Wajib Tahu Tools Ini Kalau Mau Sukses Berbisnis Online!

Sobat Pajak | 2023-26-04 18:21:31 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sobat mau mulai bisnis online tapi masih bingung cara mengoperasikannya? Atau sudah memiliki bisnis online yang berjalan tapi segitu – segitu aja tidak ada kemajuan? Mungkin Sobat belum mencoba beberapa tools ini secara maksimal.  

Di era digital seperti sekarang ini, akan sulit jika melakukan apapun secara manual. Kita dituntut untuk bisa mengikuti cepatnya pertumbuhan teknologi yang berkembang sangat pesat setiap hari nya. Nggak cuman itu aja, kita juga harus pintar – pintar memaksimalkan berbagai hal nya agar bisa dapat lebih mudah dan menghemat waktu. Begitu juga dengan bisnis online. Perlu berbagai ‘alat pelengkap’ yang membantu dalam menjalankan hingga mengelola bisnis online Sobat.  

Tidak melulu soal posting produk di sosial media dan mempromosikannya di semua akun sosial media, menunggu pembeli untuk datang secara sendirinya. Saat ini hal tersebut tidak bisa membantu Sobat menjalankan sebuah bisnis online, perlu didukung dengan berbagai aspek.  

Terlebih lagi saat ini persaingan antar bisnis online sudah sangat kompetitif. Tidak seperti beberapa tahun lalu, didorong dari faktor pandemik hampir seluruh kategori bisnis ikut berpindah haluan ke bisnis online. Maka itu ada beberapa tools yang bisa memberikan beberapa bantuan untuk mengoperasikan bisnis online Sobat, diantaranya: 

1. E-commerce 

E-commerce adalah sebuah wadah untuk proses jual beli menggunakan jaringan internet.  Dilansir dari Globaldata.com Indonesia mengalami kenaikan yang pesat terhadap penjualan di e-commerce didorong dengan adanya COVID-19 yang membuat konsumen lebih memilih berbelanja online terlebih lagi dengan adanya social distancing sehingga saat ini online shopping menjadi popular di Indonesia. 

Dengan kenyamanan nya masyarakat Indonesia dalam menggunakan e-commerce, bagi pebisnis hal ini merupakan peluang emas untuk meraup populasi konsumen. E-commerce akan mempermudah Sobat untuk memasarkan produk agar lebih cepat dilihat oleh konsumen. Ditambah banyak e-commerce yang sudah memiliki banyak peminatnya, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli dan berbagainya.  

2. Canva 

Dalam memasarkan produk di dunia digital pastinya diperlukan desain yang menarik, maka Canva sudah menjadi sahabat baik untuk bisnis Sobat. Tidak hanya canva saja, banyak juga software desain yang bisa Sobat gunakan, hanya saja Canva bisa menjadi pilihan bagi para Sobat UMKM untuk memulai desain. Bisa digunakan untuk mendesain sebuah logo, konten gambar untuk sosial media, kartu nama hingga packaging. Small business friendly ya! 

Canva memiliki banyak template yang bisa Sobat gunakan untuk bisnis, walaupun tidak semua bisa diakses secara gratis tapi template gratis tersebut sudah sangat memudahkan Sobat dalam membantu menjalankan bisnis Sobat. Dengan berbagai fitur yang lengkap, Sobat sangat bisa berkreasi untuk mendesain perlengkapan toko online sobat sekreatif mungkin. 

3. Content Planner 

Sosial Media yang aktif sangat penting dalam bisnis Sobat, selain dapat meningkatkan engagement, sosial media yang terdesain rapih dan memiliki jam posting yang teratur juga bisa mendatangkan calon konsumen baru. Dengan banyaknya hal yang perlu dikelola dengan baik, Seringkali pelaku usaha merasa kesulitan untuk mengatur waktu. Tool ini akan sangat membantu Sobat dalam mengelola sosial media, diantaranya Hootsuite dan Buffer. Kedua nya memiliki fungsi yang mirip akan tetapi ada beberapa fitur yang berbeda diantara kedua nya.  

Hootsuite bisa membantu Sobat untuk membuat jadwal posting sosial media seperti Instagram, Facebook hingga Twitter. Sobat juga bisa mengelola komentar langsung dari aplikasi tersebut. Fitur uniknya, Sobat bisa mendapatkan statistik mengenai sosial media bisnis Sobat sehingga dapat lebih mudah melihat perkembangannya.  

Begitu pula dengan Buffer, tool ini juga membantu dalam membuat jadwal dan posting otomatis untuk sosial media. Bedanya, Buffer lebih pada mencari dan mengelola konten. Fitur uniknya, Buffer memiliki aplikasi editor foto sederhana jadi lumayan banget digunakan untuk mengoptimalkan foto di sosial media Sobat. Kedua tools tersebut memiliki fitur gratis dan berbayar yang bisa Sobat sesuaikan dengan kebutuhan. Kira-kira Sobat lebih pilih yang mana nih?  

4. Google Analytics & Google Ads 

Bagi pebisnis, tools ini cukup krusial. Google Analytics membantu dalam mengelola data penting yang berhubungan dengan pengunjung situs website bisnis Sobat seperti banyaknya kunjungan dalam waktu tertentu, konversi, produk terlaris hingga kisaran pendapatan yang didapatkan Sobat dan masih banyak fitur lainnya. Cukup dengan memiliki akun Google Sobat sudah bisa menggunakan tool ini. Sobat juga bisa menyatukan tool Google Analytics ini dengan Google Ads untuk mempermudah penargetan calon konsumen yang lebih efisien dan fleksibel dalam mengelola bisnis Sobat. 

Google Ads membantu sebuah bisnis dalam mengiklankan produk / jasa, tidak hanya di Google saja, bisa juga di website hingga aplikasi mobile. Bentuk iklan yang didapatkan juga beragam, bisa berupa iklan video dan iklan daftar produk. Google Ads bekerja berdasarkan keyword yang dipilih. 

5. Mailing List 

Jika bisnis Sobat seringkali menggunakan e-mail untuk menghubungi klien, partner bisnis maupun konsumen potensial, maka fitur mailing list ini sangat membantu Sobat dalam  

mengelola kontak tersebut, fitur ini bisa mengelompokkan kontak penting yang ingin diperbarui informasinya setiap hari. Tool yang bisa digunakan Sobat UMKM bernama MailChimp. 

Tool ini dapat mengatur newsletter bisnis dengan berbagi template yang sudah disediakan. Sobat juga bisa mendapatkan data statistik mengenai pendapat konsumen terhadap bisnis Sobat hingga mengenai laporan pendatapan. MailChimp juga sudah terhubung dengan Google Analytics sehingga semua tools tersebut dapat memberikan hasil yang lebih efektif.  

 

Dengan tools diatas, Mimin Sopa harap bisnis online Sobat bisa lebih berkembang dan berjalan efektif ya! Selamat Mencoba! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.  

Article is not found
Article is not found