Dari Rumah Bisa Ngehasilin Cuan? Kok Bisa?

Sobat Pajak | 2022-16-12 17:23:05 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Perkembangan teknologi tidak main-main lagi di era sekarang. Bahkan yang dulu nya tidak mungkin ada komunikasi jarak jauh, sekarang pun bisa. Yang dulu nya harus keluar rumah dulu untuk menjual barang atau membeli barang, sekarang bisa dilakukan di rumah saja. Memanfaatkan teknologi adalah hal yang perlu dilakukan sekarang.  

Salah satu keraguan seorang calon wirausahawan dalam membuka usaha adalah tidak memiliki modal untuk membeli tanah atau bangunan yang digunakan untuk membuka usaha. Namun, apakah teman-teman pernah membayangkan jika membuka usaha dari rumah saja? Membuka usaha dari rumah saja merupakan salah satu alternatif yang bisa dijadikan inovasi baru loh.  

 Tips Membuka Usaha Dari Rumah 

1. Tentukan Ide Bisnis 

Ide bisnis bisa Sobat tentukan dengan melihat lingkungan sekitar, lihat apa yang dibutuhkan oleh target pasar yang akan Sobat kenakan. Selain itu, Sobat juga bisa melihat dari skill yang Sobat miliki, dengan memanfaatkan skill yang dimiliki dan kebetulan lingkungan sekitar Sobat juga memerlukan itu, maka kesempatan tersebut adalah nilai tambah untuk kalian loh Sobat. 

Jika Sobat telah memiliki ide bisnis, maka Sobat bisa mengembangakan ide tersebut. Fokuslah pada 1 ide bisnis yang akan Sobat jalani agar bisnis yang telah berjalan tidak berhenti ditengah jalan. 

2. Buatlah Rencana Bisnis 

Walaupun bisnis yang Sobat jalani hanya di rumah saja, namun membuat rencana bisnis juga perlu Sobat lakukan loh. Dengan rencana bisnis yang Sobat buat, maka akan mempermudah Sobat dalam mencapai tujuan bisnis. Rencana bisnis tidak hanya diawal saja, namun akan Sobat terapkan disetiap ada inovasi-inovasi baru yang akan Sobat jalankan. Tentukan tujuan bisnis, target pasar, persentase keuntungan yang akan Sobat gunakan, persediaan yang akan Sobat gunakan dan yang akan dijual.  

3. Menyiapkan Modal Bisnis 

Modal usaha yang cukup akan membantu dalam operasional sebuah usaha. Modal yang akan Sobat gunakan dalam bisnis, dapat berupa uang, kendaraan, atau aset lainnya. Modal yang Sobat miliki harus sesuai dengan ide bisnis yang Sobat jalani agar tidak menyebabkan kerugian. Sobat dapat menulis hal apa saja yang diperlukan dalam usaha bisnis, sebaiknya dilakukan serinci mungkin untuk menghindari adanya kerugian kedepannya.  

4. Lakukan Riset Pasar dan Kompetitor 

Riset pasar perlu Sobat lakukan untuk mengetahui hal apa yang dibutuhkan dan digemari oleh konsumen. Ketika Sobat sudah mengetahuinya, maka Sobat akan lebih mudah dalam menarik perhatian konsumen. Setelah Sobat melakukan riset pasar, Sobat juga perlu melakukan riset kompetitor agar usaha Sobat memiliki inovasi dan kreatifitas yang lebih tinggi dibandingkan kompetitor, serta agar usaha Sobat tidak kalah saing dengan para kompetitor, apalagi di era sekarang ini. 

5. Cari Supplier Produk 

Mencari supplier produk yang sesuai dengan usaha yang Sobat jalankan. Dan, pastikan harga yang Sobat dapatkan tidak tinggi, sehingga Sobat bisa menaikkan harga ketika menjualnya atau menggunakan produk tersebut. Membeli di supplier akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan membeli di pasar atau supermarket. 

