Mengenal Apa itu Brand Ambassador dan Manfaatnya bagi Bisnis

Sobat Pajak | 2023-06-04 15:54:41 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Brand ambassador adalah salah satu istilah yang kerap kali didengar akhir-akhir ini. Banyak selebriti yang menjadi brand ambassador suatu produk,  dimana brand ambassador biasanya bertugas untuk mempromosikan produk tersebut melalui media sosial yang mereka punya. Tiap perusahaan akan mencari brand ambassador yang terbaik untuk dapat membantu dalam proses peningkatan penjualan suatu produk perusahaan tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lengkap mengenai apa itu brand ambassador, tugas, dan tanggung jawab nya, serta manfaat dari memiliki brand ambassador. 

 

Definisi Brand Ambassador

Brand ambassador merupakan seseorang professional yang mewakili serta membantu suatu brand (merek) dalam mempromosikan produk ataupun brand dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan serta brand awareness. 

Seseorang yang dipilih menjadi brand ambassador, seperti public figure, selebriti, atlet, musisi, ataupun seseorang yang memiliki ketertarikan serta kemampuan dalam bidang marketing dan media sosial. Selain itu pemilihan brand ambassador suatu produk atau brand juga harus dilihat dari bagaimana cara penyampaian dari seseorang tersebut, apakah akan sampai pada calon konsumen atau tidak. 

 

Tugas serta Tanggung Jawab Brand Ambassador

Tidak hanya mampu mempromosikan produk atau brand, namun brand ambassador juga memiliki tugas serta tanggung jawab dalam kontrak kerja yang disepakati. Berikut merupakan tugas serta tanggung jawab dari brand ambassador.

  1. Memahami visi dan misi suatu perusahaan tersebut.
  2. Membangun opini positif terhadap brand yang disepakati pada setiap jaringan yang dimiliki.
  3. Menarik perhatian calon konsumen untuk meningkatkan adanya penjualan.
  4. Membangun brand awareness dengan sistem word-of-mouth marketing.
  5. Secara positif sebagai wadah dari brand tersebut.
  6. Membantu dalam proses produksi dari konten yang akan di-posting melalui media promosi. 
  7. Turut berpartisipasi dalam kegiatan promosi suatu produk atau brand tersebut.
  8. Memberikan tanggapan atas produk atau brand tersebut.
  9. Bekerjasama yang baik dengan tim sales dan marketing.
  10. Promosi produk atau brand melalui media sosial pribadi.
  11. Menciptakan hubungan yang baik dengan rekan, tim, serta mitra dari perusahaan.

 

Manfaat Brand Ambassador Terhadap Bisnis

Dengan adanya brand ambassador, maka akan mendapatkan manfaat yang akan diterima dan dirasakan oleh perusahaan atau brand tersebut, seperti misalnya:

  • Menjaga Reputasi Brand

Dengan adanya brand ambassador, maka akan menjaga suatu reputasi dari brand perusahaan, karena tentunya brand ambassador memiliki pengikut yang banyak, yang tidak menutup kemungkinan di antara pengikut tersebut bisa saja merupakan salah satu dari customer (pelanggan) brand Sobat. Kebanyakan pengikut dari brand ambassador tersebut pasti memiliki kepercayaan terhadap brand ambassador nya tersebut. Dengan memberikan citra yang baik pada sebuah brand oleh seorang brand ambassador, tentu akan membangun kepercayaan para pengikutnya sehingga reputasi brand tersebut juga tetap terjaga bahkan bisa meningkat.

Apabila kemungkinan suatu brand mendapatkan review negatif dari customer, maka brand ambassador lah yang akan membantu dalam memberikan tanggapan positif terhadap brand tersebut.

  • Mendekatkan Brand kepada Pelanggan

Brand ambassador sebagai penghubung antara brand dan customer. Pendekatan antara brand dan pelanggan tidaklah mudah, maka diperlukan peran dari brand ambassador. Penyampaian dari brand ambassador akan mempengaruhi tingkat penjualan dan kepercayaan pelanggan terhadap brand dari bisnis Sobat.

  • Memberikan Ulasan yang Baik

Melalui brand ambassador dapat memberikan manfaat berupa adanya ulasan yang baik, yang nantinya akan memberikan dampak positif serta kepercayaan lebih terhadap pelanggan atas produk atau brand dari perusahaan Sobat.

  • Memperkuat Strategi Pemasaran

Selain ketiga poin diatas, dengan adanya brand ambassador, maka strategi pemasaran pun akan semakin kuat dengan sendirinya karena dibantu melalui kegiatan promosi-promosi serta konten yang dibuat brand ambasaddor dalam kegiatan pemasaran di media sosial.

 

Itulah penjelasan mengenai brand ambassador yang harus Sobat pahami terlebih dahulu sebagai pebisnis sebelum menentukan atau memilih seorang brand ambassador. Sobat harus dapat memilih brand ambassador dengan cermat ya, karena brand ambassador juga dapat membantu perkembangan usaha Sobat lho..

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found