengan pemasaran, harus dimulai dengan tujuan yang jelas untuk dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan Sobat. 

  • Kenali target market Sobat

Tahap selanjutnya adalah mengenali target pasar Sobat. Dengan menentukan target pasar, akan dapat membantu Sobat dalam menentukan anggaran pemasaran hingga jenis konten yang akan di-posting. Mengenai riset pasar Sobat, Sobat dapat memanfaatkan fitur pada facebook yaitu custom audience.

  • Jadwalkan Posting Konten dengan Baik

Menjadwalkan postingan konten secara teratur dan konsisten akan meningkatkan engagement. Pemilihan waktu posting yang baik seharusnya dilakukan, karena data menunjukkan bahwa postingan konten yang paling ideal secara global yaitu pukul 09.00-15.00.

  • Monitoring dan Analisis

Tahap selanjutnya adalah monitoring, monitoring ini merupakan kegiatan mengamati dan menganalisis komentar yang telah diberikan oleh pengunjung dengan melihat selera pengunjung untuk dapat melakukan evaluasi terhadap produk yang Sobat pasarkan.

 

Setelah mendengar penjelasan terkait fitur-fitur yang ada di Facebook, apakah Sobat sudah pernah mencoba melakukan pemasaran melalui Facebook?

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook

Article is not found
Article is not found