6. Melakukan Promosi 

Semua  pasti sudah tidak asing lagi dengan kata promosi. Mempromosikan bisnis/usaha yang lagi dijalani sudah pasti harus dilakukan agar usaha Sobat dikenal oleh para konsumen. Ternyata ada berbagai cara yang dapat Sobat lakukan untuk mempromosikan usaha Sobat loh. Memanfaatkan sosial media dapat dijadikan alternatif nya, bisa melalui Instagram, Tiktok, Whatsaap, Youtube, dan platform lainnya. Tidak hanya dikalangan remaja saja, orang dewasa pun sekarang menggunakan sosial media. Jadi Sobat bisa memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi dan lihat target pasar nya. 

7. Evaluasi dilakukan Secara Berkala 

Melakukan evaluasi tentu harus dilakukan untuk melihat sejauh mana usaha Sobat telah berjalan dan melihat apakah target pasar yang Sobat rencanakan sudah sesuai atau belum, serta melihat apakah produk yang Sobat jual dapat diminati lingkungan sekitar atau tidak. Tidak hanya itu, melihat arus keuangan bisnis juga perlu dilakukan untuk melihat pemasukan dan pengeluaran yang terjadi balance.  

 

Lalu, usaha apa saja ya yang bisa Sobat lakukan dari rumah? Usaha-usaha berikut dapat menjadi opsi para Sobat untuk menjalankan usaha dari rumah loh, mari simak. 

1. Usaha Pakaian 

Membuka usaha pakaian bisa Sobat lakukan dari rumah saja loh. Sobat bisa melakukan promosinya di sosial media dan agar dapat lebih dikenal oleh konsumen, dan konsumen langsung bisa memesan melalui platform sosial media. Banyak yang melakukan cara ini bagi pemula yang tidak memiliki modal besar. 

2. Usaha Kuliner 

Sama dengan usaha pakaian, usaha kuliner juga bisa dipromosikan di sosial media terlebih dahulu dengan mencantumkan review-review dari orang sekitar Sobat saat mencoba nya, baik itu keluarga, teman, bahkan tetangga juga. Ketika ada yang memesan, Sobat bisa langsung buatkan dan bisa mengirim melalui jasa pengiriman seperti ojek online. 

3. Youtuber 

Jika Sobat memiliki bakat dalam menyampaikan sesuatu dengan menghibur (seni entertain), maka menjadi youtuber juga bisa menjadi alternatif untuk Sobat, karena youtuber bisa dilakukan hanya di rumah saja loh. Yang terpenting untuk diperhatikan untuk menjadi youtuber adalah hal yang Sobat bahas dalam video tersebut dan pastikan target pasar nya juga sudah menyukai hal yang Sobat bahas tersebut, dan terakhir adalah hal yang Sobat bahas memiliki nilai/value. 

4. Jasa Laundry 

Membuka jasa laundry tidak mesti harus memiliki tempat usaha sendiri, dengan memanfaatkan rumah Sobat juga bisa loh. Asalkan, rumah Sobat memiliki ruang atau kapasitas yang cukup untuk alat-alat yang digunakan. Selain itu juga, Sobat harus memperkenalkan atau mempromosikannya kepada orang sekitar, karena tanpa diketahui orang maka usaha Sobat tidak akan berjalan lancar. 

5. Penjahit Pakaian 

Banyak yang membuka usaha jasa penjahit pakaian, karena usaha tersebut tidak memerlukan tempat yang luas untuk menjalankannya dan dapat dilakukan di rumah saja. Sama seperti jasa laundry, biasanya pelanggan datang karena sudah mengetahui serta hasil yang diperoleh memuaskan. 

6. Desain Grafis 

Memiliki seni dalam desain juga bisa Sobat manfaatkan hanya dari rumah saja loh. Mulai dari membuat kartu nama, logo usaha, backdrop acara, dan sejenisnya. 

 

Itulah beberapa tips dalam membuka usaha dari rumah dan jenis-jenis usaha yang bisa dijalani dari rumah saja. Yuk ikuti terus berbagai tips lainnya untuk mengembangkan usaha Sobat. 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook 

Article is not found
Article is not found