Strategi Marketing Word of Mouth

3 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Sesuai dengan namanya, word of mouth marketing merupakan salah satu bentuk pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut. Strategi pemasaran ini paling sering dilakukan, bahkan cukup ampuh untuk menarik pelanggan. Walau begitu, strategi ini sangat tergantung pada pelanggan, namun jika dilakukan dengan baik, hasil yang diberikan juga bisa maksimal. Sebab, kebanyakan orang merasa lebih bisa mempercayai rekomendasi dari orang yang sudah dikenalnya, daripada melihat dari iklan atau media sosial lainnya.

Apa Itu Word of Mouth

Menurut ahli Kotler & Keller, word of mouth merupakan komunikasi dari mulut ke mulut yang merupakan proses komunikasi berupa pemberian rekomendasi, baik secara individu maupun kelompok, terhadap suatu produk atau jasa yang bertujuan untuk memberikan informasi secara personal. Secara singkat, word of mouth mempromosikan sebuah barang atau jasa dari mulut ke mulut, dari satu orang ke orang lainnya tanpa adanya paksaan.

Orang yang akan memberi rekomendasi, baik itu toko ataupun produk, biasanya memiliki hubungan dengan orang lainnya, baik itu kerabat, keluarga, ataupun teman.  Orang yang merekomendasikan barang tersebut biasanya sudah pernah mencobanya dan puas akan hasil yang didapatkan. Karena percaya dengan omongan orang tersebut, orang yang direkomondasikan pun akan tertarik untuk mencobanya.

Di sinilah kekuatan dari word of mouth marketing, hubungan dan kepercayaan dari masing-masing orang. Tidak hanya dalam bentuk percakapan saja, word of mouth sendiri bisa dalam bentuk review barang yang bisa ditemukan di situs e-commerce.

Tips agar Word of Mouth Efektif

Strategi pemasaran yang satu ini cukup sulit dikendalikan secara langsung karena pelanggan yang berperan dalam merekomendasikan bisnis kepada kenalannya. Walau begitu, bukan berarti pelaku bisnis tidak bisa berbuat apa – apa dalam menerapkan word of mouth. Berikut beberapa cara agar strategi pemasaran word og mouth bisa lebih efektif:

  • Memberikan pelayanan maksimal

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Pelayanan yang baik juga harus memperhatikan kualitas barang dari yang dijual juga. Jika pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan, mereka akan memiliki kemungkinan untuk mempromosikan bisnis kepada kenalannya tanpa harus diminta.

  • Memperkuat hubungan dengan pelanggan

Memiliki hubungan yang dekat dengan pelanggan, tentunya akan mempermudah pelanggan untuk mereferensikan produk dari brand tersebut kepada orang-orang sekitar. Walau cara yang satu ini terdengar sederhana, namun cukup efektif.

  • Menggunakan jasa influencer

Berkembangnya media sosial juga membuat para influencer semakin dikenal di masyarakat. Dengan menggunakan jasa influencer bisa memperkuat strategi word of mouth agar menjangkau lebih banyak orang. Tidak hanya itu influencer juga membantu meningkatkan branding karena memiliki jumlah followers yang banyak. Namun, alangkah baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih influencer.

  • Meminta testimoni dari pelanggan

Bagi usaha yang baru berdiri, bisa mencoba meminta testimoni kepada pelanggan yang berkunjung. Jika testimoni yang diberikan bagus, tentunya juga memberikan nilai tambah kepada usaha dan bisa digunakan sebagai bahan promosi agar orang-orang lebih percaya

  • Membuat kode referral

Salah satu hambatan dalam metode pemasaran ini adalah tidak semua pelanggan yang puas dengan produk dan layanan yang diberikan akan mau merekomendasikannya ke orang terdekat. Semua pelanggan memiliki kesibukan masing-masing dan juga tidak merasa diuntungkan bila merekomendasikan bisnis Anda. Salah satu solusi lain untuk menerapkan word of mouth secara efektif adalah membuat program referral. Program referral memberikan hadiah kepada pelanggan dalam bentuk potongan harga atau voucher setiap kali mereka membagikan kode referral kepada orang lain. Kode ini dipakai oleh pelanggan baru saat mereka pertama kali melakukan transaksi dengan bisnis Anda agar bisa mendapatkan potongan harga. Dengan begitu, pelanggan merasa diuntungkan dengan potongan harga yang didapatkan dan bisnis Anda juga bisa semakin dikenal.

Manfaat Word of Mouth

Jika word of mouth diterapkan dengan baik dan berhasil, maka memberikan dampak yang signifikan terhadap usaha yang dijalankan. Berikut beberapa manfaat dari word of mouth:

  • Membangun Brand

Melalui word of mouth, bisnis bisa berkembang dengan pesat. Ketika sebuah brand menjadi perbincangan, maka brand tersebut dapat dengan mudah diterima dan dipercaya kualitasnya oleh masyarakat. Tentu saja perusahaan harus tetap melakukan upaya branding lainnya, agar brand tersebut semakin besar.

  • Minim biaya

Keuntungan dari strategi word of mouth adalah minimnya biaya yang dibutuhkan. Hanya bermodalkan pelayanan yang baik dan memberikan barang yang berkualitas bisa memberikan pengalaman yang ternilai kepada pelanggan. Dengan mendapatkan pengalaman tersebut, pelanggan bisa merekomendasikannya kepada orang di sekitarnya.

  • Meningkatkan Kepercayaan

Word of mouth akan terjadi apabila pelanggan telah merasakan telah membeli dan menggunakan produk yang dijual. Sehingga, pelanggan tersebut tahu bahwa produk yang dia coba adalah produk yang memiliki kualitas dan pelayanan yang baik. Bahkan dengan adanya pengalaman tersebut bisa membuat seorang pelanggan merekomendasikannya kepada lingkungan sekitarnya.

Strategi pemasaran word of mouth menjadi salah satu strategi terbaik yang dapat diterapkan. Selain minim biaya, strategi ini sangat bermanfaat guna membangun brand dalam jangka panjang. Jangan lupa manfaatkan sosial media sesering mungkin, agar brand Anda juga semakin dikenal di sosial media dan dapat menjangkau pasar lebih luas.

Article is not found
Article is not found