Yuk Ketahui Bagaimana Strategi Peningkatan Kualitas Produk UMKM

Sobat Pajak | 2022-15-11 17:36:22 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - UMKM merupakan sebuah usaha yang memberikan dampak baik bagi perekonomian di Indonesia, karena dengan adanya UMKM maka terciptalah lapangan pekerjaan.  Tapi apakah dengan diam saja UMKM akan terus berkembang? Tentu tidak. Diperlukan inovasi, kreatifitas hingga kualitas dari produk UMKM tersebut. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pelaku UMKM agar dapat bertahan dalam peningkatan kualitas produk adalah dengan menerima saran serta mereview dari sosial media mengenai produk di era ini.

 

Cara Untuk Meningkatkan Kualitas Produk

  1. Kualitas Desain Dari Kemasan Produk

Kemasan yang baik adalah kemasan yang dapat melindungi produk nya dari pengaruh lingkungan sekitar dan ketika proses distribusi. Selain melindungi produk nya, kemasan juga memiliki fungsi sebagai sarana dalam pemasaran karena melalui kemasan dapat menarik daya pikat konsumen terhadap suatu produk.

Faktor-faktor yang dapat menjadi pertimbangan dalam mendesain kemasan produk yaitu :

  • Faktor Pengamanan, yang dimaksud dengan pengamanan yaitu sebuah kemasan harus dapat melindungi suatu produk terhadap berbagai hal yang mungkin akan terjadi pada saat produk tersebut dipasarkan, sehingga tidak terjadi nya kerusakan terhadap suatu produk.
  • Faktor Ekonomi, saat membuat kemasan produk tentunya tidak bisa disepelekan mengenai biaya dari pembuatan kemasan produk tersebut agar tidak melebihi proporsi dari manfaatnya.
  • Faktor Pendistribusian, proses pendistribusian menjadi salah satu faktor yang juga harus diperhatikan. Karena ketika kemasan yang dengan mudah didistribusikan memberikan dampak yang baik juga.
  • Faktor Komunikasi, komunikasi yang dimaksudkan adalah kemasan dapat menjelaskan isi dari produk tersebut. Pada kemasan telah dijelaskan mengenai produk tersebut serta mudah untuk dilihat,diingat serta dipahami.
  • Faktor Ergonomi, ketika memilih sebuah kemasan tersebut, maka harus dipastikan agar kemasan tersebut dapat dengan mudah untuk dibuka, dibawa, dan dipegang.
  • Faktor Estetika, pada era ini tentunya estetika sangat diperhatikan oleh konsumen dan menjadi poin plus jika kemasan memiliki faktor estetika karena akan menambah daya tarik konsumen.
  • Faktor Lingkungan, kemasan yang dibuat dengan memperhatikan lingkungan adalah kemasan yang baik. Karena selain memperhatikan faktor lainnya yang telah disebutkan diatas, kemasan yang ramah lingkungan, dapat didaur ulang dan dapat dipakai ulang sangat berpengaruh dalam lingkungan kita.
  1. Memperluas Pemasaran di Akun Media Sosial

     Perkembangan teknologi yang semakin pesat menyebabkan promosi mengenai suatu produk dapat dilakukan secara online. Dengan memanfaatkan media sosial dapat memberikan dampak yang baik pada suatu produk. Dengan melakukan pemasaran di media sosial akan dilihat oleh kalangan konsumen mengenai produk kita.

  1. Mengidentifikasi Kebutuhan Serta Keinginan Konsumen

     Kualitas produk yang baik adalah ketika sudah sesuai dengan kebutuhan serta keinginan dari konsumen. Ketika konsumen lebih mementingkan harga yang murah, maka tidak diperkenankan untuk melakukan produksi dengan biaya yang lebih besar. Dan ketika konsumen yang ditargetkan lebih menginginkan produk yang melebihi harga maka produk dapat diproduksi sesuai dengan harapan dari konsumen.

  1. Mengelola Permintaan Konsumen Dengan Baik

     Ketika sudah mengetahui kebutuhan serta keinginan dari konsumen, maka pelaku UMKM harus mengelola permintaan tersebut dengan baik. Dalam pemasaran produk harus diperhatikan dari permintaan konsumen. Kualitas produk tidak hanya dilihat dari fitur yang terdapat pada suatu produk, namun dapat melalui unsur yang tak berwujud seperti hal nya konsumen memiliki rasa bangga ketika memiliki sebuah produk tersebut. Oleh karena itu, mengelola permintaan dari konsumen sangatlah penting dan dapat memberikan dampak yang baik serta kualitas yang baik terhadap suatu produk.

  1. Meningkatkan Nilai Dari Produk

     Biasanya sebelum membeli, konsumen akan memilih produk yang memiliki nilai yang tinggi. Ketika produk yang di produksi memiliki nilai yang tinggi, maka konsumen akan dengan cepat memiliki daya tarik terhadap suatu produk tersebut.

  1. Kreatifitas Terhadap Produk yang Sudah Ada

     Perkembangan teknologi yang pesat, menyebabkan suatu produk harus selalu memiliki inovasi serta kreatifitas yang baru. Tidak harus dengan meluncurkan produk baru. Dengan memodifikasi produk yang sudah ada dapat dijadikan sebagai alternatif bagi pelaku UMKM. Modifikasi yang dimaksud bisa saja dengan menambahkan sebuah fitur baru dari suatu produk tersebut, perubahan yang dilakukan tidak harus signifikan berbeda, dengan penambahan atau perubahan kecil yang memberikan poin plus kepada produk itu juga dapat dilakukan.

Menjaga kualitas produk adalah kewajiban yang dilakukan oleh pelaku UMKM. Karena dengan kualitas produk yang baik, maka produk tersebut akan memiliki nilai yang tinggi serta dapat memberikan rasa kepuasan terhadap suatu produk tersebut. Dengan demikian konsumen akan memiliki tingkat loyalitas yang tinggi terhadap produk kita dan dapat memberikan keuntungan juga bagi kita.

 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

 

Article is not found
Article is not found