9 Alasan Mengapa Bisnis Pemula Kurang Berhasil

Sobat Pajak | 2023-24-04 14:37:03 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sobat pernah kebingungan ketika memulai bisnis tapi tidak sesukses bisnis orang lain? Bagaimana orang bisa sangat sukses seperti itu dan Sobat tidak? Padahal ide yang cemerlang telah Sobat eksekusi dan lakukan, tapi hasilnya tetap masih jauh dari harapan. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang dapat membuat para pemula termasuk Sobat menjadi sulit untuk bertahan dan berkembang di dunia bisnis. Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan bisnis pemula kurang berhasil? Ayo simak penjelasan berikut.

1. Riset pasar yang tidak memadai

Banyak pemula yang memilih untuk tidak melakukan riset pasar secara luas yang berkaitan dengan pesaing mereka. Padahal, riset pasar yang menyeluruh dan luas adalah hal yang harus dilakukan agar pelaku usaha pemula seperti Sobat dapat menganalisis apa keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh para pesaing.

2. Pelaku usaha pemula tidak dapat menyelesaikan masalah

Bisnis pemula banyak yang mengalami kegagalan karena tidak siap dalam memecahkan masalah yang terjadi di sekitar lingkup pelanggan. Umumnya, mereka memecahkan masalah dengan mengikuti apa yang dilakukan kebanyakan pesaing sehingga yang terjadi adalah persaingan menjadi sangat sengit. Pelaku usaha pemula yang mampu untuk memecahkan masalah secara mumpuni, memiliki kesempatan untuk mengembangkan usahanya dengan baik. 

3. Alasan memulai usaha yang salah

Alasan memulai usaha yang salah umumnya bersifat subjektif, apa yang digolongkan sebagai sesuatu yang "salah" biasanya tergantung pada pelaku usaha dan jenis usaha yang mereka coba implementasikan. Sebagai contoh, harga produk yang tidak dapat bersaing dengan para pesaing karena harga proses produksi yang lebih mahal, pembagian keuntungan yang masih kecil di antara para pendiri usaha, mengeluarkan produk yang unik dan lucu tanpa memikirkan dan mempertimbangkan jumlah calon pembeli. 

Apabila pelaku usaha berniat untuk memulai usaha, maka harus benar-benar melakukannya dengan semangat dan bergairah, tekun, dan penuh waktu untuk mencapai sesuatu, termasuk mengganti haluan apabila perlu.

4. Rencana usaha tidak dilakukan dengan benar

Hal ini merupakan salah satu faktor utama mengapa kebanyakan usaha pemula menjadi gagal. Perencanaan usaha sejatinya adalah hal yang mutlak dan juga penting. Bukan hanya pemula, bahkan pebisnis yang ulung pun juga perlu merencanakan usaha terlebih dahulu. Perencanaan yang matang dapat membuat pelaku usaha siap dalam mengatasi setiap tantangan dan hambatan yang akan datang. 

5. Tidak memiliki kegigihan

Tidak memiliki kegigihan mungkin saja terjadi apabila alasan atau motivasi utama seorang pemula hanyalah mencari uang secara cepat. Memerlukan lebih banyak waktu bagi pemula untuk dapat melakukannya dengan baik.

6. Modal yang tidak cukup

Ada begitu banyak biaya tersembunyi ketika memulai usaha. Terdapat saat-saat dimana biaya tiba-tiba melonjak dan muncul di sana-sini. Hal ini bisa saja terjadi apabila pelaku usaha belum merencanakan pembiayaan yang cukup. Pelaku usaha mungkin telah menghabiskan banyak waktu, energi, dan modal untuk meningkatkan usahanya, tetapi apabila tidak cukup modal biasanya pebisnis, baik pemula maupun yang sudah ulung pun akan mengalami kesulitan untuk melanjutkan usahanya lebih lanjut.

7. Manajemen yang buruk

Kelemahan dari banyak pemula adalah biasanya mereka lupa untuk benar-benar mengelola usaha dan perkembangannya. Bagi sebagian dari mereka, manajemen merupakan sesuatu yang baru dalam menjalankan usaha, ditambah lagi mereka belum memiliki pengalaman, hal inilah yang kemudian memicu timbulnya masalah. Setidaknya, manajemen dasar perlu dipelajari, seperti manajemen pemasaran, produksi, operasional, dan keuangan.

8. Pemilihan lokasi yang kurang tepat

Faktor lain mengapa usaha pemula gagal adalah mereka salah memilih lokasi tempat menjalankan usaha. Hal ini tidak terjadi apabila telah melakukan riset pasar dan rencana usaha. Banyak pelaku usaha yang fokus pada lokasi sebelum menjalankan usaha. Memang, tidak selamanya lokasi menjadi penentu keberhasilan usaha. Tetapi, tidak ada salahnya apabila kita memaksimalkan segala upaya untuk mencapai kesuksesan.

9. Kurangnya keahlian tim 

Faktor kegagalan lainnya adalah tim pemula tidak bisa mengelola usaha dengan benar karena kurangnya keahlian, keterampilan, atau pengalaman. Seharusnya, ketika usaha kehilangan beberapa tenaga kerja, hal itu bukanlah akhir dari usaha. Solusinya yaitu mengalihkan tim yang ada sekarang dengan orang-orang yang tepat untuk pekerjaan itu. 

 

Di era globalisasi saat ini, banyak masyarakat yang tertarik untuk membuka usaha, namun banyak diantara mereka tidak mampu bertahan dari berbagai macam alasan, seperti yang telah mimin Sopa sebutkan diatas. Untuk Sobat yang mempunyai keinginan membuka usaha, jangan lupa perhatikan beberapa alasan mengapa usaha pemula kurang berhasil ya!

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook

Article is not found
Article is not found