Tertarik Dengan Dunia Per Jepang-an? Coba Bisnis Ini Deh!

Sobat Pajak | 2023-09-05 17:16:14 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Dikutip dari CNBC Indonesia, saat ini Indonesia adalah salah satu negara dengan fandom budaya populer Jepang terbesar di Asia. Banyak sekali hal – hal ke-Jepangan yang disukai oleh masyarakat Indonesia, seperti manga, cosplay, hingga kartun jepang. Bahkan saat ini sudah banyak acara – acara dengan konsep Jepang yang selalu berlangsung setiap tahun nya. Peminat nya pun luar biasa, akan ada banyak orang yang datang hanya untuk melihat – lihat pameran saja atau bahkan menjadi cosplay, dimana orang tersebut akan menggunakan kostum dan berdandan seperti karakter animasi jepang tersebut. Sebagai pebisnis, hal ini tentu nya tidak boleh dilewatkan begitu saja dong. Yuk simak! 

 

Ide Bisnis Untuk Penggemar Dunia Jepang 

Jika Sobat memiliki ketertarikan dengan manga, animasi hingga cosplay, maka ide bisnis ini cocok nih untuk dilakukan.  

  • Kaos Sablon  

Sobat bisa mencoba bisnis satu ini karena modal yang diperlukan tidak begitu besar, bahkan bisa dilakukan dirumah saja. Lalu sobat bisa membuat design atau menggunakan animasi karakter jepang atau desain yang mengandung unsur jepang sehingga dapat menarik orang – orang yang memiliki ketertarikan pada dunia ke-jepangan. Sobat bisa juga mengikuti acara – acara dengan konsep Jepang seperti pameran, sehingga bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.  

  • Aksesoris 

Dengan marak nya tren animasi atau karakter, maka Sobat bisa jadikan bisnis aksesoris sebagai peluang. Modal yang diperlukan tidak besar tapi bisa meraup banyak calon konsumen. Bisnis aksesoris seperti gantungan kunci dan pin akrilik sangat bisa memberikan keuntungan yang luar biasa, walaupun bisnis satu ini mungkin kerap dipandang kurang menjanjikan, tapi untuk pasar yang tepat bisnis ini memiliki peluang besar. Modal dan proses pembuatan nya pun tidak sulit dan bisa dipelajari jika ada kemauan, jika Sobat mempunyai kemampuan dalam desain, maka akan lebih mempermudah lagi dan bisa menambah nilai kreasinya. Selain gantungan kunci atau pin akrilik, Sobat juga bisa membuat stiker, dengan modal yang sangat minim juga tentunya. Bahan nya pun lebih mudah ditemukan. Akan menjadi nilai tambahan, jika Sobat juga mengetahui banyak karakter animasi Jepang sehingga hasil yang diberikan bisa lebih bervariasi lagi.   

  • Kedai Makanan 

Sobat bisa membukan kedai atau booth makanan di berbagai event Jepang. Dengan menjual makanan – makanan khas Jepang, seperti ramen, takoyaki, sushi, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi, dalam acara Jepang akan ada banyak pengunjung yang datang sehingga kedai Sobat pasti akan dilirik oleh banyak pengunjung yang datang. Pastikan bahan yang digunakan berkualitas sehingga kedai makanan Sobat lebih disukai oleh konsumen. Jangan lupa, pastikan kebersihan selalu terjaga ya! 

  • Kostum Cosplayer 

Cosplay merupakan kegiatan yang sangat terkenal di kalangan pencinta anime (karakter animasi jepang). Sobat pasti pernah kan melihat orang yang berpakaian dan berdandan menyerupai sebuah karakter, ternyata kostum tersebut banyak peminat nya lho! Sobat bisa jadikan hal tersebut sebagai ladang bisnis Sobat. Dengan menjual beragam kostum cosplayer dengan berbagai karakter. Jika Sobat sudah menggeluti bidang cosplay cukup lama, maka Sobat bisa juga mencoba untuk membuka usaha desain kostum cosplayer. Jadi sambil menyalurkan hobi, Sobat juga bisa mendapatkan untung. Agar dapat lebih dikenal Sobat bisa mengikuti komunitas – komunitas cosplay untuk melalukan promosi.  

 

Acara yang Dapat Diikuti 

  • Comic con 

Acara selebrasi budaya pop culture terbesar di Indonesia yang diperuntukan untuk para penggemar pop culture dari dunia komik, mainan, film, dan juga gaya hidup. Acara ini sangat besar, bahkan pada acara tahun 2022 lalu, Comic con berhasil disponsori oleh TikTok Shop. Acara ini selalu diminati, tidak hanya untuk digemari tapi juga menjadi tempat untuk berkarya. Nah, dengan mengikuti acara ini, bisnis Sobat sangat berpeluang besar untuk laris manis.  

  • Comifuro 

Baru – baru ini diadakan di ICE BSD, Comifuro yang berlangsung selama 2 hari ini banyak sekali diminati lho! Comic Frontier atau Comifuro merupakan acara pameran dengan tujuan dapat menjadi tempat penyalur minat dan bakat untuk para pembuat karya kreatif independen. Partisipan nantinya dapat berinteraksi secara langsung dengan para peminat. Fakta nya acara ini selalu ramai peminat setiap tahun nya, sehingga bisa Sobat jadikan sebagai ladang berbisnis Sobat.  

 

Masih banyak lagi acara – acara yang bisa Sobat ikuti kok! Jadi jangan lewati kesempatan tersebut ya. Selamat mencoba! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found