Konsep IKIGAI dalam berbisnis, Apa Itu?

Sobat Pajak | 2023-11-05 19:24:45 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Orang Jepang memiliki berbagai cara untuk mengatasi tekanan dalam kehidupan, yang biasa disebut dengan konsep Ikigai. Bahkan Ikigai sudah menjadi gaya hidup orang – orang Jepang saat ini karena dianggap dapat meningkatkan kebahagiaan dalam hidup.  

Konsep kehidupan ini ternyata juga bisa digunakan dalam dunia pekerjaan, dengan tujuan dapat memberikan kebahagiaan dalam bekerja. Menarik bukan?  Berikut penjelasannya.  

 

Manfaat Ikigai dalam Pekerjaan 

  • Motivasi Kerja 

Ketika tujuan sudah jelas diketahui, maka daya juang untuk mencapai tujuan tersebut juga akan semakin tinggi. Dengan menerapkan konsep Ikigai, maka rasa percaya bahwa semua kegiatan akan berhasil membuahkan hasil di masa depan akan semakin tinggi. 

 

  • Lebih Cepat Dalam Bekerja 

Jika pekerjaan yang dilakukan memang berdasarkan hal yang disukai, maka Sobat akan lebih merasa enjoy dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Didukung dengan rencana yang tersusun dengan baik, maka akan membantu pekerjaan cepat terselesaikan.  

 

  • Mempermudah Dalam Mengambil Tindakan 

Karena tujuan sudah jelas, maka dalam mengambil keputusan pun akan sangat terbantu. Dengan konsep Ikigai ini, Sobat akan lebih mudah memahami bagian – bagian yang masuk dalam prioritas, sehingga bukan hal sulit untuk mengambil keputusan. Tidak hanya itu, peluang dalam menghadapi kesalahan juga menjadi lebih kecil. 

 

Ikigai Adalah Keseimbangan 

Dalam konsep Ikigai terdapat empat faktor yang mendorong rasa puas dan dapat memotivasi seseorang, dimana 4 faktor tersebut adalah passion, permintaan, keahlian dan nilai. Nyatanya konsep ini dikenal bisa menginspirasi dalam membangun sebuah bisnis.  

  • Passion  

Tentukanlah passion Sobat, bisa berupa aktivitas yang spesifik hingga dampak yang Sobat berikan pada dunia atau membantu para pelanggan. Misal, Sobat memiliki passion dibidang kuliner dan suka mencoba untuk membuat menu baru, maka hal tersebut bisa dijadikan ide bisnis yang mungkin cocok Sobat lakukan. Tapi perlu diingat bahwa mungkin terdapat banyak sekali hal yang Sobat sukai tapi tidak semua nya dapat memenuhi kriteria dalam konsep Ikigai ini.  

 

  • Keahlian 

Passion yang Sobat miliki mungkin banyak dan beragam, tapi pastinya tidak semua hal tersebut bisa Sobat lakukan dengan baik dan maksimal bukan?  Dalam konsep Ikigai ini, Sobat tidak bisa asal melakukan hal – hal tersebut khususnya jika ingin diterapkan dalam bisnis. Dalam konsep Ikigai ini, Sobat harus ahli dalam melakukan hal tersebut agar tercipta bisnis yang seimbang, karena konsep dari Ikigai adalah keseimbangan.  

 

  • Permintaan 

Ketika akan menjalankan suatu bisnis, Sobat harus mampu untuk menciptakan produk yang diinginkan oleh target konsumen. Sobat harus melakukan riset pasar terlebih dahulu agar dapat menentukan target pasar dan kebutuhan pasar yang tepat. Jika Sobat fokus untuk membuat sesuatu yang tidak sesuai dengan kebutuhan pasar, maka Sobat hanya akan membuang – buang waktu untuk membuat suatu hal yang nanti nya akan  sulit dihargai oleh orang – orang.  

Sobat bisa pastikan bahwa target pasar yang Sobat tuju memiliki lingkup yang luas sehingga produk tersebut dapat mudah masuk kedalam pasar. Sobat bisa juga mengandalkan internet untuk menciptakan pasar yang spesifik hingga dapat menjangkau pelanggan secara global. 

 

  • Monetisasi 

Jika Sobat sudah menemukan hal yang dapat dijadikan passion, sesuatu yang ahli untuk dilakukan hingga permintaan pasar yang tinggi, maka selanjutnya Sobat harus mengolah hal tersebut menjadi hal yang dapat menghasilkan keuntungan untuk Sobat karena pada dasar nya menjalankan bisnis memang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan Dalam membentuk bisnis, tentunya harus diperkirakan juga bagaimana bisnis tersebut dapat balik modal dan bisa membawa keuntungan untuk Sobat – sobat sekalian.  

 

Dalam menemukan konsep Ikigai, Sobat bisa tanyakan pada diri Sobat beberapa pertanyaan berikut yang sudah dibahas pada pembahasan di atas, diantaranya:  

  • Apa yang Sobat sukai?  
  • Apa yang Sobat kuasai?  
  • Apa yang dibutuhkan orang – orang? 
  • Sobat dapat dibayar untuk apa? 

 

Dengan konsep Ikigai dapat membantu Sobat dalam menghasilkan tingkat keterikatan dan produktivitas  yang lebih tinggi, tidak hanya itu, Sobat juga bisa sekaligus mendorong kepuasan kerja dan loyalitas kepada organisasi. Bagaimana? Tertarik dengan konsep satu ini?  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found