Ternyata Strategi Marketing Ini Paling Populer Dikalangan Pebisnis Online!

Sobat Pajak | 2023-20-06 17:35:29 | 10 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Saat ini mungkin sudah ada beribu macam strategi marketing yang bermunculan. Tapi pernahkan sobat mendengar istilah influencer marketing? Khususnya pada zaman digital saat ini, dimana pemakaian sosial media sudah sangat tinggi. Influencer marketing telah menjadi salah satu cara paling popular dalam industri bisnis khususnya bisnis online 

Strategi marketing ini akan melibatkan penggunaan orang – orang yang memiliki dampak atau pengaruh yang kuat di sosial media maupun media tertentu, seperti influencer. Dimana sang influencer tersebut akan bekerjasama dengan suatu brand untuk mempromosikan dan memperkenalkan suatu merek atau produk kepada audiens nya.  

Lalu, apakah hal tersebut dapat memberikan manfaat bagi bisnis? Yuk kita bahas!  

 

Manfaat Influencer Marketing 

Ternyata kehadiran para influencer bisa membantu dalam bisnis lho, kira – kira apa saja ya keunggulannya?  

- Menumbuhkan Brand Awareness 

Salah satu keunggulan dari strategi ini adalah dapat meningkatkan kesadaran merek. Hal ini didukung dengan para influencer yang pada dasarnya memiliki audiens besar dan setia sehingga setiap bisnis yang berkolaborasi dengan influencer tersebut juga dapat menjangkau orang – orang yang sebelumnya tidak mengetahui merek Sobat.  

Dengan review positif dari influencer, bisnis Sobat akan sangat terbantu dalam membangun kredibilitas merek yang sedang Sobat bangun saat ini. Influencer akan membuat konten – konten kreatif yang akan mendatangkan eksposur yang tinggi terhadap bisnis Sobat, sehingga menarik ketertarikan audiens terhadap bisnis maupun produk/layanan yang Sobat tawarkan.  

Jadi, pastikan Sobat telah menyepakati bentuk konten yang akan dibuat bersama dengan influencer tersebut dan pastinya memiliki value bagi kedua belah pihak.  

- Memperkuat Interaksi Dengan Pelanggan 

Influencer marketing dapat membantu sebuah bisnis untuk membangun keterlibatan serta interaksi kuat dengan audiens nya. Hal ini dikarenakan konten yang dibuat dan dibagikan oleh influencer tersebut dapat mendorong pengguna untuk lebih interaktif dengan bisnis Sobat, seperti menyukai dan memberikan komentar akan konten Sobat serta membagikan konten – konten Sobat kepada orang lain.  

Respon serta interaksi influencer dengan audiensnya akan memberikan dampak positif terhadap hubungan sebuah brand dengan konsumen nya secara personal, dimana hubungan sebuah brand dengan konsumen nya akan jauh lebih erat melalui komunikasi dua arah dengan influencer. Sobat juga bisa mendapatkan feedback mengenai kebutuhan dan wawasan terhadap para konsumen.  

- Konversi Meningkat 

Dampak yang paling dirasakan oleh para pelaku usaha adalah meningkatnya konversi serta penjualan ketika menggunakan strategi marketing satu ini. Ketika seorang influencer yang terpercaya merekomendasikan produk atau layanan Sobat, maka konsumen akan jauh lebih percaya untuk melakukan pembelian. Melalui ulasan positif serta pengalaman yang dibagikan oleh influencer, konsumen akan jauh lebih mudah melakukan pembelian. Jadi, pastikan bahwa kualitas produk atau jasa yang Sobat tawarkan tidak mengecewakan para konsumen ya!  

Sobat juga bisa memberikan kode promo mauapun tautan afiliasi dari influencer agar strategi ini jauh lebih optimal, dengan begitu para pengikut influencer tersebut dapat lebih mudah mengakses serta melakukan pembelian pada toko online Sobat.  

- Membentuk Hubungan yang Long - Lasting dengan Pelanggan 

Dengan membangun Kerjasama dengan influencer yang relevan dengan industri atau kategori bisnis online Sobat, maka akan tercipta hubungan yang lebih intens dengan audiens. Dengan konten yang eksklusif bagi para pengikut influencer tersebut, bisnis Sobat akan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Dimana Sobat bisa mengembangkan komunitas pengikut yang kuat dan aktif dalam melakukan kolaborasi berkelanjutan dengan influencer sehingga hubungan dengan para konsumen akan jauh lebih dekat dan bertahan untuk jangka waktu yang panjang.  

 

Tips Menggunakan Strategi Influencer Marketing 

Dalam menerapkan strategi ini, tentunya Sobat tidak bisa asal dalam mengeksekusinya, perlu dilakukan beberapa tips untuk menerapkan strategi ini agar hasil nya optimal.  

Sebelum memulai teknik marketing ini, pastikan Sobat sudah mengenal baik brand Sobat. Pahami betul value brand sehingga konsep konten yang ingin dibuat sesuai dengan brand Sobat. Setelah itu, tentukanlah influencer yang cocok dengan value brand Sobat, karena tidak semua influencer bisa cocok dengan bisnis Sobat. Jadi, diperlukannya riset untuk menetapkan target pasar serta konsep konten yang cocok untuk bisnis Sobat.  

Jangan mengharapkan hasil yang instan dalam melakukan strategi pemasaran satu ini. Beri waktu agar audiens dapat mengenal bisnis Sobat dengan baik.  

 

Nah, itu dia sedikit penjelasan serta tips seputar influencer marketing. Bisa banget nih dicoba bagi Sobat – sobat yang sedang mencari cara serta strategi untuk meningkatkan serta mengembangkan bisnis Sobat. Yuk dicoba!  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

 

 

Article is not found
Article is not found