Strategi Mengelola Karyawan Ala Netflix

Sobat Pajak | 2023-12-05 16:38:27 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan streaming berbasis langganan satu ini bukan? Yup, Netflix yang saat ini sudah berhasil dikenal seluruh dunia. Bahkan pengguna netflix di Indonesia sudah mencapai 11.3 juta pengguna aktif  pada tahun 2022. Kira – kira apa sih rahasia dapur dibalik kesuksesan Netflix saat ini? Yuk kita bahas! 

 

Dibalik Sukses nya Netflix 

Pada awalnya netflix merupakan perusahaan yang melayani penyewaan dan menjual DVD film yang saat ini berkembang menjadi penyedia layanan streaming film serta melakukan produksi film dan serial televisi.  

Dalam perkembangan nya, perusahaan Netflix selalu menerapkan nilai utama, diantaranya kejujuran, fleksibiltas, serta keterbukaan. Semua karyawan didorong untuk berpikir secara kreatif dan mandiri. Dikutip dari laman resmi Netflix, dinyatakan bahwa Netflix memberikan kebebasan kepada para karyawan nya untuk menentukan keputusan secara mandiri dengan menerapkan sedikit peraturan. Tujuan nya agar para karyawan dapat memiliki komitmen dan tanggung jawab. Dengan penerapan tersebut terbukti dapat memberikan tingkat kepuasan dan kesejahteraan karyawan. Nah, strategi Netflix ini bisa Sobat contoh untuk menunjang keberhasilan bisnis Sobat. Khususnya bagi Sobat – sobat yang memiliki karyawan dalam membantu mengoperasikan bisnis Sobat. 

 

Rahasia Dibalik Sukses nya Netflix: Mengelola Karyawan 

Netflix memilik dua prinsip dalam mengelola Sumber Daya Manusia (SDM). Prinsip tersebut diantara nya adalah merekrut orang yang bertalenta dan rela untuk melepaskan karyawan yang keterampilan nya tidak lagi sesuai dengan perusahaan, maka itu Netflix dapat berkembang dengan pesat. Berikut beberapa strategi lainnya yang dilansir dari kompas.com 

  • Komunikasi 

Komunikasi dalam menjalankan bisnis memang sangatlah penting. Terbukti pada Netflix, dimana mereka selalu memperkerjakan orang – orang yang memiliki pemikiran dewasa dengan tujuan mendapatkan hasil yang lebih baik. Pemikiran dewasa tersebut juga termasuk pada sikap komunikasi nya. Dimana diharapkan pemikiran dewasa tersebut termasuk dalam sikap komunikasi yang terbuka mengenai masalah yang terjadi dalam pekerjaan. Atasan dan karyawan juga dihimbau untuk dapat menyelesaikan masalah masing – masing dengan terbuka sehingga dapat menciptakan ekspektasi yang jelas mengenai perilaku bertanggung jawab. 

 

  • Peran Pemimpin 

Pemimpin memiliki peran yang besar dalam menciptakan budaya kerja, seperti membuat kebijakan perusahaan dan juga menjadi contoh bagi para karyawan. Seorang pemimpin harus bisa menginspirasi karyawan nya untuk menunjang kemajuan kinerja karyawan karena kinerja karyawan akan dipengaruhi oleh kinerja sang pemimpin.  

 

  • Terbuka Terhadap Karyawan 

Lingkungan bisnis dinamis yang dianut oleh Netflix memerlukan kemampuan adaptasi yang berkelanjutan. Seiring berjalan nya perubahan, pasti akan terdapat beberapa keterampilan karyawan yang tidak lagi cocok dengan kebutuhan perusahaan saat ini. Untuk itu, Netflix terus melakukan perekrutan terhadap orang – orang terampil yang tepat. Lalu, bagaimana dengan anggota tim sebelum nya? Netflix akan memberikan kebebasan untuk anggota tim dalam menemukan posisi yang cocok untuk keterampilan setiap karyawan nya. Netflix menggunakan sistem start, stop, dan continue. Dimana karyawan akan didorong untuk melakukan identifikasi mengenai apa yang harus dihentikan, dimulai hingga dilanjutkan.  

 

  • Peran Manajer 

Dalam perusahaan Netflix, sang manajer akan ditugaskan untuk membuat tim bekerja yang efektif dan diharapkan bisa memberikan hasil yang maksimal. Para manajer di perusahaan Netflix diminta untuk membayangkan sebuah film dokumenter mengenai tujuan yang ingin dicapai nya selama beberapa bulan kedepan dan menganalisanya, apakah tim yang dibentuk akan cocok untuk project tersebut. 

 

Nah, itu dia cara perusahaan Netflix dalam mengelola karyawan sehingga saat ini berhasil menjadi perusahaan jaringan televisi terbesar di dunia. Hal tersebut bisa Sobat – sobat contoh untuk mengelola usaha Sobat. Semoga membantu! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook 

Article is not found
Article is not found